Dalam permainan basket banyak sekali cara atau taktik yang bisa dimainkan. Salah satunya adalah pola permainan pick and roll. Pola ini merupakan cara yang sederhana namun sulit untuk digagalkan jika dimainkan dengan benar. Untuk melakukan pick and roll saat offense diperlukan dua pemain. Satu pemain membawa bola dan satu lagi melakukan screen atau pick. Seringkali pemain yang melakukan pick rawan terkena offensive foul atau blocking foul.

Berikut tips melakukan pick atau screen yang baik agar tidak mudah terkena blocking foul.

 

Perhatikan Arah Penjagaan Lawan

Pemain yang melakukan screen atau pick harus memposisikan badannya sedekat mungkin kepada lawan yang akan diblok. Seorang screener juga harus memperhatikan arah gerak lawan sehingga screen bisa dilakukan secara maksimal dan menghambat pergerakan lawan. Pemilihan arah yang salah bisa menyebabkan lawan lepas dari penjagaan.

 

Kuatkan kuda-kuda dan Jangan Bergerak

Saat melakukan screen ada baiknya membuka kaki dengan lebar. Ini dilakukan untuk memperkuat kuda-kuda karena pemain yang melakukan screen rawan terkena benturan body charge. Selain itu pemain yang melakukan screen atau pick tidak boleh bergerak. jika pemain defender menabrak screener yang bergerak maka akan dilihat sebagai "moving screen" dan dikenakan blocking foul.

 

Jangan Melakukan Kontak Tangan

Saat melakukan screen atau pick, screener sama sekali tidak boleh memberikan kontak tangan kepada defender. Pemain yang melakukan pick biasanya menaruh atau melipat tanggannya di dada untuk memperlihatkan bahwa pick yang dilakukannya tidak memakai kontak tangan. Jika pemain yang melakukan screen melakukan dorongan, wasit akan melihat hal tersebut sebagai offensife foul.

 

Untuk lebih jelasnya, saksikan video tricky trick berikut ini

Populer

Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Setelah Absen Lima Pertandingan, Amigosmansa Kembali Ramaikan Tribun DBL Arena!
Pengumuman! Berikut Top 10 DBL Dance Competition Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA