ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sosok Agung Sunarko (kiri), Al Izza Keita Willy Pribadi (tengah), dan Lindawati (kanan) dalam Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North menjadi saksi atas kebahagiaan yang dirasakan tim putra SMA Gloria 1 Surabaya. Pasalnya, mereka sukses menuntaskan aksi revans yang ditujukan untuk sang juara bertahan, SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui).

Tak main-main, pasukan Gloria 1 berhasil menundukkan Sinlui dengan hasil akhir yang mengesankan, 59-77. Nggak cuma itu, pencapaian tersebut juga melengkapi titel Champion yang telah lebih dulu diraih tim putri Gloria 1. Ya, kawin gelar untuk kali pertama diraih tim putra dan putri Gloria 1 sepanjang keikutsertaan mereka di kompetisi ini.

Selain para pemain, luapan kebahagiaan juga turut dirasakan oleh setiap orang tua yang hadir di DBL Arena Surabaya. Musim ini memang terasa lebih spesial. Tidak hanya menonton dari tribun, para orang tua pun dilibatkan secara langsung sebagai pendamping saat pemanggilan starting line up

Di tengah kerumunan orang tua yang asyik berbincang di lapangan selepas selebrasi kemenangan, mata kami menangkap sosok yang familiar. Saat didekati, ternyata benar. Dia tidak lain dan tidak bukan adalah salah satu legenda basket Indonesia   

Agung Sunarko. Namanya sudah tidak asing di antara pecinta basket Indonesia era 2000-an. Pria yang akrab dengan panggilan Asun ini pernah berjaya bersama Satria Muda dengan meraih tujuh gelar juara Indonesian Basketball League. 

Memutuskan pensiun di tahun 2014, dirinya tetap berkontribusi di dunia yang sudah membesarkan namanya ini. Asun pun mencoba suasana baru dengan menjadi pelatih di klub hingga sekolah.

SMAN 9 Surabaya menjadi salah satu sekolah yang sempat berada di bahwa arahannya. Meski tidak lagi bersama, rutinitasnya sebagai pelatih masih dilakoni hingga kini. 

Namun, kedatangannya di DBL Arena malam itu tentu bukan sebagai nahkoda tim, apalagi pemain. Kemunculan Asun semata-mata untuk memberi dukungan kepada sang putra tercinta, Al Izza Keita Willy Pribadi, yang berada dalam barisan Gloria 1. 

Ketika dihampiri, sosoknya begitu hangat. Tanpa basa-basi, Asun langsung menyambut ajakan kami untuk berbincang. 

“Kedua tim ini saling mengalahkan. Jadi, ini dibutuhkan siapa yang siap mental dan segalanya untuk ambil game hari ini,” bukanya.

Mengenai hasil akhir, Asun dengan gamblang menuturkan dirinya sudah memprediksi sejak awal. Pandangannya benar-benar terpaku ke lapangan, seolah tidak ingin melewatkan kuarter demi kuarter yang berjalan. 

“Sudah saya prediksi dari awal nonton tadi, kayaknya Gloria 1 lebih dominan. Pastinya seneng, selain anak saya di situ, saya pikir kemenangan ini untuk semua. Apalagi, ini game yang bener-bener tight dan seru banget, lah,” ungkap Asun. 

Sudah menjadi rahasia umum jika duel antara Sinlui dan Gloria 1 tidak pernah tidak berlangsung sengit. Apalagi, mengingat pasukan Gloria 1 yang haus akan pencapaian lebih tinggi. 

Meski begitu, Asun mengaku tidak ada wejangan khusus yang diberikan sebelum melepas putranya bertempur di lapangan. Baginya, ketenangan dan menekan ego masing-masing menjadi kunci penting demi mencapai tujuan bersama. 

Baca juga: Laga Klasik Tuntas, Gloria 1 Ratu DBL Surabaya!

Obrolan masih berlanjut. Tak jarang kami harus mengeraskan suara karena perbincangan yang berlangsung di tengah hiruk-pikuk perayaan kemenangan. Alih-alih ingin cepat menyudahi, keterbukaan Asun terhadap setiap pertanyaan yang muncul justru membawa topik kami semakin dalam. 

Kami tentu penasaran dengan alasan utama Asun mempercayakan Gloria 1 sebagai pilihan yang tepat untuk pendidikan buah hatinya. Rupanya, keputusan itu tidak diambil Asun seorang diri. Sang putra juga dilibatkan karena pilihan ini berhubungan dengan masa depannya. 

“Kita serahkan semua ke anaknya karena yang ngejalanin kan anaknya. Memang sebelum ke Gloria 1, banyak tawaran ke sekolah lain. Setelah saya pertimbangkan dengan anaknya, saya coba breakdown fokusnya ke mana,” tutur lelaki yang pernah meraih juara SEABA 1996. 

“Pertama pasti pelajaran, kedua memang anaknya seneng basket. Tapi, dengan risiko jarak rumah yang sampe 45 menit perjalanan. Saya bilang kalo kamu harus berkorban di jarak yang jauh, jangan sampai sia-sia dan harus totalitas,” lanjutnya. 

Seperti yang telah diketahui, SMA Gloria 1 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang berbasis agama. Menanggapi hal ini, Asun menyampaikan rasa syukurnya atas toleransi tinggi yang diberikan pihak sekolah. 

“Awalnya kita belum tahu. Tapi, setelah saya coba masuk ke dalam, ngobrol dengan kepala sekolah, terus ngobrol juga sama coach Andrew yang temen saya, mereka begitu menghormati kita. Kalo waktunya sholat, ya disuruh sholat. Intinya, mereka itu global,” beber Asun. 

Sebagai orang tua, Asun tentu merasa bangga atas prestasi yang diraih putranya bersama almamater tercinta. Ia ingin agar anaknya terus menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap pilihan yang telah dibuat. 

“Semua orang tua itu pasti pingin lihat anaknya latihan yang bener, kalo saya itu sih. Saya bilang kamu sama pelatih harus respect, tanggung jawab, disipilin, nggak boleh males-malesan. Nanti, masalah juara itu bonus,” ungkapnya. 

Asun pun tak lupa menyelipkan harapan untuk tim basket Gloria 1. Tak dapat dipungkiri, Honda DBL 2024 East Java-North memang menjadi milik tim asuhan Desandrew Pudyo. Namun, menurut Asun, mempertahankan prestasi tersebut merupakan tantangan baru bagi Gloria 1. 

“Harapannya konsisten, terutama di setiap game. Tim Gloria harus sesuai karakter yang telah mereka bentuk. Nanti, siapapun lawannya, karakter Gloria harus terus seperti standar itu,” tutup Asun. 

Baca juga: Datang Dari Bali, Sri Astuti Bangga Bisa Dampingi Putrinya Tampil di Final Party

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY