ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Stephen Curry dikenal sebagai salah satu shooter terbaik di NBA. Meskipun tak punya postur tubuh yang tinggi, Ia memiliki akurasi dan teknik yang hebat. Tal ayal kehadirannya berhasil menjadi momok bagi tim lawan. Dibalik kehebatannya, ternyata Curry menghabiskan waktunya untuk terus berlatih demi menyempurnakan tembakannya.

Tentu kalian ingin kan jadi shooter handal seperti Curry? Langsung aja simak nih 7 cara agar kamu bisa melakukan shooting layaknya Stephen Curry.

 

Footwork Fondation

Ini adalah ciri khas dari seorang Stephen Curry. Pondasi kaki yang kuat saat hendak melakukan shooting selalu ditunjukan oleh pemain Golden State Warriors itu.Ia selalu menempatkan satu kakinya berada didepan. Hal itu bertujuan untuk menjaga keseimbangan saat melakukan tembakan.

 

One Motion Shoot

Stephen Curry punya ciri khas lain, yakni menggunakan one motion shoot. Artinya ia melakukan tembakan dengan meletakkan bola sejajar dengan kepala. Dengan cara itu, Curry bisa memberikan kekuatan saat melakukan shooting. Cara ini lebih efektif jika dibanding dengan two motion shoot milik LeBron James.

 

The Dip

Sebagai seorang shooter, tentu kalian harus menguasai teknik ini. The dip ini adalah momen dimana seorang shooter menurunkan posisi tangannya saat hendak melakukan tembakan. Jadi saat kalian menerima umpan, turunkan tangan kalian lalu angkat dan lakukan shooting. 

Teknik ini menimbulkan efek menukik pada tembakan. Sebab, pemain bertahan lawan akan kesulitan merebut bola dari tangan kalian. Itulah yang jadi keunggulan Stephen Curry saat melakukan shooting, Ia bahkan bisa melepaskan tembakan akurat meski jaraknya hampir setengah lapangan.

 

Handling

Penempatan tangan saat hendak melakukan shooting ataupun sesudahnya jadi kunci untuk meningkatkan efisiensi tembakan. Curry melakukannya dengan menggenggam bola pada jari tanganya. Setelah ia melepaskan tembakan, Curry membentuk pola huruf V pada ibu jari dan telunjuknya. Hal itu bertujuan agar membuat efek spin pada shooting yang ia lepaskan.

Curry hanya menggunakan empat jarinya untuk melontarkan bola menuju ring basket. Selain itu ia tetap menjaga posisi pergelangan tangannya tetap rileks dan berayun saat usai melakukan shooting.

 

Guide Hand

Beberapa pemain basket terlihat kesulitan mengkonversikan tembakannya untuk jadi poin. Hal itu sebab mereka tak menggunakan bagian tangan yang lain untuk menentukan arah tembakan. Jika melihat Stephen Curry, ia selalu menggunakan bagian tangan kirinya untuk membuat tembakannya mengarah tepat ke ring.

Caranya, arahkan bagian tangan kalian yang tak memegang bola lurus menuju arah ring. Setelah itu tahan bola agar tidak berpindah posisi. Usahakan tangan kalian yang berfungsi menahan bola tetap mengarah ke ring usai melepaskan tembakan. Teknik ini akan membuat tembakan kalian tetap stabil pada jalurnya menuju ring.

 

Push The Ball

Tiap kali Curry melakukan tembakan, ia selalu memposisikan sikunya berada diatas kepalanya dengan lengan yang sepenuhnya terulur. Dengan itu terlihat bahwa Curry memberikan dorongan dengan maksimal saat melakukan shooting. Jadi ketika kalian melakukan shooting upayakan beri dorongan semaksimal mungkin hingga siku kalian berada diatas kepala.

 

Confidence

Cara terakhir adalah tetap percaya diri dan berani ambil keputusan. Tiap kali Curry shooting, ia nampak sangat percaya bahwa itu akan membuahkan poin. Cara ini memang terlihat sederhana, namun akan berdampak besar pada hasil shooting kalian. Jika kalian punya kepercayaan diri yang kuat, maka akan berdampak pada naiknya efisiensi tembakan.  

Biar kalian makin jelas, simak video berikut yang bikin kalian paham tentang cara Stephen Curry melakukan tembakan.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY