ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sosok Faustina Jocelyn (nomor punggung lima) asal SMA Nation Star Academy Surabaya dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Konsistensi tim putri Nation Star Academy (NSA) patut diacungi jempol. Setiap musim, mereka selalu berhasil mempertahankan posisinya sebagai satu dari empat tim terbaik. 

Begitu pun dengan salah satu pemainnya, Faustina Jocelyn Emiliana. Konsistensinya dalam membela tim NSA tak perlu diragukan lagi. 

Perjalanannya bersama skuad NSA telah dimulai sejak Celyn (sapaan karibnya) duduk di bangku SMP. Kala itu, ia bahkan sukses membuktikan dirinya mampu mengantarkan SMP Nation Star Academy meraih gelar juara di Junior Exhibition Game 2022 Surabaya.

Prestasinya di lapangan tidak berhenti sampai situ. Terbukti selama enam laga yang dijalani putri NSA musim ini, cewek kelahiran Jakarta ini mampu menorehkan 46 poin, 15 rebound, 10 assist, dan 16 steal.

Pencapaian gemilangnya ini tentu bukan hasil instan. Celyn rupanya telah mendalami bidang basket saat dirinya menginjakkan kaki di kelas empat SD. Namun, tak ada yang mengira bahwa langkahnya di basket berawal dari keterpaksaan. 

“Dulu itu, mama papa selalu bilang ayo basket, apalagi koko juga basket. Aku ngerasa duh kenapa kok aku disuruh-suruh basket terus. Padahal, dulu aku masih suka sama dance,” beber Celyn. 

Nggak salah lagi, jauh sebelum fokus pada olahraga ini, Celyn telah lebih dahulu terjun ke dunia dance. Kegemarannya ini bahkan dimulai sejak ia masih duduk di bangku TK. 

“Pas TK, aku itu suka balet. Terus, pas SD, aku mulai mendalami dance sampe ikut lomba-lomba,” ujar Celyn. 

“Aku terakhir tampil sebagai dancer itu kelas sembilan. Itu gara-gara aku ikut ekstrakurikuler dari sekolah. Jadi, sempet jalan dua-duanya antara dance sama basket,” lanjutnya.

Baca juga: Agree or Disagree Keiko dan Aileen, Mulai Makanan hingga Kenangan Manis di NSA

Meski mulanya enggan, dara dengan tinggi 159 sentimeter ini merasa bersyukur dapat merasakan pengalaman seru melantai sebagai student athlete. Apalagi, kehadiran sosok koko menjadi dorongan Celyn untuk terus mengasah kemampuannya di lapangan. 

“Awalnya aku basket ikut cuma buat have fun aja, cuma pas aku lagi nggak main basket kok ngerasa ada yang kurang. Lama-lama aku juga sadar, kalo mau jago ya harus latihan,” tuturnya. 

Kecintaannya pada basket pun semakin dalam. Celyn sendiri menuturkan bahwa kegiatannya saat ini hanya diisi oleh dua hal. Belajar dan latihan.

“Aku nggak ada kegiatan lain sih, soalnya latihan dari sekolah juga udah empat kali seminggu. Di luar itu, coach juga kadang-kadang nyuruh lari. Belum lagi, latihan klub,” ungkap Celyn. 

Sayangnya, perjalanan Celyn bersama srikandi NSA dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java North harus berakhir di babak semifinal. Hasil itu didapat setelah skuad tersebut belum berhasil menaklukkan rival bebuyutan mereka, SMA Gloria 1 Surabaya. 

Kendati demikian, Celyn yang saat ini berstatus sebagai kelas 11 semakin terpacu untuk memaksimalkan tahun terakhirnya di musim depan. Baginya, pengalaman sebagai student athlete tentu menjadi kisah hidup yang tidak akan terlupakan. 

“Pasti aku mau banget buat balik lagi ke DBL tahun depan. Soalnya DBL kan buat SMA doang, apalagi tahun terakhir jadi memorable banget. Aku pun pingin buat selalu improve dari game-game sebeumnya,” tutup Celyn. 

Terima kasih untuk Celyn dan tim putri NSA yang telah berjuang hingga babak semifinal Honda DBL 2024 East Java-North. Sampai jumpa di Round 2 musim depan!

Baca juga: Persahabatan Angel-Shaloom, Ungkap Kesan Pertama hingga Bahas Pelajaran Bersama

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Profil pemain ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY