ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

“Sedih karena gak bisa bawa Sinlui jadi champion di tahun pertamaku.” Begitulah kalimat yang pertama kali terucap dari Joanne Giovanni, rookie SMA St Louis 1 Surabaya saat berbincang dengan penulis. Walaupun berstatus sebagai pemain anyaran, tapi siapa sih yang gak kenal sama gadis cantik berusia 15 tahun ini? 

Nama Joanne Giovanni atau yang akrab disapa Meme itu memang sudah tak asing. Bukan hanya di tingkat regional, Meme juga kerap bergabung dengan Tim Nasional Basket Putri Indonesia kelompok umur dan ikut beberapa kompetisi internasional.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java menjadi ajang debutnya dengan SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui). Setelah terpuruk selama dua musim terakhir lantaran gagal menembus partai final, hadirnya Joanne seolah menjadi jawaban. Sinlui seperti menemukan potongan puzzle yang hilang.

Singkatnya, Sinlui berhasil menembus dua kali partai final. Adalah final DBL East Java-North 2024 dan DBL East Java. Sayang, keduanya bernasib sama. Mereka gagal menggulingkan dinasti SMA Gloria 1 Surabaya dan harus berpuas di posisi runner up.

Hal itu rupanya jadi kekalahan yang sangat menyakitkan bagi Sinlui. Juga bagi Meme. Bukan tanpa sebab. Pasalnya mereka beberapa kali berada dalam posisi unggul. Bahkan saat 10 detik terakhir sekalipun.

Final DBL East Java Championship
Penampilan Joanne Giovanni saat Final Party DBL East Java 2024 di DBL Arena Surabaya

Aksi ngeyel dari Gloria 1 rupanya membawa pertandingan Final Party DBL East Java 2024 beranjak ke fase tambahan waktu untuk pertama kalinya setelah dua dekade. Sekaligus menjadi laga paling sulit bagi Gloria 1. Mengingat sejak empat musim ke belakang, dirinya selalu menuntaskan partai final dengan cukup mudah.

Sinlui seperti momok yang menyeramkan bagi Gloria 1. Namun, Gloria 1 tetap melawan. Bahkan ancaman dari tim besutan coach Lena itu seketika mengendur di babak overtime. 

“Soalnya sudah pada lemas semua Kak. Sudah pada pegang kaki semua kan. Jadi rasanya kayak sudah mau kram semua, terus kita pada lemas juga, soalnya cuma main 10 orang kan,” pengakuan Meme saat ditemui pasca dirinya dinobatkan sebagai Kopi Good Day First Team 2024 East Java.

DBL East Java Championship
Joanne Giovanni (dua dari kiri) saat memperoleh plakat Kopi Good Day First Team 2024 East Java

Yap, pada gelaran puncak, Sinlui harus kehilangan dua pemainnya karena cedera. Hal itu membuat mereka bertanding dengan 10 pemain saja. Bermain dengan waktu bersih, juga tak mudah. Mereka harus berjuang habis-habisan demi gelar juara yang sedang mereka incar.

Tumbangnya satu per satu pemain Sinlui membuat mereka gagal meraih mimpinya. Posisi runner up seolah jadi jawaban atas perjuangan mereka selama ini. “Gak nyangka kalau bakal runner up lagi, tak kira hari ini bakal menang,” ujar Meme, sambil meratapi kekalahan hari ini.

“Padahal kuarter pertama kayak wow, mental Sinlui sudah bagus banget. Tapi lama-lama kayak menurun. Apalagi anak-anak tuh kalau kita poin, terus Gloria bales poin tuh mereka langsung down. Susah banget buat naikin mentalnya lagi. Berakhir blank, gak tahu harus ngapain,” lanjutnya.

Meme mengungkap bahwa timnya memang kurang jam terbang. Membuat Sinlui kerap kewalahan dalam kondisi tertentu. Salah satunya dalam kondisi full court press. Permainan cepat dari Sinlui kerap kali malah berakhir blunder.

“Kalau aku lihat, teman-teman main cepat tuh karena takut gak nutut kejar poin. Mereka kayak dikejar waktu gitu. Akhirnya ya kurang bisa baca celah teman yang kosong. Berakhir poin dengan kemauan kita sendiri,” saut Meme, menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Baca Juga: Berikut Daftar Kopi Good Day First Team & Second Team Putri DBL East Java 2024

Lebih dalam soal gelaran puncak, Meme juga menegaskan bahwa Gloria 1 telah membaca permainan Sinlui dan paham bagaimana mengatasinya. Mengingat ini merupakan pertemuan kedua mereka sepanjang DBL East Java.

Itulah kenapa Meme tampak cemas saat tembakan gratis yang dilesatkan salah satu pemain Gloria 1 pada tiga detik terakhir berhasil menyamakan kedudukan menjadi 52-52. Hal itu yang akhirnya membawa mereka ke babak tambahan waktu dengan sisa tenaga yang ada.

“Yang ada di pikiranku waktu overtime ya sudah selesai kita semua. Momentumnya lagi di mereka (Gloria 1) soalnya, bukan di kita. Jadi kayak wow ini bakal susah. Apalagi pas awal-awal si Kezia langsung poin, terus tripoin lagi, terus ya sudah. Timku keburu-buru, kurang bisa memanfaatkan team foul juga,” celetuknya.

Pada babak tambahan waktu, Gloria 1 berhasil menambahkan delapan angka. Sedangkan Sinlui hanya satu angka. Membuat pertandingan puncak ini berakhir dengan skor 60-53. Kemenangan kembali menjadi milik Gloria 1.

DBL East Java Championship

Kekalahan ini menjadi penyesalan terbesar bagi Meme, lantaran ia gagal membawa Sinlui merebut kembali mahkotanya. Namun, Meme tak mau larut dalam kesedihan. Dirinya berharap banyak untuk musim depan. Pasalnya salah satu sobatnya, Richelle Evelyn Widjaja harusnya bisa bergabung. Best duo katanya.

Sama seperti Meme, Richelle merupakan pemain anyaran milik Sinlui. Musim ini dirinya gagal bergabung lantaran mengalami cedera ACL dan harus melewati masa penyembuhan selama beberapa bulan. “Kalau ada dia, mungkin kita bisa menang tahun ini,” ujar Meme yakin.

“Soalnya dia tahu cara mainku, terus aku tahu cara maine dee. Jadi kayak sudah dekat banget dan selalu paham gitu. Apalagi kalau aku pick and roll ambek dee, dee selalu pick, selalu roll, dan selalu dapet bola. Jadi kalau Richelle main bawah, aku main atas,” sambungnya.

Baca Juga: Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java

Penyesalan lain juga datang dari Meme saat dirinya gagal memberikan aksi tripoin terbaiknya. Mengingat Meme memang dikenal sebagai penembak tiga angka yang cukup titis di usianya. “Tadi tripoinku buosok, soalnya jaganya ketat banget si Kezia. Ya semoga tahun depan lebih baik lagi,” pungkas Meme.

DBL East Java Championship

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY