Putra SMAN 26 Jakarta (Dua Enam) untuk pertama kalinya masuk ke babak final dalam perhelatan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025. Kepastian ini didapat usai menghentikan SMAN 3 Jakarta (Teladan) pada babak semifinal, di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Oktober 2024. 

Saat menghadapi Teladan kemarin, Dua Enam sempat kesulitan dan tertinggal. Bisa saja mereka mengulangi cerita yang sama seperti musim lalu, di mana terhenti pada empat besar, tetapi usaha pantang menyerah ditambah dengan kesolidan tim membawa pada kemenangan. Penantian enam tahun yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya pun tiba kala buzzer terakhir di kuarter keempat berbunyi. 

Ya, sejak pertama kali mengikuti DBL South Jakarta pada 2018, titik pencapain tertinggi tim asal Tebet Barat adalah semifinal. Sekarang, diisi dengan mayoritas pemain yang masih duduk di kelas 10 serta 11, mereka mampu melewati tapal batas tersebut.

Baca juga: Comeback! Dua Enam Masuk Ke Final DBL South Jakarta Untuk Pertama Kalinya

Target untuk mencapai babak final pun sudah tercapai. Tentunya mencapai final bukan menjadi tujuan akhirnya, ada harapan besar untuk lebih dari sekadar masuk ke partai puncak. 

Keberhasilan untuk saat ini, tentunya tak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari sekolah, pemain, pelatih, orang tua, dan lain-lainnya. Terutama pihak sekolah yang sudah menyediakan wadah untuk dipertemukan satu sama lain. 

Anak-anak yang diizinkan untuk bertanding pun memiliki kehendak untuk membanggakan nama sekolah. Dalam perjalanan mengukir prestasi itu, upaya serta pengorbanan harus dilakukan para siswa. Tak sebatas latihan di sekolah, mereka juga perlu menyisihkan waktunya di klub masing-masing.

"Terkait pembinaan basket anak-anak yang sekarang ini, mereka pada umumnya sebagian besar di klub. Jadi, di sekolah hanya sebagai peragaan taktik dan teknik, selebihnya dia belajar di GOR dengan pelatih yang sama. Jadi mereka sebetulnya lebih dari dua kali (latihan). Mereka lebih banyak di klub itu sendiri," ujar Wakil Kesiswaan SMAN 26 Jakarta, Suhendar, kala dijumpai di sekolah, Jumat, 25 Oktober 2024. 

Baca juga: Peran Besar Ortu x Sekolah di Balik Melejitnya Dua Enam Musim Ini

Dalam rangka mengembangkan minat serta bakat yang dimiliki murid-muridnya, sekolah hanya memberikan kesempatan untuk berlatih dua kali dalam seminggu, sebab keterbatasan lapangan yang ada. Selain itu lapangan juga tidak hanya digunakan oleh cabang olahraga bola basket. 

"Sekolah bukan ekskul basket aja yang ada, tapi banyak. Ada juga ekskul yang lain, seperti futsal voli dan sebagainya sehingga bagi-bagi waktu untuk lapangan ini. Kebetulan untuk setiap cabang punya waktu hanya dua kali dalam seminggu. Latihan untuk basket sedikit lebih maksimal karena memang difokuskan untuk masuk DBL. Memang program ekskul ini ending-nya masuk DBL final," lanjut Suhendar. 

Tersisa satu langkah lagi, Dua Enam akan menjadi raja di Jakarta Selatan. Kendati demikian, meraih hal tersebut dipastikan tidak akan mudah untuk diraih sebab lawan mereka adalah SMAN 6 Jakarta (Mahakam). Mahakam merupakan salah satu tim favorit juara di region Jakarta Selatan.

Mahakam pada dua musim lalu keluar sebagai juara dan kembali mereka akan memburu hasil maksimal di tahun ini. Pertandingan Dua Enam versus Mahakam akan berlangsung Sabtu, 26 Oktober 2024.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Populer

Jadwal DBL Yogyakarta: Ada Duel Seru Laga Terakhir Opening Party!
Jadwal dan Link Live Streaming Final Party Putra-Putri DBL Riau 2024
Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Bali Punya Siapa?
Pecah Rekor! Argya Hazel Cetak 45 Poin, Terbanyak Sementara di DBL 2024-2025
Berbagi Kisah Sukses 20 Tahun DBL di Indonesia Sports Industry Summit 2024