ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kebutuhan nutrisi sebelum bertanding dan harian tentu berbeda. Bahkan, beberapa pemain profesional sekelas LeBron James memiliki menu makanan sendiri sebelum berlatih. Hal ini rupanya menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh Michelle Susanto. Guard dari SMA St. Louis 1 Surabaya ini memiliki menu makanan yang selalu ia konsumsi sebelum bertanding. Apa saja?

 

Karbohidrat dan protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan atlet sebelum bermain. Pasalnya, keduanya menjadi “bahan bakar” untuk Michele dalam berlaga. Biasanya, dua jam sebelum berlaga ia akan makan nasi dan ayam.

Hal ini sesuai dengan jurnal dari Professor Maria Hassapido Department of Nutrition and Dietetics, Technological Educational Institution of Thessaloniki, Thessaloniki, Greece. Karbohidrat di nasi sendiri sangat bagus untuk atlet. Tak hanya untuk energi, karbohidrat juga bagus untuk membantu tubuh recovery.

Sedangkan protein dari ayam, Protein dan lemak baik yang ada di makanan ini dapat menjaga speed dan keseimbangan selama kamu bermain basket. That’s why, keduanya adalah kombinasi yang bagus untuk makanan sebelum bermain basket.

Satu jam sebelum bermain biasanya michelle akan mengkonsumsi pisang. Buah yang kaya akan kalium ini baik untuk pekembangan otot dan mengurangi resiko cedera. Selain itu, dalam kondisi darurat, buah pisang bisa meredakan keram otot para atlet.

Susu juga menjadi minuman yang ia konsumsi sebelum berlaga. Biasanya ia mengkonsumsi Ultra Milk rasa coklat. Bukan tanpa alasan, minum susu sebelum bermain basket sangat bagus loh.

Selain mudah dicerna, susu juga bisa untuk membantu tubuh merecovery beberapa energy yang hilang saat pemanasan.  Ryan Turner, R.D., C.S.S.D., C.D.N., sports dietitian di New York University dalam jurnalnya juga menjelaskan bahwa susu bisa digunakan sebagai minuman untuk menangani dehidrasi.

Sambil menunggu laga, Michelle suka mengunyah ginseng loh. Menurutnya, ginseng mampu meningkatkan stamina serta kemampuan tubuhnya. Selain itu, ginseng juga membantu menjaga gula darah serta kekebalan tubuh, “Rasanya kalau pemanansan sambal ngunyah ginseng, tubuhku jadi nggak gampang capek ketika main di lapangan,” ujarnyi.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY