ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret coach Dhendy memberikan arahan untuk tim basket putra SMAN 2 Kota Depok

Menjadi seorang pelatih basket, bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Tentu akan ada banyak risiko yang harus siap dihadapi. Seperti sibuk membagi waktu, tenaga, pikiran dan lainnya.

Namun, hal tersebut tampaknya tak jadi masalah bagi Dhendy Saputra, pelatih basket SMAN 2 Kota Depok yang berlaga di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Java-West dan juga SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan. 

Tidak tanggung-tanggung, Dhendy memang menjadi pelatih tim basket dua sekolah sekaligus. Sudah terbayang belum, bagaimana sibuknya dan cara pelatih satu ini membagi waktunya untuk melatih kedua sekolah tersebut?

“Saya di SMAN 2 Kota Depok itu dari tahun 2010 - 2012, terus lanjut lagi tahun 2016 sampai sekarang. Kebetulan saya juga alumni sana. Kalau di SMA Kharisma Bangsa itu mulai tahun 2014 sampai sekarang,” buka coach Dhendy.

Baca Juga: Hasil DBL Bogor: Fivers Kompak Menang, Derbi Depok Milik Nomor Dua

Melatih kedua sekolah dalam waktu yang cukup lama, tentu pelatih satu ini sudah mempunyai jadwal latihan khusus untuk masing-masing tim. 

“Kharisma Bangsa latihan Senin, Rabu, dan Kamis. Tapi karena mereka 80% tinggal di asrama sekolah, gampang jika saya ingin adakan latihan tambahan. Baik weekend atau pagi sebelum sekolah gitu,” ucapnya dengan tersenyum. 

Meskipun terkesan lebih sering terjadwal untuk melatih tim basket SMA Kharisma Bangsa Tangerang, nyatanya tim SMAN 2 Kota Depok juga memiliki waktu tambahan khusus di klub.

“Kalau SMAN 2 Kota Depok latihan Selasa dan Jumat. Kalau Sabtu, mereka ada latihan tambahan di klub saya di Depok,” sambungnya. 

Tuh guys, padat sekali kan jadwal melatih coach Dhendy. Tetapi, pelatih satu ini tak pernah mengeluhkan soal jarak dari rumah menuju kedua sekolah tersebut. Sebab, jarak yang harus ditempuh terbilang sama yakni sejauh 10 kilometer. 

Lantas, apakah cara melatih coach Dhendy di kedua sekolah tersebut sama? Mengingat tim basket putra SMA Kharisma Bangsa Tangerang juga menjadi salah satu tim yang langganan juara di DBL Banten. 

“Kalau di SMA Kharisma Bangsa tantangannya adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin, karena di Banten semakin ke sini semakin banyak sekolah beasiswa. Kalau untuk DBL biasanya selalu dengan camp sebelum DBL mulai ya, sekitar tiga minggu. Di mana terdapat 25 kali latihan dan empat kali tryout (sparing),” terang pelatih yang berlisensi B tersebut. 

Sedangkan untuk tim basket putri SMAN 2 Kota Depok, Dhendy justru harus memulai persiapan dari nol. Sebab tidak ada pemain jalur prestasi. 

“Nah untuk SMAN 2 Kota Depok saya harus membangun tim dari nol, karena tidak ada pemain jalur prestasi di sana. Dulu awal kembali sudah saya persiapkan untuk DBL Bogor tahun 2020 ternyata pandemi. Akhirnya tahun 2022 saya harus mulai lagi untuk mengejar target final ya tentunya latihan dua kali dalam satu minggu tidak cukup. Akhirnya ya tambahan tadi di klub,” pungkas pelatih yang memiliki tinggi 173 sentimeter tersebut. 

Wah adil juga ya, cara coach Dhendy melatih kedua tim basket tersebut. Meskipun dengan persiapan yang berbeda, pelatih satu ini tetap fokus untuk menargetkan final. Baik di DBL Banten untuk tim basket SMA Kharisma Bangsa Tangerang, dan SMAN 2 Kota Depok di DBL Bogor.

Baca Juga: Hasil DBL Bogor: Hari Kelima Ada Laga Sengit!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Profil pelatih ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

 

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY