Demam Star Wars kembali memuncak. Namun kali ini nggak bahas tentang film Star Wars kok. Pada artikel ini akan memberikan kalian pengetahuan tentang workout ala film Star Wars.

Latihan ini digagas oleh New Yorks Sports Club yang bekerja sama dengan Disney dan Lucasfilm. Star Wars Workout, punya tujuan untuk membakar lemak dan meningkatkan kekuatan otot tubuh. Gerakannya pun gabungan dari seni bela diri, senam, dan burpe.

Tenang, latihan ini bisa kalian lakukan dimana pun kok. Hanya dengan peralatan sederhana, kalian udah bisa lakukan Star Wars Workout ini. Yuk simak beberapa materi ini.

 

Warm Up

Berdiri santai dengan posisi kaki terbuka lebar melebihi pinggul kalian. Bernafaslah melalui hidung, dengan llidah di atas rongga mulut. Lalu hembuskan secara perlahan melalui hidung dan masih menempatkan lidah di atas rongga mulut.

 

Skywalker Lunges

Mulailah melakukan gerakan lunge sambil memegang lightsaber (kalian bisa menggantinya dengan pipa) di kedua tangan. Lenturkan bahu kalian sehingga lengan atas berada di dekat telinga dan lightsaber atau pipa berada di belakang kepala. Melangkah maju dengan lutut yang berada di belakang. Dan ayunkan pipa itu seperti mengayunkan pedang. Lakukan latihan ini selama 45 detik di tiap sisinnya. Efek yang dihasilkan adalah menguatkan otot paha, bahu dan tangan.

 

Dive-Bomber Pushup

Lakukan posisi awal menungging dengan tempatkan tangan kalian menempel pada tanah dan buka hingga selebar bahu. Jaga punggung kalian agar tetap lurus dan membentuk huruf v. Turunkan tubuh kalian hingga sejajar dengan tanah. Tahan tiga hingga lima detik. Setelah itu angkat kembali tubuh kalian hingga ke posisi awal. Metode ini punya gerakan seperti ulat yang sedang merayap. Efek yang dihasilkan adalah peningkatan otot dada, tangan, perut, dan trisep.

 

Front Kick

Gunakan pipa (atau lainnya untuk pengganti pedang lightsaber). Lalu genggam pipa itu dan tempatkan di bahu kanan kalian. Tekuk kaki kanan kalian. Setelah itu lakukan tendangan ke depan menggunakan kaki kanan kalian. Lakukan selama 45 detik pada tiap bagian kaki kalian.

 

Chewbacca Chop

Mulailah dengan kaki dalam posisi terbuka selebar bahu. Genggam pipa dan posisikan di atas bahu kanan kalian. Gerakan tubuh kalian hingga memutar ke kanan. Setelah itu ayunkan pipa yang kalian genggam ke arah kiri. Kembali ke posisi awal.

 

Lightsaber Burpee

Letakkan lightsaber (atau ganti denga pipa) berada di tanah dan menunjuk ke arah depan. Berdirilah di satu sisi. Lakukan lompatan ke sisi lain dan tekuk lutut kalian membentuk 90 derajat ketika melakukan lompatan. Lakukan secara berulang hingga minimal satu menit.

 

General Curtsy

Berdiri tegak dan buka kaki selebar bahu kalian. Genggam lightsaber atau pipa dan tempatkan di atas bahu kanan kalian. Setelah itu, ayunkan pipa itu secara diagonal ke bawah kaki kiri kalian. Saat kalian mengayunkan pipa, gerakan kaki kanan kalian ke belakang. Setelah usai, kembali ke posisi awal dan lakukan pada bagian sebaliknya. Latihan ini akan menguatkan otot lengan, dan paha kalian.

 

The Fall

Ambil posisi seperti kepiting. Tekuk lutut dan tangan kalian hingga membentuk 90 derajat. Setelah itu raih tangan kiri kalian menggunakan tangan kanan. Sehingga posisi tangan kanan mendapat dorongan melewati atas kepala dan tubuh kalian lebih condong ke arah kiri. Kembali ke posisi awal dan lakukan pada tangan kiri.

 

Cooldown

Berdiri dan buka kaki kalian selebar bahu. Buat tubuh dan pikiran agar rileks. Tarik nafas dalam-dalam, dan hembuskan perlahan. Angkat lengan ke atas, dan tahan tiga hingga lima detik agar melemaskan semua otot yang sudah bekerja keras dalam latihan ini. Ulangi gerakan itu selama satu hingga dua menit.

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Setelah Absen Lima Pertandingan, Amigosmansa Kembali Ramaikan Tribun DBL Arena!
Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Kawal Beda Sekolah, Loren dan Yohanes Justru Kompak di Luar Lapangan! Ada Apa?