ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret pertandingan DBL Yogyakarta 2024 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta

Selamat datang di Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 D.I. Jogjakarta. Baru memasuki hari pertama, sederet tim yang bertanding pada Sabtu, 26 Oktober 2024 berhasil menyajikan pertempuran yang luar biasa.

Beberapa tim unggulan seperti SMA Bopkri 1 Yogyakarta, SMA Stella Duce 1 Yogyakarta dan SMA De Britto Yogyakarta berhasil meraih kemenangan mulus pada ujian pertamanya. Buat kalian yang terlewat keseruan DBL Yogyakarta 2024 hari pertama, simak rangkumannya di sini.

SMA Bopkri 1 Yogyakarta vs SMA Santa Maria Yogyakarta (PUTRI)

Kemenangan pertama di panggung DBL Yogyakarta 2024 resmi menjadi milik SMA Bopkri 1 Yogyakarta (Bosa). Kepastian itu diperoleh pasca menumbangkan SMA Santa Maria Yogyakarta (Sanmar) pada laga perdananya dengan skor telak 46-9.

Bosa bermain dengan penjagaan super ketat. Seolah tak rela jika Sanmar masuk ke daerah kekuasaannya dan mencetak angka. Alhasil di paruh pertama, Bosa hanya kecolongan satu poin saja. Dan kuarter kedua berakhir dengan skor 27-1.

Sanmar mulai menciptakan lebih banyak peluang di paruh kedua. Mereka berhasil menambahkan delapan angka kuarter ketiga dan keempat. Namun, Bosa tak mau kalah. Bosa justru memperjauh keunggulan dan mantap meninggalkan Sanmar.

Baca Juga: Menuju DBL Yogyakarta: Tanpa Kelas 12, Srikandi BOSA Tak Sabar Berlaga

Ditambah satu pemain Bosa sukses catatkan dobel-dobel pada laga perdananya, yakni Gabriela Kinanthi Whanisdatu. Pemain dengan nomor punggung 21 itu mentereng dengan perolehan 18 poin dan 11 rebound. Padahal ia hanya bermain dengan catatan waktu 25 menit.

Persentase poin Gabriela pun terbilang apik. Ia bermain cukup efektif dengan akurasi tembakan 72 persen. Selain itu, Sherly Fabiola Kusuma juga catatkan dua digit angka. Pemain bernomor punggung sembilan itu menorehkan 14 poin. Dan solid membawa Bosa meraih kemenangan perdana.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

MAN 1 Yogyakarta vs SMAN 2 Bantul (PUTRA)

MAN 1 Yogyakarta masih perkasa. Pasca kepergian beberapa pemain andalan, MAN 1 Yogyakarta (Alnesa) membuktikan bahwa kekuatan mereka masih layak untuk diperhitungkan. Berjumpa dengan SMAN 2 Bantul (Exsco), skuad Alnesa mengakhiri pertempuran dengan skor 42-30.

Margin yang terpaut cukup jauh. Namun, banyak cerita yang hadir di sepanjang pertandingan berlangsung. Singkat saja Alnesa tertinggal di paruh pertama. Mereka tampak susah beradaptasi dan mencetak angka. Buah dari dominasi Exsco, kuarter kedua berakhir dengan skor sementara 17-16.

Tak disangka-sangka, Alnesa bangkit lebih cepat di kuarter ketiga. Usai jeda turun minum, Alnesa perlahan mengejar ketertinggalan. Tanpa rasa gegabah, skuad polesan Rahmat Khairul Agus membalikkan keadaan dan berhasil menjaga keunggulan hingga laga tuntas.

Muhammad Kaitsar Danar Assyathir adalah bintang dalam pertandingan ini. Center milik Alnesa itu berhasil membukukan setidaknya 13 poin dan 8 rebound. Nyaris dobel-dobel. Berkat kemenangan ini, Alnesa tegak di peringkat satu Grup D dan bakal bertemu SMAN 1 Sewon di laga berikutnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 2 Yogyakarta vs SMAN 8 Yogyakarta (PUTRA)

SMAN 2 Yogyakarta (Smada Yogyakarta) kembali dengan formasi yang tak kalah sangar. Setelah terhenti lebih cepat musim lalu, Smada Yogyakarta siap menjemput masa kejayaan. Mengingat mereka merupakan sang runner up di DBL Yogyakarta 2021 dan 2022.

Di DBL Yogyakarta 2024, Smada Yogyakarta menjalani laga perdananya melawan SMAN 8 Yogyakarta atau Delayota. Seolah tak ada gangguan berarti, tim besutan Handoyo Saputro itu berhasil meringkus laga ketiga dengan kemenangan mutlak 36-11.

Kemenangan yang cukup berarti bagi Smada Yogyakarta. Lantaran jadi bekal untuk mengamankan puncak klasemen Grup B dan terbang lebih jauh ke babak playoffs. Ali Akbar Ash Shiddiqie adalah penggawa yang diandalkan dalam laga ini. Pemain bernomor punggung 14 itu mencetak 13 poin untuk Smada Yogyakarta.

Baca Juga: Jadwal DBL Yogyakarta: Ada Duel Seru Laga Terakhir Opening Party!

Meski berhasil mengantongi satu kemenangan, Smada Yogyakarta tak bisa bernafas lega. Pasalnya mereka bakal berjumpa dengan sang debutan yang mengertikan, SMA Olifant Yogyakarta. Tim yang kehadirannya sudah dinantikan sejak dua musim terakhir.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Stella Duce 1 Yogyakarta vs SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (PUTRI)

Kekalahan musim lalu, sepertinya cukup membekas bagi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta (Stece). Mengingat mereka gagal mengamankan tiket final untuk kedua kalinya, setelah tidak terkalahkan sejak DBL Yogyakarta 2016.

Berupaya bangkit dari keterpurukan, Stece berhasil membuka laga perdananya dengan kemenangan manis. Pada kesempatan ini, mereka bertemu dengan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Moehi) dan menyudahi pertandingan dengan skor 52-5.

Srikandi Stece benar-benar tidak terbendung. Pada paruh pertama saja, mereka berhasil catatkan skor 24-0 tanpa balas. Lini pertahanan yang kokoh membuat Moehi kesulitan untuk mendobraknya. Bahkan sekadar melakukan percobaan poin pun kewalahan.

Hingga Stece mulai mengendurkan pertahanan pasca jeda turun minum. Moehi pun mampu menambahkan lima angka. Namun, tetap saja tak bisa mengejar ketertinggalan. Melihat skuad Stece juga solid dalam laga ini. Hampir semua pemain catatkan poin pada halaman statistik.

Dua pemain Stece pun sukses menyumbangkan dua digit poin, yakni Bernadetta Shirley Alexandra dengan 11 poin dan Zefanya Matilda Kentoyo dengan 10 poin. Pada pertandingan mendatang, Stece akan bersua SMAN 4 Yogyakarta yang merupakan runner up musim lalu.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 11 Yogyakarta vs SMAN 7 Yogyakarta (PUTRA)

SMAN 11 Yogyakarta (Kebangsaan) berhasil duduk di puncak klasemen sementara pasca menumbangkan SMAN 7 Yogyakarta (Seven) dengan skor akhir 18-13. Setelah melewati 40 menit pertandingan yang cukup mendebarkan, Kebangsaan akhirnya pulang dengan kemenangan.

Sejak tepis mula, pertandingan memang berlangsung cukup alot. Tensi di lapangan begitu tinggi. Lantaran ambisi dari kedua tim begitu besar untuk dapat mengamankan kemenangan. Hal itu membuat keunggulan terus berpindah tangan.

Singkat saja, Kebangsaan sempat unggul di paruh pertama. Meski hanya memimpin satu angka. Namun, Seven tak tinggal diam. Mereka berhasil berbalik unggul di kuarter ketiga. Hebatnya, kuarter pemungkas kembali menjadi milik Kebangsaan. Sekaligus mengamankan kemenangan perdana.

Pergantian keunggulan yang cukup intens menjadi bukti bahwa persaingan yang tersaji di DBL Yogyakarta 2024 kian kompetitif. Semua tim punya mimpi yang sama, tentu untuk beranjak lebih jauh ke babak playoffs. Masih ada satu laga tersisa bagi kedua tim. Keduanya akan bertemu dengan SMA Budi Utama Yogyakarta dan menentukan siapakah yang berhak melaju ke fase berikutnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Kolese De Britto Yogyakarta vs SMA Pangudi Luhur Yogyakarta (PUTRA)

SMA Kolese De Britto Yogyakarta lolos dari ujian pertamanya. Mereka berhasil membekuk SMA Pangudi Luhur Yogyakarta dan mengantongi kemenangan telak 41-10. Permainan solid membuat De Britto cukup dominan pada laga ini.

Yap, De Britto benar-benar menguasai jalannya pertandingan melawan Pangudi Luhur. Bagaimana tidak, mereka selalu memperjauh margin di setiap kuarter. Membuat Pangudi Luhur makin jauh tertinggal, serta sulit untuk mengejar.

Mengulas lebih jauh ke belakang, De Britto merupakan salah satu sekolah yang cukup diunggulkan untuk wilayah Yogyakarta. Mengingat mereka sempat mengantongi gelar juara sebanyak empat kali. Tepatnya pada DBL Yogyakarta 2009, 2010, 2013, dan 2015.

Baca Juga: Siap-siap! Berikut Hasil Drawing DBL Yogyakarta 2024

Pencapaian itu tentu membuat De Britto berambisi besar untuk kembali ke puncak kejayaan. Lebih-lebih mereka sudah puasa gelar selama tujuh musim lamanya. 

Tersisa pertandingan terakhir melawan SMAN 5 Yogyakarta. Apakah De Britto mampu untuk mengamankan kembali kemenangannya? Atau justru SMAN 5 Yogyakarta yang bakal mematahkan harapan De Britto untuk bisa melaju ke babak playoffs? Layak untuk disaksikan.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Jadwal dan hasil pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 D.I. Jogjakarta akan di-update secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Jadwal dan hasil pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Java-West akan di-update secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY