Tim putri SMAN 3 Jakarta (Teladan) membuka musim Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Jakarta lewat keunggulan satu bola atas SMAN 6 Jakarta (Mahakam). Pada laga yang berjalan ketat, Sabtu 19 Oktober 2024, di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Teladan memastikan diri ke babak selanjutnya dengan skor 28-26.

Teladan mendominasi pertandingan dengan keunggulan hingga akhir kuarter ketiga. Kuarter pertama ditutup Teladan dengan kedudukan 7-3. Pada kuarter ketiga, Teladan terus membuktikan statusnya sebagai runner up Jakarta Selatan tahun lalu dengan keunggulan 24-12.

Baca juga: Pesona Cipta Mahakam Angkat Kisah Papua

Namun, Mahakam tak menyerah begitu saja. Semifinalis musim lalu ini secara perlahan tapi pasti berusaha memperkecil selisih poin dengan determinasi tinggi. Mereka mendominasi selama 6 menit pertama pada kuarter empat dengan mencetak 9 poin tanpa balas, membuat skor selisih tipis (24-21).

Callista Naira Azkia, kapten dari Teladan mengatakan bahwa situasi tersebut membuat timnya cukup frustrasi. Banyak kesalahan yang dilakukan sehingga membuat Mahakam bisa bermain dengan leluasa.

"Banyak banget turnover dan gagal fokus. Karena di kuarter ketiga itu ngerasa udah leading jauh jadi kita seperti ngegampangin lawan. Makanya kita hampir kesusul di kuarter empat," jelasnya.

Sebagai kapten, ia berusaha menyemangati rekan setimnya supaya lebih fokus dan bermain dengan tenang. Pelatih juga terus memberi instruksi agar para pemain bisa memutus momentum yang didapatkan Mahakam agar keunggulan tetap terjaga.

Baca juga: Owls Dance Team Dorong Kepercayaan Diri, Pesona Cipta Teladan Unjuk Bakat!

Upaya Teladan untuk bermain dengan lebih tenang di akhir kuarter pada akhirnya membuahkan hasil. Mahakam yang secara agresif mengupayakan overtime ketika situasi berada di kedudukan 28-26, gagal mengonversi berbagai peluang yang mereka dapatkan.

Teladan meraih kemenangan tipis dan berhak melaju ke babak Big Eight. Mereka bakal menghadapi pemenang antara SMA Al-Izhar Pondok Labu Jakarta melawan SMA Muhammadiyah 3 Jakarta.

"Semua tim di DBL Jakarta Selatan itu pasti kuat. Tapi, di pertandingan selanjutnya kita tetep nggak mau ngeremehin lawan. Mau kasih yang terbaik, kita akan latihan lebih gila lagi dan lebih fokus lagi," tukas Naira.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (Yasqi Harashta)

Editor: Rena Dwi Astuti

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Populer

Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java
Berbagi Kisah Sukses 20 Tahun DBL di Indonesia Sports Industry Summit 2024
Jadwal DBL Bali: Enam Laga Seru Malam Minggu!
Jadwal DBL Riau: Hari Kedua, Finalis Musim Lalu Langsung Melantai!
Hasil DBL South Jakarta: Gonzaga Menang, Putra-putri Bukit Duri Solid!