Sepatu bagi pemain basket sudah menjadi senjata andalan yang selalu menemani baik ketika latihan maupun saat berlaga. Nah, salah pilih sepatu juga bisa mengurangi performa kalian loh! That’s why, Coach tricky trick DBL Indonesia, Dimaz Muharri pun membeberkan beberapa tips untuk mencari sepatu yang cocok buat kamu. Apa aja sih?

Harus Nyaman di Kaki

Banyak orang yang beranggapan bahwa sepatu bagus adalah modelnya yang kece. Nah, menurut coach Dimaz, hal ini salah besar loh! Sepatu yang akan kamu gunakan wajib dicoba dan nyaman di kaki. Tidak terlalu sesak dan tidak terlalu kendur. Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi akselerasimu.

“Dulu waktu masih di pemain profesional, aku suka sama satu sepatu nih. Dan ketika sekarnag di rilis versi retronya, aku beli lagi. Bukan karena modelnya. Tapi karena cocok dengan kakiku yang depannya melebar,” ujar Dimaz.

Cushioning yang Empuk

Cushioning juga hal yang harus diperhatikan. Menurut Dimaz, kamu bisa memilih sepatu dengan cushion yang empuk tidak terlalu tips dan memantul ketika digunakan melompat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kamu cedera loh!

“Biasanya aku pilih sepatu yang cushionnya tebal. Nah waktu coba, aku pake lompat-lompat nih. Buat ngukur daya resap gaya ketika kita melompatnya,” kata Dimaz.

Pilih Outsole yang Bisa untuk Indoor dan Outdoor

Untuk para pemain SMA, coach Dimaz menganjurkan untuk memilih sepatu dengan outsole yang bisa digunakan di indoor dan outdoor. Bukan tanpa alasan, dengan outsole yang seperti ini, sepatumu akan awet ketika digunakan di berbagai tempat.

“Tapi tetap harus cek outsolenya. Kalau sudah abis dan menipis tandanya harus ganti. Kalau nggak, nanti malah terpleset dan cedera. Kan jadi lebih bahaya,” tambah Dimaz.

Jangan Takut Beli yang Murah

Sepatu murah bukan berarti nggak berkualitas. Pasalnya, menurut coach Dimaz, sekarang  harga sepatu sudah semakin bersaing dengan kualitas yang tak kalah keren. Nah, biar nggak ragu, kamu juga bisa cek dulu di Youtube untuk melihat reviewnya.

“Jangan pernah gengsi karena sepatumu harganya murah. Yang penting bisa menunjang kemampuanmu ketika di lapangan. Ini yang paling penting,” tutupnya.

Populer

Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Setelah Absen Lima Pertandingan, Amigosmansa Kembali Ramaikan Tribun DBL Arena!
Pengumuman! Berikut Top 10 DBL Dance Competition Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA