ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Beberapa pemain basket tak bisa dilepaskan dari yang namanya aksesoris. Namun demi keamanan saat bermain, pemakaian aksesoris berlebih pun dilarang dalam sebuah kompetisi. Bahkan di NBA, sering melayangkan surat larangan pemakaian benda-benda tertentu.

1984 – Sepatu Selain Warna Putih

NBA pernah menerapkan peraturan untuk keseragaman warna sepatu dari sebuah tim yang harus didominasi warna putih. Pihak yang melanggar harus membayar denda sebesar USD 5000 per pertandingan. Uniknya, Michael Jordan dan Nike rela merogoh kocek dalam di tiap laga demi bisa memakai sepatu Air Jordan 1 Bred (merah-hitam).

 

2000 – Bandana

Semua bermula saat Sam Perkins memakai bandana saat menjalani laga pramusim saat membela Indiana Pacers. Aksesoris berupa kain yang diikat di kepala sejatinya sudah jadi kultur basket jalanan di Amerika Serikat. Namun manajemen NBA segera melarangnya dengan alasan kemanan.

 

2006 – Celana Olahraga Ketat (Legging)

Jerry Stackhouse adalah pemain yang pertama kali memakainya. Dan dipopulerkan oleh LeBron James, Kobe Bryant, dan Dwyane Wade. Namun pada 2006, kantor berita ESPN melalui Marc Stein dan Darren Rovel melaporkan bahwa aksesoris ini dilarang untuk dipakai. Kecuali untuk kepentingan medis dengan keterangan surat dokter.

 

2009 – Plester Luka dengan Nama

Lagi-lagi semua berawal dari Dwyane Wade. Saat musim 2008-2009, ia mengalami cedera yang membekas di bawah mata kirinya. Alhasil butuh sebuah plester guna menutupnya. Wade memodifikasi plester dengan membubuhi namanya dan terus memakai bahkan setelah lukanya pulih. Sayang, NBA tak menyukainya dan melarang penggunaan aksesoris itu dengan alasan kerapihan.

 

2010 – Sepatu Merek Athletic Propulsion Labs (APL)

Ini adalah pertama kalinya NBA melarang sepatu berdasarkan merek secara spesifik. APL saat itu memperkenalkan terobosan di mana berdampak pada peningkatan tinggi lompatan secara signifikan. Awalnya anggapan ini hanya sugesti atau efek placebo. Namun, ketika Sneakerfiles membedah sepatunya dan menemukan lima buah per kecil di dalam sol. NBA mengeluarkan keputusan untuk melarang sepatu ini digunakan saat kompetisi.

 

2010 – Tali Kepala dengan Logo NBA Terbalik

NBA menegur Rajon Rondo yang kedapatan memakai ikat kepala dengan logo NBA terbaik. Ada dua alasan yang belum diketahui, apakah Rondo melakukannya secara sengaja atau tidak. Namun pihak liga telah mengambil tindakan tegas dengan melarang praktek ini.

 

2011 – Kacamata dengan Lensa Berwarna

Seperti tak ada habisnya, Dwyane Wade lagi-lagi tampil nyentrik. Wade sebenarnya dalam masa pemulihan akibat iritasi mata. Maka dari itu ia memakai kacamata saat bertanding melawan New York Knicks. NBA kemudian melarang pemakaiannya karena dikhawatirkan lawan akan kesulitan melihat mata pemakainya.

 

2014 – Pelindung Wajah Berwarna Gelap (Topeng Wajah)

LeBron James pernah memakainya saat ia mengalami patah tulang hidung saat membela Miami Heat. Sayangnya NBA kurang menyukainya karena penonton dan pemain lain tidak bisa menyaksikan paras pemakai secara langsung. Alhasil setelah itu, LeBron menggantinya dengan pelindung muka berwarna bening di pertandingan selanjutnya.

 

2017 – Lengan Seragam Tambahan (Sleeve)

Kelly Oubre Jr. ingin tampil beda dengan memakai lengan tambahan di kaki rilisan merek ternama, Supreme. Setelah itu, NBA menghubunginya untuk menghentikan praktek semacam itu karena dianggap mencolok.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY