ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Energik dan riang jadi dua kata yang bisa mendeskripsikan sosok Kepala Sekolah SMA Al-Ma'ruf Jakarta, Yofa Dinariska, ketika memimpin suporter dalam mendukung tim basketnya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Jakarta. Ya, begitulah Yofa yang hadir begitu akrab saat mendampingi murid-muridnya. 

Menjabat sebagai kepala sekolah SMA Al-Ma'ruf sejak 2018, Yofa senantiasa menemani perjalanan yang ditempuh oleh tim basket Ababil (sebutan SMA Al-Ma'ruf). Ia pun setia untuk berada di tribune dan menyuarakan dukungannya terhadap tim sekolahnya. 

"Dari pertama kali ikut DBL, saya sudah ada di tribun Al-Ma'ruf, dan selalu setia buat anak-anak Al-Ma'ruf," kata Yofa selepas laga semifinal SMA Al-Ma'ruf vs SMA Labschool Jakarta (Pemoeda), pada Rabu, 9 Oktober 2024, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun.

Baca juga: Sapta Eka ke Final Jakarta Timur Lagi, Masih Ada PR Ini...

Berbeda dari beberapa kepala sekolah lainnya yang memilih untuk mendukung dengan cara lain, tetapi Yofa memilih untuk datang ke GOR. Ia merasa bahwa anak-anak membutuhkan sosok kehadiran guru secara langsung.

"Harus selalu mendukung anak-anak. Anak-anak bukan hanya butuh dukungan dari orang tua, tapi gurunya juga. Mereka menantikan gurunya hadir, dan saya berada di situ bersama suporter, menyemangati suporter, menjaga suporter, sekaligus menyemangati anak-anak supaya menang menjadi juara," ujarnya.

Sebagai kepala sekolah, tak hanya memiliki peran dalam mendampingi murid-muridnya agar pintar secara akademik maupun non-akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter. Hal ini tampak pada murid-murid SMA Al-Ma'ruf, selain rutin latihan serta bermain basket, tak lupa membuat para pemain Ababil lupa dalam mengembangkan karakter diri.

Yofa mengaku anak-anak didiknya yang bermain basket juga memiliki tingkah laku baik.

"Mereka anak-anak yang hebat, anak basket Al-Ma'ruf bukan anak basket biasa. Mereka tuh anak-anak yang hafalan Qurannya banyak. Mereka anak-anak baik, saleh, tak pernah sedikitpun melawan guru atau apapun. Mereka latihan pun selalu pamit, izin "Bu pamit latihan, bu mau ini", semua mereka pamit, jadi mereka tuh kelihatan salehnya banget di lapangan," sebut kepsek. 

Baca juga: Tebus Catatan Musim Lalu, Al-Maruf Kembali ke Final!

Saat ini, tim putra Ababil kembali mencapai babak final, setelah terakhir kali musim 2022. Kepastian ini didapatkan setelah mengalahkan Pemoeda di babak fantastic four atau semifinal. Pencapaian yang diraih Ababil ini disambut sukacita oleh Yofa selaku kepala sekolah. Ia yang berulang tahun pada bulan September, berharap Ababil bisa keluar sebagai juara.

"Harapan kami, tahun ini kita jadi juara. Dan saya bilang ke anak-anak, saya ulang tahun di bulang September, saya gak pernah minta kado sama anak saya. Saya minta kado buat saya adalah kalian jadi juara di DBL Jakarta Timur," jelasnya. 

Ababil akan menghadapi SMAN 21 Jakarta di babak final DBL East Jakarta pada Jumat, 11 Oktober 2024 di GOR Kec. Pulogadung Rawamangun. Dukungan suporter SMA Al-Ma'ruf diperkirakan akan lebih banyak, hal ini dipastikan oleh Yofa.

"Hari ini (kemarin) menggunakan tiga tronton, Insha Allah final kita bawa lima tronton ke sini, sudah siap untuk mendukung teman-temannya di sini," jelasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY