ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Permainan sengit, Dwyne Wade terjatuh setelah melakukan blockshot (Source: cnbcindonesia.com)

Salah satu kendala dalam permainan basket yang resmi adalah foul. Seringkali para pemain basket melakukan foul yang tidak perlu dilakukan atau bahkan tidak sengaja melakukan foul. Tentunya hal ini bisa merugikan tim dan berpotensi menciptakan team foul atau bahkan foul out. Berikut adalah beberapa cara untuk meminimalisir foul yang tidak disengaja.

 

Bermain rileks adalah salah satu kunci untuk menjadi pemain yang hebat gengs. Jangan mudah terpancing emosi dalam pertandingan. Mental yang kuat sangat diperlukan dalam sebuah pertandingan. Jika kamu sudah terpancing emosi, lawan bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencari foul dari dirimu.

 

Dalam melakukan penjagaan, terkadang kita mendapatkan lawan yang memiliki kemampuan dribble yang baik. Mereka begitu cepat melakukan crossover dribble. Jika kamu merasa tidak mampu melakukan steal, tidak usah memaksa gengs. Cukup beri penjagaan yang rapat saja. Jika memaksa melakukan steal bisa-bisa kamu mendapat reach-in foul karena mengenai tangan lawan.

 

Untuk mencegah lawan melakukan lay-up seringkali kita lupa untuk memberikan hands-up. Sehingga mengharuskan kita untuk melakukan body charge berlebihan. Kesalahan seperti ini yang biasanya bisa menambah jumlah foulmu. Lakukanlah defense yang disiplin ya jangan lupa hands-up.

 

Jika Tak Sampai, Jangan Lakukan Block

Jika kamu adalah pemain dengan tubuh pendek dan mendapati lawan yang jangkung dan akan melakukan shooting. Cukup beri dia gangguan seperti melakukan penjagaan atau hands-up. Jangan memaksa melakukan block shot. Karena jika tanganmu tidak sengaja menepuk tangan lawan, itu bisa saja dihitung sebagai sebuah foul.

 

Jangan Protes Berlebihan Pada Keputusan Wasit

Hal yang satu ini adalah yang paling penting. Hargailah keputusan wasit sebagai hakim pergantandingan. Jangan terlalu sering melakukan protes atas keputusan wasit. Apalagi melakukan protes yang berlebihan dengan emosi tinggi. Kamu bisa juga mendapat technical foul.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY