ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kegembiraan tim putra SMAN 26 Jakarta (Dua Enam) tak bisa disembunyikan kala buzzer tanda pertandingan semifinal berhenti. Ya, itulah yang dirasakan anak-anak Dua Enam kala meraih kemenangan atas SMAN 3 Jakarta (Teladan) dalam perhelatan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Jakarta di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Oktober 2024.

Penantian enam tahun lalu sejak mulai mengikuti ajang DBL, untuk pertama kalinya bakal menjajaki partai puncak. Jalan yang tak mudah pun harus dihadapi tim Tebet Barat guna membangun tim yang hebat. 

Mengikuti hajatan DBL South Jakarta 2024, Dua Enam turun dengan diisi mayoritas pemain dari kelas 10 serta 11 dan hanya ada 1 tingkat akhir. Kekuatan Dua Enam pun dihuni dengan rookie dan sophomore.

Baca juga: Comeback! Dua Enam Masuk Ke Final DBL South Jakarta Untuk Pertama Kalinya

Tanpa ada dukungan yang solid serta erat dari pihak sekolah, orang tua murid, murid, pelatih, dan lain-lainya, target besar yang diharapkan pun akan sukar untuk ditembus.

Suhendar, Wakil Kesiswaan SMAN 26 Jakarta, mengatakan bahwa keberhasilan tim basket putra mereka melaju ke final tak lepas fari dukungan orang tua.

"Kami, sekolah, hanya memberikan peluang. Artinya memberikan kesempatan, memberikan dorongan, selebihnya memang dari orang tua yang lebih besar. Karena kan untuk basket ini cukup lumayan besar dana yang dibutuhkan," ujarnya.

Ditemui di sekolah pada Jumat, 25 Oktober 2024, Wakil Kesiswaan itu menambahkan faktor utama dari keberhasilan anak didiknya memang disokong besar oleh orang tua. Bahkan, tak jarang para orang tua murid kerap membantu siswa-siswa SMAN 26 Jakarta untuk nribun langsung di GOR Bulungan.

"Seperti kemarin, tiket, ada juga gratis dari orang tua. Ada setengahnya dari orang tua, jadi dukungan dari sekolah maupun orang tua cukup besar. Sekolah kan paling tidak untuk negeri ini memberi kesempatan mereka berlatih, dan mengirim guru untuk mendampingi," tambahnya.

Terkait proses latihan, sekolah juga memberikan fasilitas berupa lapangan basket, bola basket, dan memanggil pelatih yang kompeten. Dari pertama kali mengikuti DBL Jakarta, sekolah memang memberikan target untuk bisa sampai ke final.

Namun, rintangan memang tak mudah untuk dihadapi oleh basket Dua Enam. Perlu kerja keras guna mengejar hasil yang terbaik dan sudah disepakati bersama. 

"Berbagai cara upaya kita sudah lakukan, termasuk ganti-ganti pelatih. Namun, untuk kali ini, kita Alhamdullilahnya, satu punya input yang bagus, kemudian yang kedua dukungan dari orang tua, ketiga latihan yang rutin," lanjut Suhendar.

Sekolah juga memberikan fasilitas penyewaan GOR di luar sekolah. "Latihan basket sedikit lebih maksimal karena memang difokuskan untuk masuk DBL. Memang program ekskul ini ending-nya masuk DBL final," ucapnya.

Baca juga: Hasil AZA 3X3 Competition South Jakarta: Putra Ragunan Lawan Mahakam di Final!

Satu langkah lagi, Dua Enam akan menjadi raja di Jakarta Selatan. Namun, meraih hal tersebut dipastikan tidak akan mudah sebab lawan mereka adalah SMAN 6 Jakarta (Mahakam). Mahakam merupakan salah satu tim favorit juara di region Jakarta Selatan.

Mahakam pada dua musim lalu keluar sebagai juara dan kembali mereka akan memburu hasil maksimal di tahun ini. Pertandingan Dua Enam versus Mahakam akan berlangsung Sabtu, 26 Oktober 2024.

"Harapannya sudah pasti semoga bisa juara di tahun ini. Tahun pertama kita ke final," pungkas Suhendar.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY