Tangis remaja putri itu pecah begitu buzzer berbunyi. Begitu sekolahnya memastikan meraih gelar juara di kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia. Sekolahnya sukses merebut mahkota "Ratu Basket" di Jawa Timur, regional selatan.

Remaja putri itu adalah Abigail Natalenta Sachi Sukoco. Ia adalah ruki di tim basket putri SMA Kolese Santo Yusup (Kosayu) Malang.

Nama Sachi selama ini cukup dikenal di circle basket pelajar. Karena prestasinya. Karena dukungan keluarganya.

Sachi begitu ia biasa disapa memang malang melintang mengikuti kompetisi basket kelompok umur. Bahkan sejak ia masih di tingkat sekolah dasar (SD).

Bukan sekadar ikutan. Tapi di banyak turnamen atau kompetisi itu, Sachi kerap meraih prestasi. Baik individu maupun tim.

Sachi juga cukup dikenal karena dukungan keluarganya. Dari ayah dan ibunya. Dari kakek dan neneknya. Mereka kerap nonton ketika Sachi bertanding.

Tangis Sachi pecah ketika Kosayu meraih juara Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South (DBL Malang), Kamis 26 September 2024.

Air mata itu tak terbendung bukan sekadar tangis bahagia. Tapi ada tangis kesedihan karena di momen luar biasa itu ada yang kurang lengkap. Tak ada lagi Kung (kakek) yang selama ini sangat memimpinkan cucu pertamanya itu bisa bermain di DBL.

Baca Juga: Putri Kosayu Kembalikan Titel Juara DBL Malang!

Ya kakek Sachi, Bambang Sukotjo, memang sudah tiada. April lalu meninggalkan semua.

"Papa waktu itu sempat bilang, ingin sekali melihat Sachi main di DBL. Semua tahu DBL ada kompetisi paling bergengsi untuk pelajar di Indonesia," ujar Prasetya Citra Sukoco, ayah dari Sachi. Putra pertama dari mendiang Bambang Sukotjo.

Sukoco Family adalah keluarga basket. Mendiang Bambang Sukotjo pernah aktif bermain basket sampai kemudian dipercaya menjadi  Bendahara Perbasi Kabupaten Malang.

Sementara Citra -sapaan Prasetya Citra Sukoco- merupakan mantan pemain basket yang kini aktif melatih. Ia juga menjadi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Kosayu.

Citra juga pernah beberapa tahun lamanya didapuk menjadi pelatih SMA Kosayu. Alumnus pendidikan olahraga Universitas Negeri Malang (UM) itu menahkodai tim basket Kosayu dari 2007 hingga 2021.

Coach Citra sukses membawa tim putri Kosayu jadi Champion pada musim 2009 dan 2010. Ia juga pernah membawa tim putra Kosayu meraih gelar juara di 2012 dan runner up di 2016.

Setelah 10 tahun puasa gelar, akhirnya srikandri Kosayu akhirnya berhasil kembali merebut tahta. Bahkan sekaligus kawin gelar dengan tim putranya.

Di laga final, Sachi bahkan mencuri perhatian dengan mencatatkan sebagai salah satu top poin.

Baca Juga: Kosayu Sukses Kawin Gelar di DBL Malang!


Coach Citra dan keluarga kecilnya selalu berupaya melihat dan mendukung langsung Sachi saat bertanding basket.

Coach Citra bilang, Sachi begitu bahagia dan haru ketika ia tak sekadar bisa bermain di DBL. Tapi juga bisa mencatatkan prestasi. Membawa sekolahnya mengakhiri puasa gelar juara.

"Dia haru karena dia teringat papa. 'Coba ada Kung, pasti dia bahagia'," kata coach Citra menirukan ucapan anaknya.

Sang kakek memang selalu berupaya mendampingi Sachi ketika mengikuti kompetisi. Sekalipun harus pergi ke luar kota Malang. Semangatnya mendukung cucunya luar biasa. Meski usia dan fisiknya yang tak lagi muda.


Perjalanan luar kota sudah biasa dilakoni mendiang Bambang Sukotjo untuk mendampingi Sachi bermain basket.

Sebelum perhelatan DBL Malang, Sachi dan keluarganya menyempatkan nyekar (pergi makam) kakeknya. Di sana ia mendoakan kakek. Tentu sambil "mengirimkan pesan" bahwa Sachi sudah bisa mewujudkan mimpi Pak Sukoco: main di DBL.

Cerita Sachi merupakan satu dari ribuan kisah anak muda di Indonesia yang coba meraih mimpinya lewat kompetisi DBL. Kisah Sachi ini masih berlanjut di Serial "Sukoco Family dan Kecintaannya pada Basket" yang akan tayang di DBL.id

Selain DBL Malang, Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Populer

Sinlui Penuh Amarah Hingga Ancaman Putra Kosayu
Hasil DBL East Jakarta: Jaminan Finalis Baru di 2024!
Hasil Drawing DBL East Java Championship: Duel Panas Tim Terbaik Jawa Timur
Era Sinlui Runtuh! Gloria 1 Raja Baru DBL Surabaya!
Berikut Daftar Tim yang Berpartisipasi di DBL East Java Championship 2024