Azalea Naysa Queena. Sebuah nama yang tak boleh dilewatkan kala membahas tim putri SMAN 1 Kediri (Smast) 

Bukan tanpa alasan. Cewek yang akrab disapa Naysa ini tidak pernah terlewat dengan sumbangan double digit hingga mengantarkan pasukan Smast meraih gelar Champion Honda DBL 2024 East Java-West. 

Begitu pula ketika tim putri Smast berlaga di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship Series. Kali ini, mereka berkesempatan untuk mencicipi duel melawan SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui), Senin 7 Oktober 2024.

Skuad Sinlui yang terkenal dengan benteng pertahanan begitu kokoh tidak sedikit pun membuat Naysa gentar. Dirinya lagi-lagi mencetakkan dua digit angka. Dari total 26 poin yang dihasilkan putri Smast, 15 di antaranya lahir dari pemain bernomor punggung delapan ini. 

Sayangnya, pencapaian tersebut belum mampu membawa putri Smast ke babak yang lebih tinggi. Langkah mereka terhenti usai ditaklukkan putri Sinlui dengan hasil akhir 59-26. 

Di balik penampilan gemilangnya, siapa sangka sempat tersimpan rasa gugup di dalam diri Naysa. Ia tak menampik nama besar Sinlui menjadi faktor utamanya. 

“Grogi sih mungkin gara-gara udah tahu nama Sinlui. Rebound dan cutting mereka itu lancar dan mulus. Terus, shooting-nya juga bagus,” buka Naysa. 

Namun, bukan hal yang sulit bagi gadis kelahiran 2008 ini untuk dapat segera mengatasi perasaan groginya. Pengalaman bertahun-tahun sebagai student athlete telah membiasakan Naysa dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan.

Mengingat putri Smast yang telah vakum empat musim sebelumnya, tahun ini tentu menjadi kesempatan pertama sekaligus terakhir baginya. Meski begitu, perjalanan Naysa di dunia basket ternyata telah dimulai sejak duduk di bangku sekolah dasar. 

“Aku pertama kali basket itu mulai kelas tiga SD, tapi masih labil antara basket atau renang. Bisa dibilang mulai serius latihannya pas kelas empat SD,” ungkap Naysa. 

“Aku pingin renang soalnya aku pendek jadi biar tinggi. Eh, tapi cuma setinggi ini juga. Akhirnya, aku milih basket karena aku tiga bersaudara dan semua pada basket. Ada dukungan orang tua juga,” lanjutnya. 

Baca juga: Smast, Debutan Sekaligus Ratu Baru Wilayah Madiun!

Dorongan untuk berkiprah di bidang olahraga rupanya tidak lepas dari campur tangan sang ibunda. Bahkan, jauh sebelum terjun ke dunia basket, Naysa ternyata sudah lebih dulu mendalami olahraga lain. Kira-kira, apa ya?

“Dari playgroup bunda pernah nanya mau kegiatan apa buat nambah waktu. Terus, aku tertarik aja sama balet dan akhirnya nyoba, udah sampe level tinggi juga. Tapi, aku tiba-tiba males dan ikut kakak ke basket,” terangnya. 

Latar belakang keluarga yang dekat dengan basket memang menjadi motivasi utamanya untuk menekuni bidang ini. Terlebih, sosok bunda selalu setia mendampingi di setiap lika-liku perjalanannya sebagai student athlete

“Aku sering ngerasa skill naik turun. Kalo skill lagi turun sama bunda nggak dibolehin buat latihan klub karena disuruh buat latihan skill sendiri dulu selama semingguan, terus baru boleh latihan lagi,” cerita cewek berperawakan 159 sentimeter. 

Semangat Naysa untuk terus berkarier sebagai pebasket tidak akan pernah surut. Pun dengan semangat serta optimismenya untuk para adik kelas yang akan melanjutkan perjuangan putri Smast di musim depan. Ia bahkan telah menyiapkan sebuah pesan khusus untuk para penerusnya. 

“Buat adik-adik kelas, semangat latihannya bisa jadi Champion di Championship Series tahun depan. Aku pingin ini jadi motivasi baru terus yang penting mainnya enjoy aja,” tutupnya. 

Terima kasih untuk putri Smast karena telah menunjukkan permainan yang sangat sportif. Jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran berharga untuk menghadapi musim depan. See you on next season, girls!

Baca juga: Vakum 4 Musim Langsung Championship Series, Putri Smast: Expect the Unexpected

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Tiket Semifinal Smariduta untuk Pengorbanan Pak Titis Eswindro
Satu Menit Berarti untuk Mario Bersama Putra Smarihasta di DBL Arena
Hasil DBL East Java Championship: Tim Langganan Final Pulang!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Bogor Hari Ini Selasa 8 Oktober 2024
Mama-Papa Datang dari Papua Demi Dukung Putra yang Melantai di DBL Arena