Asal Usul Munculnya Istilah Jelly Lay-Up

| Penulis : 

Bagaimana, kalian sudah sudah lihat video Tricky Trick terbaru yang membahas soal Jelly Lay-Up? Jangan dilihat aja dong, segera praktekan! Hehehe. Btw, kalian tahu gak sih asal usul munculnya Istilah Jelly Lay-Up itu dari mana?

Seperti yang kita tahu dari penjelasan coach Dimaz Muharri dan Cassiopeia Manuputty, Jelly Lay-Up merupakan gerakan lay up yang dibuat keren karena adanya lompatan yang agak lama di udara. 

Jelly Lay-Up sekilas tampak sama dengan scoop lay up. Sama-sama menempatkan bola di bawah lengan (under hand). Tapi ada bedanya sedikit. Seperti pernah diulas mainbasket.com, ada perbedaan sedikit antara Jelly Lay-Up dan scoop lay up. Kalau Jelly Lay-Up awalnya bola diletakkan di atas lengan seperti layup biasa, atau bahkan mendekati gerakan dunk. Kemudian pemain menurunkan tangan sedikit sebelum memberikan sentuhan dengan mengentakkan pergelangan tangan.

Tapi dalam tulisan kali ini, DBL.id ingin ngasih tahu kalian lebih dalam pada asal usul tren ini sih. 

Jika melihat pembahasan di sejumlah video di luar negeri, sebenarnya gerakan Jelly Lay-Up ini sudah sering dilakukan para bintang NBA sejak lama. Tapi istilah ini sendiri baru ngetren belakangan. 

Tren istilah ini berasal dari sebuah gerakan bernama Jelly Fam. Dikutip dari SBNation, gerakan ini muncul pertama kali di Harlem, New York, sekitar 2012. Bermula dari dua pemain basket muda Isaiah Washington dan Ja’Quaye James. Washington melakukan kreativitas lay up --yang kemudian disebut Jelly Lay-Up-- karena terinspirasi dari gerakan-gerakan Jordan.

 

Dikutip dari mainbasket.com, sebutan jelly dipilih bukanlah tanpa sengaja. Menurut Washington, penggunaan kata 'Jelly' karena ada seorang yang kerap meneriakkan kata 'Jelly' ketika dia melakukan lay up dengan gaya penuh kreativitas itu. Dari sana Washington menggunakan istilah Jelly Lay-Up.

Isaiah Washington dan Ja’Quaye James memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Twitter untuk memopulerkan Jelly Lay-Up. Banyak orang lantas meniru gerakan itu, mengunggahnya ke media sosial sembari menyelipkan tagar #jellylayup. Hal itu membuat gerakan ini lantas viral.

Washington dan James juga terus memopulerkan gerakan ini dengan teman-temannya yang disebut Jelly Fam. Mereka membawa gerakan ini lewat turnamen-turnamen terbuka di kota New York. Jelly Fam juga sempat bermain di sebuah turnamen yang digelar di lapangan legendaris Rucker Park, New York, Amerika Serikat. 

Kepopuleran Jelly Lay-Up sampai juga ke telinga para pemain NBA. Misalnya, LeBron James dan John Wall. Mereka berdua sempat berlomba melakukan gerakan ini ketika berlatih bersama di Miami, Florida, Amerika Serikat. Kala itu sedang jeda pergantian musim.

Kini, Washington telah bermain untuk tim divisi satu NCAA Minnesota University. Dalam beberapa aksi teranyarnya, ia masih setia menggunakan Jelly Lay-Up untuk mencetak angka. Jadi, sekarang sudah tahu kan gengs asal usul Jelly Lay-Up itu? Sekarang tinggal praktek deh. Agar musim kompetisi depan, kalian makin piawai mencetak angka lewat Jelly Lay-Up.(*)

Baca juga: Sering Gagal Lakukan Jelly Lay-Up? Coba Deh Praktekin Tricky Trick Terbaru ini

Populer

Hasil DBL Malang: Kosayu Berjumpa Smasa Blitar di Big Eight!
Hasil DBL Jember: Opening Party Tuntas, Dua Tim Tuan Rumah Menang Perdana!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 21 September 2024
Hasil 3X3 Competition 2024 East Java-East Hari Ini 20 September 2024
Kesatria Smanda Jadi Juara DBL Mataram dan Rusak Skenario Kawin Gelar Smala