Hasil DBL Bogor: Putri Dubes Menang Telak, Recis Harus Tumbang

| Penulis : 

Sederet pertandingan yang hadir pada hari keenam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Java-West penuh kejutan, Minggu, 13 Oktober 2024. Tak disangka, beberapa skuad unggulan harus pulang lebih dulu. Justru tim debutan berhasil menunjukkan taringnya dan beranjak ke babak Big Eight.

Di sudut lain, tiga pertandingan AZA 3X3 Competition West Java-West juga berhadiah tiket perempat final. Membuat perjalanan mereka menuju tangga juara pun makin dekat. Buat kalian yang terlewat keseruan DBL West Java-West 2024, simak rangkumannya di sini.

SMAN 2 Cikampek vs SMAN 1 Parung (PUTRI)

Waktu 10 menit seolah tak cukup untuk menentukan siapakah pemenang dari partai pembuka AZA Wear 3X3 Competition 2024 West Java-West. Lantaran SMAN 2 Cikampek dan SMAN 1 Parung menutupnya dengan skor imbang 2-2.

Hal itu akhirnya menuntun keduanya melaju ke fase sudden death. Pada kesempatan ini, giliran SMAN 2 Cikampek yang tak bisa berbuat banyak. Mereka gagal menambahkan poin, sedangkan SMAN 1 Parung sukses menambahkan dua poin secara beruntun. Alhasil skor berakhir 4-2.

SMAN 3 Sukabumi vs SMAN 7 Bogor (PUTRI)

SMAN 7 Bogor menang telak. Di pertandingan melawan SMAN 3 Sukabumi, mereka berhasil menuntaskan dengan sangat baik dan menutup laga dengan skor 3-0 tanpa balas.

Pertahanan rapat membuat SMAN 3 Sukabumi tak berkesempatan mencetak angka satu pun. Malah Shofi Nurlitasari, pemain SMAN 7 Bogor begitu moncer. Dirinya mencetak poin keseluruhan tim seorang diri. Dan membawa SMAN 7 Bogor melaju ke partai perempat final.

SMAN 5 Bogor vs SMAN 10 Bogor (PUTRA)

Derbi Bogor milik nomor lima. SMAN 5 Bogor berhasil menutup rangkaian AZA 3X3 Competition 2024 West Java-West hari keenam dengan kemenangan 6-3. Skor yang cukup meyakinkan untuk memulangkan SMAN 10 Bogor.

Di laga ini, Rausyan Fathoni berhasil menyita perhatian. Pemain dengan nomor punggung enam itu mampu membukukan empat poin dan menjadi yang terbanyak. Ditambah Kheizar Arkana yang sempat melakukan tembakan dua angka. Kemenangan ini juga membawa SMAN 5 Bogor beranjak ke perempat final.

SMAN 3 Kota Depok vs SMAN 12 Bekasi (PUTRA)

SMAN 3 Kota Depok menang lagi. Pasca menumbangkan salah satu tim unggulan di laga perdananya, kini mereka kembali menggulingkan pertahanan lawan. Dipertemukan dengan SMAN 12 Bekasi (Dubes), skuad SMAN 3 Kota Depok (Tiga) menutup laga keduanya dengan skor 40-25.

Di balik kemenangan yang cukup meyakinkan, Tiga sempat terseok-seok di paruh pertama. Bahkan mereka tertinggal selama dua kuarter. Di mana Dubes sempat memimpin lebih dulu dan akhirnya menutup kuarter kedua dengan margin setengah bola (12-11).

Hal itulah yang akhirnya membuat Tiga cukup mudah memangkas margin di kuarter ketiga. Bahkan mereka berbalik unggul dengan sangat cepat. Melesat jauh dan sulit untuk dikejar. 

Tidak disangka-sangka, skuad Tiga justru sukses menambahkan 29 poin di paruh kedua. Sedangkan Dubes hanya menambahkan 13 angka. Skor yang semula berjarak satu poin saja, kini justru terpaut dua digit. Dan kemenangan pun berada di tangan Tiga.

Tercatat trisula maut dari barisan pemain inti Tiga berhasil catatkan poin terbanyak. Rafi Rajendra Abhiyasa dengan 10 poin dan satu-satunya yang mencetak dua digit poin pada laga ini. Disusul Muhammad Dzaky Arrasyah dan Muhammad Rakhaa Rabbani yang masing-masing torehkan sembilan angka.

Kemenangan ini membawa mereka melaju ke fase perempat final dan makin dekat dengan tangga juara.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMAN 3 Kota Depok vs SMAN 12 Bekasi

SMAN 1 Dramaga vs SMAN 1 Cikampek (PUTRI)

Semifinalis musim lalu menolak pulang. Meski langkah musim ini cukup berat, SMAN 1 Cikampek (Smansa Cikampek) berhasil menyudahi pertandingan atas SMAN 1 Dramaga dengan skor akhir 19-13.

Terpaut tak begitu jauh. Sepanjang pertandingan berlangsung, margin terjauh dari kedua tim hanya berjarak tujuh angka saja. Menjadi bukti ketatnya laga para srikandi yang hadir di partai kedua DBL West Java-West hari keenam.

Dramaga sempat memimpin lebih dulu di kuarter pertama. Keduanya menutup kuarter pertama dengan skor sementara 6-5. Namun, Smansa Cikampek bermain cukup baik di kuarter kedua. Sukses menyumbangkan empat poin, tapi tak kecolongan sama sekali. Membuat mereka berbalik unggul.

Pasca jeda turun minum, Smansa Cikampek berhasil mempertahankan keunggulannya. Walau tak terpaut jauh, setidaknya mereka menjaga margin dengan sangat baik. Bahkan hingga laga tuntas. 

Cindy Isabel Amelia Putri juga berperan besar dalam kemenangan Smansa Cikampek pada laga ini. Dirinya bermain selama 29 menit dan tercatat sebagai top skor dengan torehan sembilan angka. Kemenangan yang membawa Smansa Cikampek melaju ke perempat final.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMAN 1 Dramaga vs SMAN 1 Cikampek

SMAN 1 Karawang vs MAN 2 Kota Bogor (PUTRA)

Selamat, kemenangan kedua untuk SMAN 1 Karawang (Freeone)! Berhadapan dengan MAN 2 Kota Bogor (Mandapa), skuad Freeone berhasil menyudahi laga dengan cukup mudah. Di mana skor berakhir mutlak 40-20.

Sejak tepis mula, Freeone memang langsung melesat, tak segan meninggalkan Mandapa. Mereka menutup kuarter pertama dengan margin yang nyaris menyentuh dua digit (13-4). Pada setiap kuarternya, margin itu terus bertambah dan mantapkan keunggulan Freeone.

Di sudut lain, Mandapa seolah tidak punya kesempatan untuk mengejar ketertinggalan. Sekalipun sempat mencetak angka lebih banyak dari torehan Freeone di kuarter ketiga. Selisih yang terlanjur jauh akhirnya meresmikan kemenangan untuk Freeone. Mereka layak untuk melaju ke perempat final.

Mengulas kemenangan ciamik Freeone pada laga keduanya, hadir tangan “wangi” dari salah satu penggawa mereka. Adalah Adhitya Girindra Nur Apriansya, pemain bernomor punggung 11 yang berhasil membukukan 12 poin. Bahkan akurasi tembakannya mencapai 75 persen.

Layak dinantikan bagaimana aksi Freeone pada laga berikutnya.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMAN 1 Karawang vs MAN 2 Kota Bogor

SMA Regina Pacis Bogor vs SMAN 8 Bekasi (PUTRA)

Kampiun DBL West Java 2019 harus pulang lebih cepat. Kekalahan mereka kali ini seolah memberi sinyal bahwa era SMA Regina Pacis Bogor (Recis) memang telah usai. Pasalnya mereka baru saja tumbang di fase Sweet Sixteen atas SMAN 8 Bekasi (Delapan). Di mana skor berakhir 29-24.

Tertinggal lima angka saja menjadi bukti bahwa kekalahan Recis bukan tanpa perlawanan. Delapan sempat unggul pada dua kuarter awal dan Recis tiba-tiba berbalik unggul di kuarter ketiga. 

Hingga jual beli serangan hadir di kuarter pemungkas. Hanya ada 10 menit waktu tersisa untuk menentukan siapa yang lebih layak terbang ke fase berikutnya. 

Sempat imbang (22-22) di dua menit waktu tersisa, beruntung permainan solid dari para penggawa Delapan membuat mereka mampu menambahkan pundi-pundi angka sekaligus mantapkan kemenangan. 

Recis pun hanya bisa merelakan tiket perempat final jatuh ke tangan lawan. Sembari berbenah untuk musim depan. Tetap semangat Recis!

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMA Regina Pacis Bogor vs SMAN 8 Bekasi

SMA YPHB vs SMAN 7 Bogor (PUTRI)

SMA YPHB harus mengakui ketangguhan skuad putri SMAN 7 Bogor (Sieben). Pada laga keduanya, YPHB menelan kekalahan dengan skor akhir 27-17. Dengan ini, dipastikan Sieben menjadi skuad putri selanjutnya yang beranjak ke perempat final atau Big Eight.

Sejak awal, Sieben memang berada dalam posisi unggul. Namun, YPHB terus mendesak. Mereka juga ingin mengamankan kemenangan. Namun, Sieben sebagai semifinalis musim lalu tentu tak ingin membiarkan hal itu terjadi begitu saja.

Meski dengan margin yang tidak pernah lebih dari 11 angka, Sieben bersikeras menjaganya dengan sangat baik. Hanya demi kemenangan dan satu tempat di fase Big Eight. Beruntung, aksi ciamik dari tim besutan Nurian Samsi itu membuahkan kemenangan.

Tak ada yang mencolok dari laga ini. Semua pemain Sieben melakukan tugasnya masing-masing dengan maksimal. Dan membuahkan hasil baik pada laga perdananya. Sekaligus makin dekat dengan tangga juara.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMA YPHB vs SMAN 7 Bogor

 

SMAN 7 Bogor vs SMAN 3 Cibinong (PUTRA)

Gagal kompak amankan kemenangan bersama srikandinya, skuad putra SMAN 7 Bogor harus mengakui ketangguhan dari SMAN 3 Cibinong atau Smanic. Hadirnya Smanic sebagai tim debutan memang cukup mengejutkan. Pasalnya mereka sempat meraih kemenangan manis atas laga sebelumnya. 

Pun pada pertandingan keduanya. Berhadapan dengan tim tuan rumah, SMAN 7 Bogor (Sieben), skuad Smanic mampu menutup laga dengan skor 30-21. Sekaligus membuahkan tiket Big Eight bagi mereka.

Perjalanan luar biasa. Mereka adalah bukti bahwa tim debutan juga layak untuk diperhitungkan. Walaupun pertandingan ini tak sepenuhnya berjalan mulus, lantaran Sieben sempat beberapa kali memangkas margin,  namun Smanic menuntaskannya dengan baik.

Yusuf Firdaus juga jadi pembeda dari laga ini. Di mana pemain bernomor punggung 16 itu bermain selama 33 menit dan nyaris menorehkan dobel-dobel. Forward Smanic itu menyumbangkan 9 rebound dan 8 poin dalam satu pertandingan saja.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMAN 7 Bogor vs SMAN 3 Cibinong

SMAN 12 Bekasi vs SMAN 8 Bogor (PUTRI)

Laga penutup yang luar biasa dari skuad putri SMAN 12 Bekasi (Dubes). Mereka berhasil membalaskan kekalahan tim putranya dengan menumbangkan SMAN 8 Bogor (Astha) dengan kemenangan telak 43-5.

Skuad asuhan Novel Marthin Soedira benar-benar tak terbendung. Setelah menghentikan laju SMAN 10 Bogor pada laga perdananya, kini mereka tak segan memulangkan tim tuan rumah untuk kedua kalinya.

Permainan yang cukup efektif menjadi kunci kemenangan Dubes kali ini. Dari 50 kali percobaan ke arah ring, 21 di antaranya berhasil dikonversi menjadi angka. Bahkan 40 di antaranya merupakan points in the paint, yang berarti Dubes suka dengan poin pasti.

Ditambah satu pemain mereka begitu mencolok. Adalah Milinka Chelsea Julieta Soedira. Gadis cantik dengan nomor punggung empat itu berhasil menyumbangkan 15 angka, meski hanya bermain dengan catatan waktu 23 menit. Kemenangan ini juga membawa Dubes melaju ke fase Big Eight.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

LINK HONDA DBL WITH KOPI GOOD DAY 2024 WEST JAVA-WEST

SMAN 12 Bekasi vs SMAN 8 Bogor

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi !!DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java
Rela “Turun Gunung” Demi Lengkapi Formasi Basket Trimurti
Azalia dan Josiah Oracel, Kakak-adik dari Charis Kompak Basketan Sejak Kecil!
Hasil DBL Bogor: Putri Dubes Menang Telak, Recis Harus Tumbang
Hasil DBL Bandung: Santo Aloysius SA dan Smansa Cimahi Nyaris Overtime!