Nuansa duka masih menyelimuti penyelenggaraan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship Series. Tepatnya pada pertandingan antara tim putra SMA Gloria 1 Surabaya dan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung (Smariduta). 

Tidak tinggal diam. Pasukan Gloria 1 berinisiatif untuk mengenakan pita hitam pada setiap jersey pemain sebagai bentuk penghormatan atas musibah yang menimpa Smariduta. 

Selepas berlaga, Criston Jonathan Hananta selaku kapten Gloria 1, berbagi cerita tentang aksi solidaritas pada pertandingan Selasa, 8 Oktober 2024. Criston (sapaan karibnya) mengungkapkan bahwa ide untuk aksi tersebut berasal dari usulan sang pelatih.

“Tadi, coach Yogi nyaranin buat pake pita item sebagai bentuk duka buat Smariduta,” tuturnya.

Criston dan rekan-rekannya lantas menyambut baik inisiatif tersebut. Menurut mereka, aksi ini adalah hal terkecil yang setidaknya dapat mereka lakukan untuk menunjukkan rasa empati. 

Criston yang mewakili tim tidak lupa menghaturkan rasa dukanya. Terlebih, sebagai sesama pemain, kesedihan yang dirasakan oleh tim putra Smariduta turut dirasakan oleh seluruh anggota Gloria 1. 

“Turut berduka untuk Smariduta dan guru-gurunya. Semangat terus juga untuk Smariduta,” ungkap Criston. 

Tak hanya dari para pemain, barisan Bluestars (suporter SMA Gloria 1 Surabaya) juga menunjukkan rasa belasungkawa. Aksi tersebut ditunjukkan dengan tidak menabuh alat perkusi sebagai bentuk penghormatan. 

“Pertama kali denger beritanya dari Instagram, kita semua tentunya ikut berduka. Jadi, kita memutuskan untuk respect dengan nggak ada perkusi,” ujar Reyner, capo Bluestars. 

Reyner sendiri tidak mampu menutup rasa kagumnya terhadap para penggawa Smariduta. Di balik musibah yang dialami, mereka tetap mampu menunjukkan performa terbaik selama di lapangan. 

“Mereka mainnya bagus banget. Meskipun dengan keadaan berduka cita, mereka udah main yang terbaik. Mantep banget pokoknya,” kata Reyner. 

Sebagai suporter, Reyner beserta pasukan Bluestars bisa mengiringi dengan doa. Mereka berharap dapat berjumpa kembali dengan para pendukung Smariduta tahun depan, mengingat musim ini seharusnya menjadi perjumpaan kedua mereka. 

“Kita cuma bisa berdoa dan beri semangat. Intinya, jangan patah semangat karena kalian hebat. Semoga tahun depan kita bisa ketemu dan saling dukung,” pungkas Reyner. 

Baca juga: Tiket Semifinal Smariduta untuk Pengorbanan Pak Titis Eswindro

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Populer

Hasil DBL East Jakarta: Ini 4 Tim yang Lolos ke Babak Final!
Dust Kembali ke Final DBL Jakarta Timur Setelah Penantian Empat Musim
Tebus Catatan Musim Lalu, Al-Maruf Kembali ke Final!
Sapta Eka ke Final Jakarta Timur Lagi, Masih Ada PR Ini...
Perjuangan Rizqy Almushaddieq dengan Dust, Akhirnya ke Final Setelah 4 Musim!