Lagi-lagi Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North dihuni oleh dua tim unggulan Surabaya, yakni SMA St Louis 1 Surabaya dan SMA Gloria 1 Surabaya. Pertandingan ini merupakan laga ulangan baik dari sektor putra maupun putri.

Pertemuan SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui) dan Gloria 1 memang selalu ketat dan menakjubkan. Walau bukan di laga final sekalipun. Mengulas balik kejadian “final dini” antara keduanya yang justru tersaji pada babak Sweet Sixteen DBL East Java-North 2022. 

Kala itu, pertandingan Sinlui melawan Gloria 1 dari sektor putra berlangsung ketat sepanjang waktu berjalan. Bahkan hampir saja menggulingkan masa kejayaan Sinlui yang telah dibangun selama tiga musim lamanya. Lantaran pertandingan berakhir dengan skor tipis 47-46. Kemenangan tipis untuk Sinlui.

Pun dari sektor putri. Kedua tim ini terakhir berjumpa di laga puncak pada DBL East Java Series 2021. Yang mana kemenangan berada di tangan Gloria 1. Kemenangan yang membawa mereka mampu mengamankan empat kemenangan beruntun hingga musim kemarin.

Hingga saat ini, rekor kemenangan Gloria 1 untuk sektor putri belum ada yang mematahkan. Mereka belum terkalahkan sejak DBL East Java Series 2019. Sedangkan dari kubu putra, rekor kemenangan Sinlui justru lebih panjang. Mereka tak terbendung sejak DBL East Java Series 2018.

Sebelum melaju ke pertandingan Final Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North, Dimaz Muharri, mantan pelatih profesional, sekaligus pelatih DBL Academy turut berkomentar soal kekuatan dari celah hingga karakteristik dari permainan kedua tim.

“Kelebihan Sinlui tuh benar-benar dari key player-nya. Kalau dari tim putra yang gue tahu ada Justin Patrick. Dia kemarin terpilih DBL Indonesia All-Star 2024 sama timnas juga kan. Mungkin dia bisa jadi senjata tajam bagi Sinlui as a individu player yang bisa bawa timnya sejauh ini,” buka coach Dimaz.

“Kalau Gloria 1, yang gue lihat mereka mungkin belum ada key player yang se-level Justin, tapi mereka bisa bermain as a team sampai sejauh ini. Jadi teamwork mereka bagus banget sih memang baik putra maupun putrinya,” sambungnya.

Baca Juga: Preview dan Link Live Streaming Final Putri DBL East Java-North 2024

Bicara soal cara meruntuhkan dominasi sang juara bertahan, coach Dimaz berpikir cukup panjang akan hal ini. “Kalau buat tim cewek Gloria 1 mungkin cukup sulit ya, karena gue lihat beberapa tahun ke belakang ini, mereka memang sangat dominan di Surabaya. Jadi kerja keras yang dilakukan Sinlui ya harus maksimal.”

“Tugas Sinlui gak cuma setop pemain kuncinya aja. Semua lini dari Gloria 1 tuh harus diperhatikan. Karena Gloria 1 tuh gila banget. Walaupun sejauh ini gue sangat jarang melihat anak SMA bermain dengan sistem layaknya liga profesional, jadi satu atau dua pemain kunci aja sudah cukup. Tapi Gloria 1 punya lebih dari itu,” katanya heran.

“Kalau buat tim putra, harus setop Justin sih, karena gue ingat banget tahun lalu Justin foul out tapi timnya masih bisa juara. Karena memang masih ada beberapa nama besar di usia mereka yang masih bersama Sinlui. Kalau sekarang ya kuncinya di Justin. Dan Gloria 1 harus bermain as a team baik offense maupun defense,” tukas mantan pemain CLS Knights Surabaya itu.

Bagi coach Dimaz, kunci kemenangan liga SMA adalah usaha keras. Selagi mereka punya kemauan dan visi misi tim yang sama, kemenangan itu akan terasa lebih mudah digapai. “Bagi saya, kecepatan itu juga sangat penting di usia mereka,” singkatnya.

“Kalau mau menang, Gloria 1 ya harus bermain cepat. Sinlui pun demikian. Jadi walaupun mereka belum pakai sistem yang biasa kita lihat di liga profesional, setidaknya yang mereka bermain dengan semangat dan saling adu kekuatan. Karena mereka masih juga muda kan ya, itu sih yang gue pahami dari karakter bermain anak muda saat ini,” tutup coach Dimaz.

Baca Juga: Preview dan Link Live Streaming Final Putra DBL East Java-North 2024

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube Good Day ID. (*)

Jadwal Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North akan di-update secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Populer

Era Sinlui Runtuh! Gloria 1 Raja Baru DBL Surabaya!
Laga Klasik Tuntas, Gloria 1 Ratu DBL Surabaya!
Putra Karangturi Rengkuh Juara DBL Semarang, Akhiri Puasa Gelar Lima Tahun!
Sempat Vakum Satu Tahun, Gerard Jadi MVP AZA 3X3 Competition 2024 Surabaya
Hasil DBL East Jakarta: Putri Smalix dan Galan Menolak Tunduk!