ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SURABAYA - Hari ketiga Honda DBL Camp 2019 kedatangan tamu spesial. Mantan pelatih kepala timnas Indonesia basket putri, Bambang Asdianto Pribadi, menjadi pemateri bagi campers coach. Coach Bambang datang untuk menjelaskan materi statistics class.

Pada kesempatan ini, 52 pelatih terpilih mendapat materi yang sangat berharga tentang statistik pada permainan bola basket. Tak hanya itu, coach Bambang juga memberikan beberapa tips untuk membaca maupun mengaplikasikan statistik kedalam permainan. 

"Statistik adalah ilmu yang mengumpulkan, menganalisa, merencanakan, menginterpretasikan data. Ada beherapa hal kecil yg harus diperhatikan dalam statistik, turn over, mini possession, assist," ujar coach Bambang.

Menurut FIBA Assist adalah situasi dimana seorang pemain melakukan operan kepada pencetak skor dimana posisinya segaris dengan ring. 

Seorang pelatih bisa untuk menentukan strategi apa yang dipakai hanya dengan melihat empat hal itu di dalam statistik. Terlebih seperti turnover. Lewat statistik pelatih harus paham bagaimana cara memanfaatkan turnover untuk bisa mencetak poin. 

Empat hal itu akan sangat berpengaruh jika seorang pelatih yang paham dan jeli. Contohnya seperti pemanfaatan mini possession untuk bisa mempertahankan keunggulan atau mengejar ketertinggalan sebuah tim.

Di akhir sesi, coach Bambang memberikan tips guna menjaga stabilitas pemain. Dengan bermodalkan pernah menukangi timnas basket putri, ia nampak serius ketika melakukan sharing. 

"Pemain timnas kan selalu dituntut untuk bisa main baik. Maka dari itu simplenya cukup bikin drill sederhana seperti underring tapi secara kontinu. Dengan cara itu mereka bisa tetap berada dalam kondisi prima," pungkas pria yang pernah jadi Member of FIBA Instructions for Coaches Class 2018 itu.

Sambil nunggu update kabar terbaru dari Honda DBL Camp 2019, biar gak kudet baca berita-berita mainmain.id yuk:

- 7 Fakta Menarik Xiao Zhan, Aktor yang Jadi Cowok Teganteng se-Asia

- 5 Game Indie Terbaru yang Rilis pada 2020

- Ini Spesifikasi iPhone 12 yang Dikabarkan Muncul Tahun Depan

- Lokapala, Game MOBA Anak Bangsa yang Bakal Diluncurkan pada 2020

- Djaduk Ferianto dan Karyanya yang Terus Abadi

- Netflix dan Nickelodeon Perlebar Kerjasama, Bakal Makin Banyak Tayangan Animasi

- Review 'Charlie’s Angels': Tetap Asyik Meski Pemainnya Baru

- Call of Duty: Mobile Segera Luncurkan Mode Zombie

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY