ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Aksi Filbert (jersey putih nomor 7) di laga DBL Riau 2024

Ribuan pelajar yang berkompetisi di DBL Indonesia memiliki berbagai prestasi yang layak untuk dijadikan inspirasi. Salah satunya prestasi yang selama ini dimiliki Filbert Shine Vandyke.

Rupanya, pemain asal SMA Santa Maria Pekanbaru ini tak hanya berlaga di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Riau, tetapi juga aktif mengikuti berbagai lomba. 

Baginya, basket dan juga prestasi di bidang akademik harus memiliki porsi yang sama. 

Lalu, apa aja si prestasi seorang Filbert ini?

“Hehe iya Kak kemarin sempat ikut Kompetisi Student Olympiad cabang Matematika. Saya masuk 100 besar Indonesia, kebetulan dapat ranking 11,” buka pemain yang duduk di bangku kelas XII.

Baca Juga: Winners Pulangkan Darma Yudha Pekanbaru, Austine Shawn: Kuncinya Kontrol Emosi

SMA Santa Maria Pekanbaru
Potret kebahagiaan Filbert seusai mengikuti Olimpade Matematika 

Lomba yang diselenggarakan pada Juli 2024 itu bukanlah menjadi kali pertama Filbert mengikuti sebuah olimpiade. 

“Sebenarnya sudah mulai aktif ikut lomba itu sejak SD. Dan memang fokusnya tidak di Matematika saja, Kak. Pernah pada 2022 itu juga ikut Kompetisi Sains Nasional Kota, tapi cabang Fisika,” sambungnya. 

Mengejutkannya lagi, Filbert selama ini tidak pernah mengikuti les atau pelajaran tambahan di luar sekolah untuk menekuni kedua mata pelajaran tersebut. 

Nggak ada les pula aku Kak. Cuman tambahan dari sekolah aja,” cetus pemain kelahiran 2007 itu. 

Mendengar jawaban seorang Filbert yang teramat menyukai mata pelajaran Matematika dan Fisika tersebut, tentunya memunculkan sebuah pertanyaan. Kira-kira apa yang disukai Filbert dari kedua mata pelajaran yang sering dikenal susah itu? 

“Karena aku tipikal orang yang tidak suka menghafal, jadi Matematika dan Fisika tuh kan lebih menekankan penalaran ya. Jadi ya aku suka karena terbawa tantangan gitu kesannya Kak,” jelas pemain yang mengenakan jersey nomor 7 tersebut. 

Meskipun begitu menyukai kedua mata pelajaran tersebut, ia tetap berusaha untuk disiplin membagi waktunya. Agar akademik maupun basketnya memperoleh pencapaian yang sama. 

“Saya mencoba mengisi setiap waktu saya dengan hal yang bermanfaat sebisa mungkin. Jadi, sebelum maupun setelah jadwal latihan basket, saya akan segera menyelesaikan tugas yang ada terlebih dahulu. Ketika waktu luang barulah saya menyempatkan mengulas pembelajaran,” tegasnya. 

Prinsip kuat yang itu bukan hanya terucap di bibir saja. Ia juga berhasil membuktikan kepiawaiannya di bidang basket yang sudah ia geluti sejak duduk di bangku kelas tiga SD itu. 

Di laga Big Eight DBL Riau 2024, Filbert berhasil menyumbangkan 7 poin dan 4 rebounds. Di mana sumbangan poin tersebut berhasil membantu timnya untuk mengalahkan SMAN 8 Pekanbaru pada Rabu, 23 Oktober 2024 dengan skor akhir 28-20. 

“Kalau belajar itu memang sudah kewajiban, tapi di sisi lain juga akan terus menekuni basket. Karena basket menjadi tempat saya bisa mengekspresikan diri dan mengharumkan nama sekolah. Melalui basket saya juga mendapatkan banyak teman dan pengalaman yang berharga,” tutupnya dengan tersenyum. 

Filbert lagi-lagi menjadi salah satu bukti bahwa akademik dan basket itu bisa seimbang. Semua tergantung prinsip dan cara kita membagi waktu yang ada.

Kalau begitu, jadi penasaran kan dengan aksi Filbert di lapangan? Yuk tonton keseruannya di DBL Riau 2024.

Baca Juga: 24 Poin Fairuz Dzaka untuk Satu Tiket SMAN 1 Teluk Kuantan di Fantastic Four

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Profil pemain ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)


Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY