Valencia Callistan jadi satu-satunya pemain asal Pulau Sumatera yang masuk dalam jajaran Honda DBL Indonesia All-Star 2022. Meski baru pertama kali mengikuti kompetisi Honda DBL, dara yang akrab disapa Valencia ini berhasil membuktikan diri ke orang tuanya bahwa ia bisa berprestasi di basket.

Keseriusan Valencia dengan basket dimulai sejak ia menginjak kelas satu sekolah menengah (SMP). Selanjutnya, Valencia bercerita bahwa sejak itu dirinya jadi lebih giat latihan basket hingga sekarang.

“Aku mulai terjun di basket saat kelas tujuh. Latihan pertama kali dengan pelatih, tapi kapok, langsung berhenti karena capek. Kelas delapan aku mulai serius latihan karena ada banyak pertandingan,” jelasnya.

Bagi Valencia, bermain di Honda DBL merupakan salah satu pengalaman terbaik untuknya. Momen ini tidak bisa ia lupakan. Ia mengaku senang bisa mendapatkan status student athlete ketika membela sekolahnya SMA Methodist 2 Medan di Honda DBL North Sumatera Series.

“Seru banget main di DBL. Semua ini pengalaman pertama buatku. Ini All-Star pertama dan juga main pertama kali di kompetisi sebesar ini,” ucapnya bahagia.

Di Honda DBL Camp 2022 lalu, tidak hanya titel All-Star yang ia dapat. Tetapi juga titel ‘pemain tertinggi putri’. Valencia dinobatkan sebagai campers tertinggi kategori putri dengan tingginya yang mencapai 185 cm.

Valencia mengatakan, dari kelebihan yang dimilikinya, ia bisa memaksimalkan tubuhnya saat bermain basket. Itu terlihat dari performanya sewaktu scrimmage game di Honda DBL Camp 2022 lalu. Dengan tinggi badannya yang semampai, Valencia selalu menang berlaga di bawah ring.

“Bersyukur bisa berikan yang terbaik untuk orang tua, pelatih, dan kawan-kawan. Aku bisa tunjukkan kemampuanku saat camp kemarin ke mereka,” ucapnya.

Saat membela SMA Methodist 2 Medan, Valencia juga memiliki catatan statistik yang gemilang. Center andalan milik Methodist 2 itu berhasil mengoleksi total 46 poin, 42 rebound, dan 3 assist. (*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga