ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Skuad putri NSA berhasil mengamankan predikat juara Junior Exhibition Games 2024 Surabaya

SMP Nation Star Academy (NSA) juara baru Junior Exhibition Games 2024 Surabaya. Pada kesempatan ini, mereka berhasil menggulingkan SMP Petra 1 Surabaya di gelaran puncak dengan skor akhir 57-43, Selasa, 1 Oktober 2024.

Kedua tim berhasil menyuguhkan tontonan luar biasa. Sebagaimana pertandingan final harusnya disajikan. Saling berbalas skor terjadi sepanjang laga berjalan. Tak peduli berapa jauh jarak poin yang dibentangkan.

Kuarter pertama terjadi begitu ketat. Di mana margin dari kedua tim tak pernah lebih dari dua digit. Bahkan kuarter pertama berakhir dengan skor 22-18. Keunggulan sementara untuk barisan srikandi Petra 1.

Rapatkan pertahanan. Petra 1 makin melejit di kuarter kedua. Bahkan jauh meninggalkan NSA. Pun paruh pertama ditutup dengan skor 34-20. Margin yang terbilang jauh untuk basket putri kelas SMP.

Jeda turun minum adalah momen yang tepat bagi Christy Justivera, nahkoda NSA untuk memberikan sedikit motivasi bagi anak didiknya. Dirinya juga membeberkan soal evaluasi tim yang terjadi di paruh pertama yang membuat NSA tertinggal.

Baca Juga: Rookie Berpengaruh, Amara Sukses Hantarkan Putri Trone ke Final Lagi!

Benar saja, setelah mengatur ulang pola permainan dan berbenah atas evaluasi sebelumnya, NSA perlahan bangkit. Tembakan tiga poin Aisyah Zahra Ramadhany, pemain NSA bernomor punggung 77 itu menjadi titik awal kebangkitan NSA. Pasca cukup lama tertinggal, tembakan itulah yang akhirnya membuat NSA unggul. 

Setelah kejadian itu, NSA langsung menjaga keunggulannya dengan sangat baik. Seolah tak ingin kembali tertinggal. Di kuarter ketiga, NSA berhasil menambahkan 22 poin. Sedangkan Petra 1 hanya menambahkan tiga angka.

Tembok pertahanan kokoh dan permainan agresif membuat Petra 1 kesulitan memangkas poin. Mengingat Petra 1 turun dengan 10 pemain saja. Alhasil satu per satu pemain mereka mulai tumbang. Juga menjadi celah tambahan bagi NSA untuk terus menjauh.

”Kita lihat lawan sudah mulai putus asa, ya kita manfaatkan itu. Kok ya pas anak-anak dapat momentumnya. Kuarter ketiga saya sama sekali gak ambil timeout. Biar saja, karena ritmenya naik terus kan. Saya biarkan. Takutnya kalau saya ambil timeout, nanti ritmenya turun, ternyata mereka benar-benar belajar di lapangan,” kata coach Christy.

Ingin segera mengunci kemenangan, NSA makin memperjauh poin di kuarter pemungkas. Laga berakhir dengan skor 57-43. Meski sang kapten, Kinanthy Sakya mengalami cedera, tak masalah. Pasalnya Aimee Winanda Gunawan begitu moncer.

Pemain dengan nomor punggung sembilan itu justru catatkan double-double dengan 23 poin, 12 steal, dan 8 rebound. Bahkan nyaris triple-double. Disusul Eugenia Jazreel Martinus yang menorehkan 10 poin di laga ini. Torehan ini membuat Aimee dinobatkan sebagai Most Valuable Player.

Junior Exhibition Games 2024 Surabaya
Aimee Winanda Gunawan bersama plakat MVP Junior Exhibition Games 2024 Surabaya

Setelah absen dari gelaran puncak musim lalu, NSA membuktikan bahwa mereka sukses meraih gelar juara Junior Exhibition Games 2024 Surabaya. Sekaligus gagalkan misi Petra 1 yang ingin balaskan dendam atas kekalahan di partai final musim lalu.

“Harapannya semoga anak-anak yang masih junior bisa mempertahankan gelar ini. Kita usahakan bersama. Apalagi mereka masih muda-muda juga kan. Pada akhirnya, mempertahankan champion jauh lebih susah. Kita hanya bisa berusaha, biar nanti Tuhan yang menentukan hasilnya,” tutup pelatih berusia 56 tahun itu.

Baca Juga: Putri SMP NSA Melesat ke Final, Feronica Gracia: Tangan Lagi Wangi

Junior Exhibition Games 2024 Surabaya merupakan bagian dari rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North yang diikuti oleh 28 tim basket putra dan 12 tim basket putri. Tak hanya itu, sebanyak 16 tim dance juga bergabung pada ajeng Junior DBL Dance Competition 2024 Surabaya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY