Siapa yang tak kenal Kyrie Irving? Kebolehannya dalam mencetak angka tak perlu diragukan lagi. Bahkan Irving selalu menjadi mimpi buruk pada pertahanan sang lawan. Ada dua hal yang jadi kunci keberhasilannya menjadi finisher hebat. Yakni kejelian dan keberanian.

Insting Irving dalam melihat peluang memang kuat. Sekecil apapun peluang yang ada ia selalu berhasil memanfaatkannya untuk menjadi poin. Tak hanya itu, ia juga berani mengambil resiko. Meski sang lawan punya postur lebih unggul, Irving tak jarang memenangkan duelnya.

Tentu menarik kan kalau kalian punya keahlian seperti Irving. Tenang, simak tips berikut ini agar kalian bisa jadi finisher hebat seperti Kyrie Irving.

 

Belajar Finishing Dari Berbadai Sudut

Salah satu kehebatan Irving dalam mencetak poin adalah menerapkan metode latihan “Mikan”. Nama itu diambil dari seorang pemain legendaris NBA George Mikan. Latihan ini mengharuskan Irving melakukan layup dari berbagai sisi.

Metode itu juga membuat Irving makin memperhitungkan beberapa faktor untuk mempermudah mencetak angka. Seperti jarak, putaran bola, pantulan bola, dan beberapa teknik penunjang.

Latihan ini kalian akan semakin paham dengan titik dan sudut tertentu untuk mencetak poin. Dengan catatan, kalian harus terus mencobanya dari berbagai sisi ring. Intinya jika kalian terus menerus melakukan latihan ini, maka kalian paham bagaimana penempatan bola di berbagai sudut.

 

Lindungi Bola

Sebagai seorang finisher, kalian harus paham dengan gerakan pemain bertahan lawan. Jika lawan bergerak ke kiri, maka kalian harus ke arah sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk membuat kalian bisa menghalau upaya gangguan dari lawan dan tetap mencetak poin.

Perlindungan bola ini adalah tentang bagaimana kalian bisa menciptakan ruang dari gangguan pemain lawan. Gunakan tangan pasif kalian untuk melindungi bola ketika hendak melakukan layup. Namun jangan arahkan tangan kalian langsung ke arah tubuh lawan. Sebab hal itu akan menimbulkan foul yang merugikan.

 

Kelincahan

Salah satu keunggulan Irving adalah kelincahannya saat hendak melakukan layup. Ia punya fleksibilitas tinggi untuk bisa menentukan arah lompatan yang sulit dihalau sang lawan. Selain itu, ketika Irving membawa bola, ia tak tehentikan ketika melakukan drive.

Semakin lincah gerakan kalian saat membawa bola, maka akan semakin sulit juga bagi pemain lawan untuk menghalau. Selain itu lakukan juga beberapa variasi gerakan. Seperti jab steps, eurosteps, fadeaway, dll.  Irving berhasil menggunakan kelincahannya untuk bisa mengelabui beberapa pemain bertahan lawan yang punya postur lebih unggul.

 

Gunakan Kekuatan Tubuh Secara Maksimal

Kekuatan tubuh juga jadi faktor penting bagi seorang pemain agar bisa jadi finisher hebat. Jika seorang pemain tak punya tubuh yang kuat, maka serangannya akan mudah digagalkan lawan.

Hal itu bisa kalian lihat saat Irving melakukan layup. Ketika lawan terus melakukan pressing ketat maka Irving berusaha menggunakan kekuatan tubuhnya untuk bisa tetap stabil. Dengan kekuatan tubuh, Irving terlihat selalu kokoh dan tak mudah dijatuhkan lawan.

Salah satu latihan yang bisa menaikan kekuatan tubuh kalian adalah melakukan forearm plank. Metode itu bertujuan untuk membagikan beban yang diterima tubuh secara merata. Sehingga tubuh akan bisa stabil jika menerima beban yang berat.

 

Bersabar Saat Berada di Paint Area

Faktor terakhir yang membuat Irving begitu hebat adalah sabar dan ketenangan saat berada di dalam paint area. Sebab dengan hal itu, ia bisa menentukan langkah apa yang bakal ia lakukan selanjutnya.

Bagi beberapa pemain, faktor ini sering diabaikan. Seorang pemain yang sudah memasuki paint area, maka ia akan terburu-buru untuk menembus pertahanan dan mencetak poin. Tentu itu adalah hal yang salah.

Bersabar dan tenang saat hendak menentukan keputusan juga bisa berdampak menaikan efisiensi serangan kalian. Dengan dua hal itu, kalian bisa dengan mudah mencetak poin ditiap kesempatan menyerang. Irving pun juga melakukan hal serupa. Bahkan ia masih bisa melakukan beberapa gerakan tipuan untuk makin memperbesar peluangnya dalam mencetak poin.

Populer

Hasil DBL Malang: Kosayu Berjumpa Smasa Blitar di Big Eight!
Hasil DBL Jember: Opening Party Tuntas, Dua Tim Tuan Rumah Menang Perdana!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 21 September 2024
Hasil 3X3 Competition 2024 East Java-East Hari Ini 20 September 2024
Kesatria Smanda Jadi Juara DBL Mataram dan Rusak Skenario Kawin Gelar Smala