Sebuah tim bola basket tentu erat hubungannya dengan pemain inti dan cadangan. Sering kali pemain-pemain yang mengisi barisan inti dianggap memilki kemampuan di atas para cadangan. 

Namun tak semua pemain cadangan selalu punya kualitas di bawah pemain inti. Di NBA, ada beberapa pemain yang penampilannya bersinar meski harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Bahkan NBA memberikan penghargaan khusus bagi mereka para pemain cadangan terbaik dengan predikat Sixth Man of The Year.

Tim DBL.id mencatat ada tiga nama pemain NBA yang berhasil menunjukkan kualitasnya meski sebagai cadangan. Yuk simak.

 

Louis Tyrone Williams

Pemain yang kerap disapa Lou Williams itu telah lama malang-melintang di NBA. Pemain berusia 31 tahun ini bahkan telah memasuki musim ke-12 di NBA. Sejak dipilih oleh Philadelphia 76ers pada urutan ke-45 NBA Draft 2005, ia telah bermain untuk enam tim hingga saat ini.

Philadelphia 76ers, Atlanta Hawks, Toronto Raptors, Los Angeles Lakers, dan Los Angeles Clippers adalah daftar tim yang pernah ia bela. Bermain sebagai guard, Lou hampir memulai semua laga dari bangku cadangan. Secara keseluruhan, Lou telah memainkan 816 laga dan hanya 97 laga yang ia mulai dari menit awal. 

Namun ia selalu berkontribusi dengan baik bagi timnya. Dengan rataan menit bermain 23 menit per laga sepanjang karirnya. Lou mengumpulkan 13,2 poin per laga serta 3 asis dan 2 rebound. Persentase field goalsnya pun cukup tinggi untuk posisi guard dengan rataan 40 persen.

Dengan segala pencapaiannya tersebut, Lou pernah diganjar gelar Sixth Man of The Year saat bermain bersama Raptors pada 2015 lalu. Kala itu ia berhasil mencatatkan 15,5 poin per laga dengan rataan 25 menit bermain.

 

Jamal Crawford

Pemain yang punya skill dribble memukau ini sudah 17 musim bermain di NBA. Dalam kurun waktu itu, Jamal memperkuat tujuh tim. Ia paling lama bermain dengan L.A. Clippers pada 2012-2017.

Total Jamal memainkan 1.219 laga selama di NBA dan hanya 433 di antaranya ia mulai sebagai tim inti. Jamal memiliki rata-rata menit bermain 30 menit per laga yang ia tunjukkan dengan raihan 15,1 poin dan 3,5 asis per laga.

Jamal bisa dibilang sebagai salah satu pemain cadangan terbaik sepanjang masa. Pasalnya, ia telah mengoleksi gelar Sixth Man of The Year sebanyak tiga kali sepanjang karirnya. Satu bersama Atlanta Hawks sementara dua lainnya bersama Clippers. Sejak gelar ini resmi diberikan kepada para pemain NBA di musim 1982-1983, hanya Jamal yang mampu memenangi gelar ini sebanyak tiga kali.

 

Emanuel David Ginobili Maccari 

Manu adalah pemain veteran yang penuh akan prestasi bersama San Antonio Spurs. Tergabung dalam salah satu trio terbaik sepanjang sejarah NBA bersama Tim Duncan dan Tony Parker. Mereka bertiga berhasil memenangi empat gelar juara NBA.

Pemain yang pernah dua kali terpilih sebagai All-Star ini terkenal karena peran besarnya dari bangku cadangan. 15 tahun berkarir di NBA yang ia habiskan seluruhnya bersama Spurs, Manu berhasil mengemas 1.023 laga yang hanya 349 di antaranya ia mulai sejak menit awal.

Pemain kidal ini pun tercatat hanya memiliki rataan menit bermain di angka 25 menit per laga, yang ia manfaatkan untuk menghasilkan 13,4 poin, 3,5 rebound dan 3,8 asis per laga. Manu juga menjadi bagian dari daftar pemenang gelar Sixth Man of The Year. Ia memenangi gelar tersebut pada musim 2007-2008.

 

Populer

Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Pengumuman! Berikut Top 10 DBL Dance Competition Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA