Skuad putra SMAN 6 Jakarta (Mahakam) jadi tim terakhir yang mengunci tiket final di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Jakarta. Hal ini dipastikan setelah menghentikan perlawanan SMAN 28 Jakarta (Dua Delapan), di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Oktober 2024.

Baik Mahakam dan Dua Delapan sama-sama memberikan perlawanan sengit di laga hari ini. Keduanya silih berganti mencetak poin. Dua Delapan sempat unggul atas Mahakam di kuarter satu dua dengan kedudukan 36-21. Mahakam yang sudah tertinggal, tak ingin menyerah begitu saja. Perlahan tapi pasti, mereka menemukan ritme dan bangkit di kuarter tiga empat, hingga menyudahi Dua Delapan dengan kedudukan 63-59.

"Dari awal udah ketinggalan, udah ketinggalan berapa poin, pokoknya jauh. Terus kita half time kita coba bonding, kita ngobrolin bareng-bareng solusinya apa. Terus kita jalanin di kuarter berikutnya," kata pemain Mahakam, Abdul Kareem Nara Ichsani, selepas laga.

Baca juga: Putri Gonzaga Selalu Teringat Pesan "Pantul" Kepala Sekolahnya, Apa Itu?

Kareem berujar yang jadi pembeda di paruh pertama dengan kedua adalah Mahakam berhenti mengikuti ritme permainan Dua Delapan. "Jangan ikutin permainan mereka. Kita harus lebih baik defense-nya juga, defense-nya harus lebih nekat," ujar pemain kelas 11 menirukan kata pelatihnya.

Tak hanya itu, ada atensi khusus yang diberikan terhadap satu pemain Dua Delapan, yakni Argya Hazel Bachtiar. Bagaimana tidak, hari ini ia tampil sangat cemerlang dengan kontribusi 45 poin. Pelatih Mahakam, Yudha Saputra, mengarahkan timnya untuk memberikan penjagaan khusus bagi Bachtiar.

"Anak-anak kita di awal kurang fokus. Terutama memang dari sisi Dua Delapan ada pemain yang hari ini bisa dibilang wangi banget. Dan itu kita tahu di Dua Delapan hanya satu dua pemain. Kuarter satu dua saya udah kasih catatan ke anak-anak jaga dia khusus. Di kuarter tiga empat, kita yakinin lagi anak-anak untuk defense-nya dikencengin lagi untuk jaga beberapa pemain yang khusus," kata Yudha.

Baca juga: Hentikan Laju Labsky, Dua Enam Kembali Segel Fantastic Four

Kini, Mahakam kembali ke final setelah setahun berpuasa. Mahakam terakhir kali ke final DBL South Jakarta pada 2022. Saat itu, mereka berhasil keluar sebagai juara. Semusim kemudian, perjuangannya terhenti di empat besar. Mahakam akan bersua dengan SMAN 26 Jakarta di laga final mendatang. Mereka pun siap untuk menjalani duel tersebut.

"Kita sudah maping lawan-lawan dari sebelum DBL mulai. Kita udah lihat SMA-SMA mana. Sampai per semifinal itu, tebakan kita ga meleset. Kita udah ngecek sebelum DBL, kita ikut open turnamen, kita udah ketemu, kita tahu kekuatannya. Di sebelah kita prediksi kalau ga Tiga atau Dua Enam, benar mereka sampai semifinal. Di sisi kita, Dua Delapan udah diprediksi pasti sampai semifinal karena di poolnya cuma melenggang. Di pool kita, kita terseok-seok, akhirnya sampai semi, Alhamdullilah sampai final," ujar pelatih berusia 36 tahun itu.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Populer

Hasil DBL Riau: Jaminan Juara Baru di Final Party!
Hasil DBL Bali: Wajah Lama Kembali ke Final Party!
Pecah Rekor! Argya Hazel Cetak 45 Poin, Terbanyak Sementara di DBL 2024-2025
Konsumsi Makanan ini untuk Membantu Pemulihan Cedera
Ada Lord Voldemort di DBL Jakarta Utara-Pusat!