ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Latihan ada kunci untuk meraih hasil maksimal dalam menghadapi sebuah pertandingan olahraga apapun, termasuk basket. Masalahnya, kadang dalam berlatih basket kita terpaksa menggunakan lapangan outdoor, yang itu di bawah terik matahari secara langsung.

Berlatih di lapangan outdoor yang seperti itu tentu bisa menyebabkan masalah tersendiri. Misalnya sunburn yang bisa membuat kulitmu rusak. Bahkan, dalam beberapa kasus, paparan sinar UV yang berlebihan bisa membuat seseorang terkena kanker kulit.

Setidaknya hal itu pernah diungkapkan dalam jurnal berjudul, Sunscreen use in student athletes: A survey study. Ditulis oleh Rachel M. Ellis dan beberapa koleganya yang berlatar belakang atlet. 

Dalam jurnal itu, atlet yang berlatih di lapangan outdoor sering terpapar ultraviolet. Dampaknya adalah meningkatkan kemungkinan menderita Melanoma yang lebih besar dan rentan mengakibatkan kanker.

Tak tanggung-tanggung, risiko peningkatannya bisa menyentuh angka 27 persen loh!

Salah satu cara yang paling mudah dan ampuh mengatasi masalah itu adalah menggunakan sunscreen atau sunblock. Tapi, menggunakan sunscreen atau sunblock juga tetap harus yang harus kalian perhatikan.

Ada banyak sekali jenis sunscreen yang beredar di pasaran. Kalau kamu salah pilih, yang ada malah bikin latihanmu nggak optimal. Mulai dari permukaan kulit yang licin, terhambatnya keringat, kandungan sunscreen yang meluruh bersamaan dengan keringat, hingga iritasi mata.

Selain itu, waktu penggunaan juga sangat berpengaruh terhadap efek yang dihasilkan oleh sunscreen. Berdasarkan jurnal dari Newcastle General Hospital yang ditulis Brian L. Diffey, DSc, penggunaan sunscreen idealnya 15 menit sampai 30 menit sebelum latihan.

Dengan catatan, mengulang pengaplikasiannya ke kulit setiap 15 menit hingga 30 menit sekali.

Cara tersebut bisa menahan sinar uv dengan sangat optimal. Bahkan menyentuh angka 60 persen hingga 85 persen loh! Tentu ini akan sangat membantu buat kamu yang kerap melakukan latihan outdoor.

Nah, buat kamu yang mau membeli sunscreen, disarankan datang ke apotek atau ke dokter kulit terdekat. Sebab, berkonsultasi dengan orang yang lebih paham akan membuat risiko alergi terhadap sunscreen berkurang.

Jadi, jangan lupakan sunscreen di tas latihanmu mulai sekarang ya!(*)

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY