Daftar Laga Final Paling Mendebarkan Sepanjang DBL East Java

| Penulis : 

Sudah dua dekade kota kelahiran DBL Indonesia menggelar Honda DBL East Java. Berawal dari Surabaya, kini terpecah ke dalam empat region, di antaranya North Region (Surabaya), South Region (Malang), East Region (Jember), dan West Region (Madiun).

Pada akhirnya, semua tim terbaik dari masing-masing region selalu berkumpul di Surabaya untuk menjalani laga final. Sejak 2008, DBL Arena Surabaya selalu menjadi saksi atas perjuangan dan sejarah-sejarah baru yang tercipta.

Perebutan kursi terbaik di Jawa Timur selalu emosional. Mengingat hanya ada satu langkah terakhir yang harus dilewati jika mereka sudah sampai ke partai final. 

Sebelum beranjak ke pertempuran terakhir Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java, mari kita simak lebih dulu daftar laga final paling mendebarkan sepanjang DBL East Java.

DBL East Java 2021 - SMA St Louis 1 Surabaya vs SMAN 2 Surabaya

SMA St Louis 1 Surabaya resmikan three-peat. Setelah melewati laga panjang yang mendebarkan, mereka akhirnya menggagalkan niat SMAN 2 Surabaya yang ingin menghancurkan singgasananya dengan kemenangan tipis 65-63.

SMAN 2 Surabaya (Smada) sempat tancap gas lebih dulu dan membuat SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui) kewalahan. Banyaknya peluang yang terbuang sia-sia membuat Smada unggul 33-32 hingga penghujung paruh pertama.

Pertarungan makin sengit usai jeda turun minum. Beberapa momentum dari tubuh Sinlui baru terjadi di kuarter ketiga. Membuat mereka melesat dan berbalik unggul 49-46 di kuarter ketiga.

Baca Juga: Daftar Pemanggilan Pemain Paling Fenomenal di Partai Final DBL East Java

Kuarter pemungkas adalah puncaknya. Dua menit terakhir terasa begitu panjang. Terlebih skor kedua tim sempat imbang 60-60. Saling berbalas poin tersaji. Smada sempat unggul tipis dan nyaris merebut takhta Sinlui. 

Hingga penetrasi apik dari Anthonny Neuville Leonardo yang diakhiri dengan lay up manis membuat Sinlui unggul hingga akhir pertandingan. What a game?!

DBL East Java 2016 - SMA St Louis 1 Surabaya vs SMAN 1 Blitar

Patahnya dominasi North Region. SMAN 1 Blitar (Smasa Blitar) merupakan salah satu tim yang berhasil menumbangkan sang tim unggulan Surabaya, SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui).

Tak tanggung-tanggung, Smasa Blitar sukses menggulingkan dinasti Sinlui yang baru mereka bangun kembali sejak musim sebelumnya. Smasa Blitar menutup laga puncak dengan skor 65-63 dan dinobatkan sebagai kampiun DBL East Java 2016.

Kemenangan ini begitu luar biasa, karena Smasa Blitar sempat tertinggal 11-0 di kuarter pertama. Mereka mulai melesat di kuarter kedua, bahkan melesat sangat jauh. Membuat margin yang semua 11 angka, kini hanya tertinggal 4 angka (27-23).

Kuarter ketiga, kedua tim makin menggila. Saling menunjukkan kualitasnya sebagai finalis. Saling berbalas poin dan saling berbalas keunggulan, kuarter ketiga justru berakhir imbang 44-44.

Lagi-lagi tensi di kuarter pemungkas seketika memanas. Menjadi 10 menit terakhir yang paling mendebarkan. Tak kenal lelah, tak mau kalah. Sisa-sisa tenaga telah dikeluarkan hingga akhirnya dewi fortuna berpihak di tubuh Smansa Blitar.

Baca Juga: Nostalgia Sambil Nribun, Berikut Persembahan Karya “Lawas” Suporter DBL!

Kemenangan ini menjadi sejarah baru untuk gelaran DBL East Java. Pasalnya dominasi North Region kembali runtuh setelah enam musim tak terkalahkan. 

DBL East Java 2012 - SMAN 9 Surabaya vs SMA Kolese Santo Yusup Malang

Kembali catatkan sejarah. Setelah sembilan tahun berpatisipasi, alias tak pernah absen dari gelaran DBL East Java, skuad putra SMAN 9 Surabaya (Sembilan) terbang ke partai final bahkan sampai mengunci gelar kampiun DBL East Java 2012.

Hasil itu dipastikan usai membungkam barisan penggawa SMA Kolese Santo Yusup Malang (Kosayu) dengan kemenangan tipis 62-60. Hanya berjarak satu bola saja.

Sejatinya, Sembilan unggul lebih dulu di paruh pertama. Bahkan mereka berhasil menciptakan margin 10 poin di kuarter kedua. Pasca jeda turun minum, Sembilan justru mengendur. Skuad Kosayu perlahan memangkas margin sampai tak tersisa. Menjadi imbang 60-60.

Detik-detik terakhir yang menegangkan. Sembilan seolah menolak babak overtime. Pasalnya, salah satu pemain mereka berhasil melesatkan tembakan dua angka dan terkonversi menjadi poin. 

Poin penyelamat yang membawa Sembilan ikut catatkan namanya dalam barisan pemenang DBL East Java. Hingga saat ini, pertandingan SMAN 9 Surabaya versus SMA Kolese Santo Yusup Malang masih menjadi yang paling mendebarkan.

Baca Juga: Fakta Unik di Balik Barisan Maskot DBL Surabaya, Mana Favoritmu?

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Nominasi First Team and Second Team Putri DBL East Java 2024
Kenalan Sama Yofa Dinariska, Kepsek SMA Al-Maruf yang Selalu Nribun di DBL!
Ssttt…Richie Betrand Bocorkan Rahasia Dapur Gloria 1, Sinlui Wajib Tahu!
Kennard Austin Siap Jadi Saksi Gloria 1 Rebut Title Raja dan Ratu DBL East Java
Azalia dan Josiah Oracel, Kakak-adik dari Charis Kompak Basketan Sejak Kecil!