Ketahanan dan kekuatan mentalitas yang dimiliki tim putra SMAN 21 Jakarta (Dust) menjadi kunci keberhasilan dalam melewati babak delapan besar serta semifinal di perhelatan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Jakarta.

Kegigihan serta hasrat lapar untuk juara, membawa Dust terus melaju, hingga akhirnya mereka kembali menginjak babak final DBL East Jakarta pasca penantian enam tahun atau empat musim lalu. 

Enam tahun silam, Dust menjadi raja pada DBL East Jakarta usai mengalahkan SMAN 61 Jakarta (Nasa) saat berjumpa dalam partai final yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun. Enam tahun berselang, Dust kembali bersua Nasa, tetapi dalam babak fantastic four atau semifinal, dan sukses menghentikan perjuangan tim asal Duren Sawit tersebut di tempat yang sama. 

Berkat kemenangan atas Nasa pada Rabu, 9 Oktober 2024, Dust mengamankan satu tempat di babak championship. Waktu tetap bergerak maju, tetapi ikatan kekeluargaan lintas generasi tetap terjaga, hal itu yang terjadi pada Dust kemarin, di mana dukungan juga datang dari tim alumni yang juara di 2018.

Baca juga: Hasil DBL East Jakarta: Ini 4 Tim yang Lolos ke Babak Final!

"Deja vu ya, kebetulan alumni-alumni yang waktu 2018 itu nge-chat. Bring back the crown, balikkan mahkota kita. Jangan sampai diambil sama mereka (Nasa). Jadi, motivasi tersendiri gitu. Ada beberapa alumni yang bilang "Kita tunggu di Bulungan (tempat babak championship). Kita tunggu teman-teman, adik-adik semua di Bulungan". Itu jadi motivasi tersendiri buat saya dan teman-teman. Jadi, benar-benar ga mau tahu, pokoknya gimana caranya, kita balikin cowok lagi untuk berjaya tahun ini," ujar pelatih Dust, Rizqy Almushaddieq, seusai pertandingan Nasa vs Dust. 

Persiapan waktu yang dilakukan untuk mematangkan para petarung Dust pun tak main-main. Diperlukan waktu satu tahun penuh dalam menyiapkan tim.

Bagaimana tidak, kekalahan di babak awal saat musim DBL East Jakarta 2022 dan 2023, tampaknya menjadi pukulan bagi tim putra Dust untuk segera bangkit, di mana mereka sering difavoritkan menjadi salah satu tim kuat di Jakarta Timur.

"Anak-anak udah didoktrin dari sebelum latihan, sampai hari ini pun, kalau engga siap bertanding, pulang. Saya paling gak suka punya pemain yang cengeng, makanya saya tekanin kalau mau mati habis-habisan ya sekarang. Masalah championship itu urusan nanti, karena hari ini (kemarin) benar-benar nentuin. Penantian kita lama, satu tahun persiapan, benar-benar satu tahun untuk tim putra, Alhamdulillah kebayar," kata pelatih berzodiak Taurus itu.

Baca juga: Dust Kembali ke Final DBL Jakarta Timur Setelah Penantian Empat Musim

Kehadiran keluarga serta orang-orang yang disayang dalam laga semifinal turut mengiringi tim Dust. Selepas laga yang melelahkan serta emosional, beberapa pemain Dust serta ofisial menghampiri keluarga yang duduk tribun lalu berpelukan, perasaan kebahagiaan tak bisa ditutupi bersamaan dengan keluarnya air mata.

Rizqy Almushaddieq memeluk Istrinya usai pertandingan Fantastic Four Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Jakarta

Termasuk pasangan Rizqy yang selalu menyempatkan hadir di setiap pertandingan Dust berlangsung. Usai pertandingan semifinal itu, Rizqy langsung menghampiri sumber kekuatan utamanya yang duduk di bangku VIP. 

"Makasih banget untuk istri saya, selalu luangin waktu saat saya bertanding. Biarpun anak saya di rumah, anak saya juga nonton, makasih banget untuk istri, dukung saya terus dalam segala hal. Mau tim saya lagi jelek, lagi bagus, di pertandingan-pertandigan besar dia selalu dampingin," jelas pelatih berusia 38 tahun itu. 

Dust akan menghadapi SMA Al-Maruf Jakarta di partai final DBL East Jakarta yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 11 Oktober 2024, di GOR Rawamangun.  

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Populer

Hasil DBL East Jakarta: Ini 4 Tim yang Lolos ke Babak Final!
Dust Kembali ke Final DBL Jakarta Timur Setelah Penantian Empat Musim
Perjuangan Rizqy Almushaddieq dengan Dust, Akhirnya ke Final Setelah 4 Musim!
Tebus Catatan Musim Lalu, Al-Maruf Kembali ke Final!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Bogor Hari Ini 10 Oktober 2024