ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ritual Gloria 1 sebelum dan pasca bertanding di sepanjang gelaran DBL East Java

Gloria 1 lagi, Gloria 1 lagi!

Mungkin sebagian besar orang telah memprediksi bahwa SMA Gloria 1 Surabaya akan kembali melaju ke Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java. Lantaran mereka baru saja mengawinkan gelar juara bersama tim putrinya di tingkat regional.

Dan sesuai prediksi. Gloria 1 benar-benar mengirimkan skuad putra-putrinya ke Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java. Dari yang tak biasa, kini seolah menjadi fenomena yang biasa terjadi. 

Padahal baru dua musim terakhir tim basket putra dan putri Gloria 1 rutin menyambangi partai puncak bersama srikandinya. Beberapa musim sebelumnya, hanya tim putri mereka yang tak pernah absen dari panggung Final Party. 

Sebenarnya, skuad putra Gloria 1 juga menjadi tim yang cukup diperhitungkan. Hanya saja, mereka kurang beruntung di babak penyisihan.

"Menurut saya, skill pemain-pemain yang masuk ke Gloria 1 itu sudah di atas rata-rata pemain SMA. Malah selalu punya potensi buat sampai ke babak final. Ya mungkin belum rezeki aja di tahun-tahun sebelumnya," kata Richie Betrand Linardi, alumnus Gloria 1. 

Richie Betrand
Potret Richie Betrand saat bertanding di Final Party DBL East Java Series 2023 melawan SMA St Louis 1 Surabaya

Entah apakah ini yang dinamakan jodoh atau bukan. Gloria 1 selalu dipertemukan dengan rivalnya, SMA St Louis 1 Surabaya. Sejak empat musim terakhir. 

Di mana pada dua musim sebelumnya, kedua tim justru tidak berjumpa di gelaran puncak. Namun masih di babak semifinal dan Sweet Sixteen. Hal itulah yang akhirnya menghambat Gloria 1 untuk terbang lebih jauh.

Sejak musim lalu, Gloria 1 tampaknya lebih beruntung. Mereka tak bersua Sinlui sepanjang fase penyisihan hingga akhirnya pertarungan el clasico terjadi di partai final.

Baca Juga: Kennard Austin Siap Jadi Saksi Gloria 1 Rebut Title Raja dan Ratu DBL East Java

Meski harus berpuas di posisi runner up DBL East Java 2023, segala pengorbanan dan penantian panjang Gloria 1 jadi sorotan. Hingga banyak yang menyadari bahwa Gloria 1 memang layak untuk diwaspadai.

Sementara dari barisan srikandi Gloria 1 memang belum terkalahkan sejak 2019. Sebanyak 30 kemenangan beruntun, belum ada yang bisa mematahkannya.

Segala pencapaian yang diraih anak didik Desandrew Pudyo Tinoto Adiwidjaja tak lepas dari yang namanya konsistensi. Disinggung soal hal tersebut, Richie membocorkan sedikit demi sedikit ‘rahasia dapur’ Gloria 1.

"Sebenarnya Gloria 1 sudah menerapkan latihan yang berbobot dan teratur sih sejak dulu. Program latihan setiap tahun juga sama terus. Ditambah pemain yang masuk ke tim kita juga di atas rata-rata pemain SMA. Tinggal coach Andrew yang memoles mereka jadi lebih jago lagi," buka Richie.

"Cuma, tahun ini saya lihat memang pola permainan dari Gloria 1 ada sedikit perubahan. Set play mereka mulai ada bentuknya. Beberapa senior juga ada pengalaman final tahun lalu. Jadi mentalitas mereka juga sudah terbentuk," imbuhnya, mengenai permainan Gloria 1 di final DBL East Java-North 2024.

Baca Juga: Queenie Xaveria Yakin Putri Sinlui Bisa Comeback, Rebut Juara DBL East Java

Mungkin sebagian besar orang hanya peduli hasil akhirnya. Tanpa melihat bagaimana perjuangan mereka jauh sebelum mencapai titik ini.

"Proses seleksi yang dijalankan sampai dapat tim yang solid itu lumayan lama. Coach Andrew itu mencari pemain-pemain yang smart. Punya jiwa yang hustle atau willing to sacrifice himself for the team," bongkar Richie.

"Kayak mencari pemain yang ada keinginan untuk rebound the ball, aggressive defense, dan selalu ‘lapar’ buat mendapatkan bola," imbuhnya.

Kata Richie, coach Andrew juga memprioritaskan senioritas. Mereka yang sudah senior bakal punya kesempatan lebih besar untuk gabung lagi ke tim. "Tapi kita tetap ada seleksi ya," ujar Richi ketika membahas bagaimana Gloria 1 menemukan formasi terbaiknya.

Setelah melewati proses "racik" yang cukup lama, lahirlah skuad Gloria 1 yang begitu dikenal dengan pola permainan timnya. Juga hustle sepanjang pertandingan masih berlangsung.

"Kita ada standarisasi mungkin ya. Itu juga lahir dari inisiatif sendiri. Anak-anak yang merasa kurang, akan terus berlatih dan mengejar. Biar sama jagonya kayak yang lain," ungkap pemain yang sempat dinobatkan sebagai DBL Indonesia All-Star 2024 itu.

Yang selalu diingat Richie, coach Andrew juga selalu nge-push anak-anak untuk lebih baik lagi. "Jujur sampai aku kaget lihat mereka waktu final kemarin. Work ethic-nya anak-anak sih bagus banget kalau kataku,” lanjutnya.

Richie Betrand Linardi
Dokumentasi Richie Betrand berpelukan dengan satu per satu pemain SMA Gloria 1 Surabaya pasca memenangkan Final Party DBL East Java-North 2024 lalu

Bicara soal solidaritas dan kekompakan Gloria 1, ada beragam cara yang mereka lakukan untuk bonding pemain. Salah satunya lewat program training camp.

“Ya awalnya basic lah. Bonding kita mungkin kayak tim lain yang makan bareng habis latihan. Selebihnya, lewat training camp. Setiap tahun kita selalu mengadakan training camp dengan destinasi yang berbeda.”

Richie dulu aku sempat ikut training camp ke Malang dan Bali. Ia juga pernah ikut ke Jogja. "Selama di sana ya kita latih tanding gitu, sama bonding time. Banyak cara buat mempersatukan satu sama lain. Dan setiap tim pasti punya caranya masing-masing,” pungkas pemain yang kini menempuh pendidikan di Universitas Surabaya itu.

Baca Juga: Sinlui Lagi-Lagi Menyambangi Final DBL East Java, Ini Kata Cliffton Wijaya

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Jadwal dan hasil pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship akan di-update secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soalesports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di duniaKPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY