Tim putri SMA Gloria 1 Surabaya sukses mempertahankan takhtanya sebagai ratu DBL East Java! Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java menandai kali kelima srikandi Gloria 1 meraih gelar Champion. 

Meski begitu, laga puncak musim ini tampaknya berlangsung lebih menantang bagi mereka. Sebab, skuad asuhan Desandrew Pudyo Tinoto Adiwidjaja ini justru sempat kewalahan menghadapi rival bebuyutan, SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui), hingga pertandingan berlanjut ke babak overtime

Tak ingin menyerahkan kursi singgasana dengan mudah. Putri Gloria 1 mulai bermain lebih tenang dan memanfaatkan setiap momentum dengan baik. Hingga buzzer berbunyi, Gloria 1 sukses membalikkan keadaan dengan hasil akhir 60-53. 

Kebahagiaan seketika meluap dari setiap elemen Gloria 1. Termasuk para guru yang hadir secara langsung untuk menunjukkan dukungan bagi putri-putrinya yang tengah berjuang. 

Tidak sekadar menonton. Gelaran Final Party DBL East Java 2024 pun melibatkan para guru untuk menjadi pendamping saat pemanggilan roster. 

Sebagai Waka Bidang Kesiswaan SMA Gloria 1 Surabaya, Diego Alfonso Skhuravijz menyambut baik adanya aksi ini. Dirinya begitu mengapresiasi langkah DBL Indonesia untuk menyorot pentingnya peran guru. 

“Ini bagus karena DBL punya inisiatif. Kemarin kan orang tua, terus sempet terkejut kok sekarang gurunya disuruh dampingi. Berarti, artinya guru itu juga menggantikan peran orang tua ketika di sekolah. Saya sangat mengapresiasi DBL untuk melakukan hal baru,” ungkap pria yang akrab disapa Diego. 

Ia lebih lanjut menuturkan bahwa kedatangan sejumlah guru di Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java dipilih secara langsung oleh student athlete yang berlaga. Kebanyakan dari guru tersebut merupakan sosok wali kelas yang memiliki kedekatan dengan siswanya. 

“Beberapa ini adalah wali kelas. Jadi, guru-guru yang mendampingi ini setiap harinya ketemu, terus ngontrol mereka. Kalo ada apa-apa, mereka juga ngabarin ke wali kelas,” beber sosok yang juga seorang guru matematika. 

Baca juga: Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java

Sementara, kehadiran Diego sendiri untuk mendampingi Shannon Dominique Susila. Meski bukan sebagai wali kelas, keduanya ternyata sering berinteraksi untuk urusan perizinan. 

“Saya belum pernah mengajar Shannon secara langsung. Tapi, biasanya kalo anak-anak izin kan pasti ke saya, jadi selalu ketemu untuk masalah izin,” tutur Diego.

“Shannon itu anak yang baik, sopan, ceria, ramah juga sama guru. Dia punya temen yang banyak. Kalo di kelas, dia anak yang rajin juga,” lanjutnya. 

Tak hanya Shannon, ia turut memuji semangat tinggi yang dimiliki setiap pemain Gloria 1. Di tengah padatnya jadwal latihan, mereka tidak meninggalkan kewajiban utama sebagai siswa. 

“Anak-anak ini kalo dilihat memang sekolahnya iya, terus basketnya juga iya. Saya lihat sendiri mereka latihan sampe malem terus harus bangun pagi untuk sekolah. Saya rasa basket ini bukan dimanfaatkan mereka untuk nggak ikut belajar, tapi justru mereka tetep mau belajar dan basket,” ujar Diego. 

Diego tak menampik, ajang kompetisi memang kerap menyita waktu para student athlete. Oleh karena itu, pihak SMA Gloria 1 Surabaya pun berkomitmen terus menunjukkan sisi suportifnya dengan meluangkan waktu untuk sesi bimbingan belajar. 

“Untuk anak-anak basket, sekolah pasti akan dukung dalam hal akademiknya. Biasanya, setelah DBL selesai, kita adakan bimbingan khusus untuk anak-anak yang tertinggal. Nggak cuma basket aja, anak suporter juga,” terang Diego. 

“Kita biasanya udah jadwalin, sih. Misalnya, Senin sampai Jumat udah ada jadwal beserta pelajarannya apa aja. Nanti, anak-anak tinggal masuk ke kelasnya,” tambahnya. 

Sebagai seorang guru, Diego pasti berharap yang terbaik untuk karier murid-muridnya, baik sebagai pelajar maupun atlet. Ia bahkan telah menyiapkan sebuah wejangan bagi putri Gloria 1. 

“Harapannya supaya anak-anak tetep rendah hati. Bermain bagus, sportif, hargai tim lawan, dan berusaha untuk terus bekerja keras. Semuanya bukan karena mereka kuat, tapi karena Tuhan,” tutupnya. 

Baca juga: Berikut Daftar Kopi Good Day First Team & Second Team Putri DBL East Java 2024

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

 

Populer

Sukses Revans, DBL East Java Masih Milik Sinlui!
Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java
Al-Maruf Segel Gelar Juara DBL East Jakarta Pertama Kalinya!
Berikut Daftar Kopi Good Day First Team & Second Team Putra DBL East Java 2024
Nominasi First Team and Second Team Putri DBL East Java 2024