ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Bermain basket membutuhkan banyak energi untuk bisa menunjang performa di lapangan. Nah, satu hal yang kerap dihadapi para pemain basket adalah dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh dalam fase kekurangan cairan.

Nah, tak hanya sports drink, ternyata jadwal minum air juga berpengaruh loh terhadap dehidrasi. Kapan aja sih kita disarankan buat minum air?

Sebelum Berlatih atau Bertanding

Sebelum berlatih atau bertanding merupakan waktu yang sangat krusial untuk mengisi “bensin” di dalam tubuhmu. Tak hanya dari nutrisi, kamu juga wajib mengisi cairan di dalam tubuh kamu. Menurut USA Basketball, disarankan untuk mengkonsumsi  5ml/kg selama dua jam sebelum berlatih atau bertanding.

Jika berat badanmu 65 Kg, kamu wajib minum air mineral sebanyak 325 ml. Atau setara dengan setengah botol tanggung air mineral. Oiya, selain itu, perhatikan juga urin yang dikeluarkan ya. Semakin gelap berarti kamu harus segera minum air mineral. Hal ini untuk mengurangi resiko dehidrasi sebelum berlaga di lapangan.

Saat Berlatih atau Bertanding

Kalau sedang serius-seriusnya berlatih, jangan lupa untuk minum air mineral atau sports drink ya. Menurut sports journal bertajuk “Fluid and electrolyte needs for training, competition, and recovery.” oleh Shirreffs, S.M. and M.N. Sawka, kamu harus minum air mineral sebanyak jumlah keringat yang dikeluarkan. Jadi, kalau kamu kehilangan total 1 L, maka kamu harus minum hingga 1L

Tenang, kamu gak perlu menghitung dengan mengumpulkan keringatmu kok. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Baker, L.B., D.E. Conroy, and W.L. Kenney, dalam 'Dehydration Impairs Vigilance-Related Attention in Male Basketball Players. Medicine & Science in Sports & Exercise', seorang pemain basket bisa kehilangan hingga 4.5L keringat dalam latihan selama dua jam. Sedangkan dalam sebuah pertandingan, kamu bisa kehabisan hingga 4.6L keringat.

Nah, berdasarkan jumlah tersebut, dalam satu sesi latihan atau satu pertandingan kamu wajib minum 5-8 botol tanggung air mineral. Bukan berarti langsung diminum semuanya ya. Kamu bisa melakukannya secara bertahap saat istirahat atau time out ya.

Seusai Berlatih atau Bertanding

Sesuai berlatih atau bertanding, kamu diwajibkan untuk minum air mineral dan mengkonsumsi sodium. Lalu berapa jumlahnya? Untuk air mineral, kamu wajib minum 1,5 L per 1 KG berat badan yang hilang. Jadi,kalau kamu kehilangan 1/2KG berat badanmu kamu hanya perlu minum satu botol air mineral.

Nah, untuk sodium, disarankan untuk mengkonsumsi 13-20 mg sodium untuk mengganti mineral di keringat yang hilang. Caranya dengan memakan buah atau sayur seperti pepaya, kol, nanas, selada. Lebih gampangnya lagi, kamu bisa mengkonsumsi salad sayur dan buah agar kandungan sodummu cepat kembali.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY