Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, setiap warga Indonesia tentu punya caranya tersendiri untuk turut menyemarakkan. Mengingat fenomena Sumpah Pemuda sendiri merupakan ikrar yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928 silam, yang menetapkan jati diri bangsa Indonesia.

Adapun tradisi yang biasa dilakukan mayoritas sekolah di Indonesia adalah dengan mengadakan upacara bendera. Upacara khusus dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. 

SMA Lokon St Nikolaus Tomohon dan SMA Eben Haezar Manado menjadi salah dua sekolah di Sulawesi Utara yang tidak melewatkan hal ini. Tepat sebelum kegiatan belajar mengajar, kedua sekolah ini memulai hari dengan upacara bendera.

Tak ada perbedaan yang signifikan dengan upacara pada umumnya. Hanya saja pada upacara kali ini turut dibacakan teks Sumpah Pemuda, bertujuan membangkitkan kembali jiwa nasionalisme serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan terhadap bangsa Indonesia.

Baca Juga: Dari Panggung DBL, Deretan Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Panggung Dunia

Setiap poin yang tercantum pada teks Sumpah Pemuda punya makna yang begitu dalam. Seperti halnya poin nomor ketiga yang berbunyi “Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean Bahasa Indonesia”. 

Sebagaimana Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan keberagaman suku dan bahasa, tetap saja semuanya akan terkoneksi lewat satu bahasa, yakni Bahasa Indonesia. “Menurutku tinggal di Indonesia ini unik ya. Aku sadar kalau Indonesia beragam banget ya waktu DBL Camp kemarin,” buka Lovely Leke, salah satu pemain basket andalan SMA Eben Haezar Manado.

“Aku sempat kesusahan buat komunikasi apalagi basket kan harus mengedepankan komunikasi. Awalnya yang aku pakai bahasa Indonesia kaku banget, lama-lama ya harus membiasakan. Terus sadar juga kalau bahasa dari daerah aku itu unik ya. Soalnya banyak yang tertarik buat belajar,” lanjutnya.

Meski penuh dengan perbedaan, pada akhirnya Indonesia menjadi negara yang padu karena masyarakat yang saling menghargai satu sama lain. Membuat Indonesia ini makin unik, utamanya di kacamata dunia.

Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda. Semoga student athlete dan seluruh alumni DBL tumbuh menjadi generasi muda yang memberikan dampak baik bagi Tanah Air.

“Semoga kita semua bisa membuktikan bahwa anak-anak di usia muda juga bisa bekerja dengan baik dan efektif. Serta bermanfaat untuk Tanah Air. Mungkin kalau kita ya bisa bersinar lewat basket,” tutup Louis Loprang, pemain SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon.

Baca Juga: Coach Coloum: Perlunya Menumbuhkan Visi Kehidupan Anak Muda Lewat Basket

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Hasil DBL Yogyakarta: Budi Utama Jegal Langkah Kebangsaan ke Playoffs!
#dirumahaja Ala Mohammed Aofar: Antara Workout, Belajar dan Quality Time
Tizzy, Setan Tasmania Lucu Maskot SMAN 3 Sidoarjo
Yuk Belajar Tentang True-Shooting Percentage!
Preview Opening Party Seri Jaktim: Sapta Eka Tak Ingin Remehkan SMA Budhaya 2