ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret Yoseph Diaz (setelan hijau gelap) di gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship

Tahun pertama dengan prestasi luar biasa. Kalimat ini layak disematkan untuk Yoseph Diaz.

Manajer tim basket putra dan putri SMA Kolese Santo Yusup Malang itu memulai debutnya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 dengan cerita istimewa.

Pria asal Larantuka itu bangga dedikasinya berbuah manis untuk tim kebanggaan.

Pertandingan Minggu, 6 Oktober 2024 adalah momen berkesan bagi pria yang akrab dipanggil Yoseph itu. Ia berhasil mengantar para penggawa basket Kosayu melantai di lapangan DBL Arena Surabaya.

Putri Kosayu berhasil memastikan langkah mereka melaju ke babak East Java Championship selanjutnya, dengan dominasi penuh atas putri Smada Jember -sebutan tim SMAN 2 Jember- yang dipungkas lewat skor akhir 70-17.

Sementara untuk putra Kosayu, mereka harus menerima kekalahan dengan lapang dada. Gempuran Sinlui -sebutan tim SMA St. Louis 1 Surabaya- tak berhasil dibendung. Gim pertama dan terakhir putra Kosayu usai di angka 28-45.

Selepas laga tersebut, penulis menemui Yoseph. Kami berbincang setelah skuad Kosayu selesai menggelar evaluasi akhir. Obrolan kami seolah menemani suasana lorong ruang ganti DBL Arena yang perlahan sepi.

Mengawali perbincangan, Yoseph mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil ditorehkan dari penampilan perdananya di DBL.

“Saya sangat senang. Kehadiran saya sebagai manajer bisa memberikan nuansa baru untuk basket Kosayu. Apalagi untuk tim putri. Mereka yang awalnya hanya delapan besar, kini bisa bersanding dengan tim putra sebagai juara DBL Malang,” buka Yoseph.

Baca Juga: Musim Ini Kosayu Melejit, Romo Agustinus Lie Bocorkan Rahasianya...

Sebelum mantap mengambil peran manajer, pria kelahiran tahun 1990 itu sempat mengalami kebimbangan. Namun, perasaan tersebut berhasil diatasi, tatkala diberikan kepercayaan dari berbagai pihak. Tentunya dengan target yang jelas.

“Kilas balik ya. Awal memang saya suka basket. Kemudian diminta untuk menjadi manajer pas tahun lalu. Waktu itu juga sempat merombak manajemen dengan mengganti pelatih tim putri. Setelah itu, baru set target baru. Harus juara,” sambungnya.

Peran baru Yoseph sebagai manajer memang diharuskan tanggap dalam menangani administrasi. Soal teknis lapangan dan permainan tim, ia sepenuhnya percaya dengan pelatih dan asisten pelatih. Berangkat dari pola komunikasi yang baik, terbentuklah standar manajemen tim yang optimal pula.

“Saya lebih mengatur soal manajerial secara umum. Seperti administrasi dan kebutuhan pemain. Kalau pemain butuh apa, saya support. Jadi berkat alur koordinasi yang baik, setiap keputusan pelatih dan asisten pelatih, tetap meminta izin dari saya juga. Intinya saling percaya,” lanjut pria berzodiak Gemini itu.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Lapangan Jadi Kado Spesial untuk Louisa Antoinette

Meski begitu, posisi Yoseph sebagai manajer, memang menjadi jembatan komunikasi berbagai pihak, demi kemajuan basket Kosayu. Ia bersyukur bisa mengemban amanah barunya itu.

“Semua berangkat dari kesukaan, saat melihat tim basket Kosayu bertanding. Saya sudah sampaikan ke pelatih dan pemain, jika memang tidak punya basic basket. Tapi saya tetap mau mendukung mereka sebagai manajer,” tandasnya.

Yoseph juga berharap, konsistensi performa tim dapat terus berkembang lewat perannya sebagai manajer. Di samping kekalahan putra Kosayu atas Sinlui, Yoseph siap melanjutkan semangat perjuangan basket Kosayu untuk musim-musim berikutnya.

“Harus belajar dari pengalaman ini. Berarti kita harus upgrade terus, sampai bisa jadi juara Jawa Timur. Kita masih ada waktu tahun depan. Untuk itu, musim besok wajib jadi finalis DBL Malang lagi,” tutupnya dengan mantap.

Tim SMA Kolese Santo Yusup Malang masih memiliki kesempatan untuk bertanding di partai Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship.

Pertemuan mendatang, putri Kosayu akan menghadapi SMA Gloria 1 Surabaya. Apakah langkah Yoseph bersama timnya akan berjalan mulus? Simak perjalanan skuad Kosayu di babak East Java Championship selanjutnya.

Baca Juga: Mama-Papa Datang dari Papua Demi Dukung Putra yang Melantai di DBL Arena

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java Championship merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY