ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret pertandingan Round 2 DBL East Java-North di DBL Arena Surabaya

Minggu yang panas dan menegangkan. Mereka yang bertahan di lose bracket Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North sedang berjuang mati-matian untuk tetap bertahan. Pasalnya, ada tiket semifinal yang sedang menjadi rebutan. Dengan satu nyawa yang tersisa, segala cara mereka lakukan.

Pun dari Junior Exhibition Games 2024 Surabaya tak kalah panas. Sederet tim yang tersisa justru sedang merebutkan satu tempat di partai final. Itulah mengapa tensi di lapangan begitu panas sejak laga perdana hingga laga penutup. Minggu, 29 September 2024. 

Buat kalian yang terlewat akan keseruan rangkaian playoffs Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North 2024 hari kelima, simak rangkumannya di sini.

SMP Negeri 19 Surabaya vs SMP Nation Star Academy (PUTRI)

Tiket final terakhir dari sektor putri resmi menjadi milik SMP Nation Star Academy (NSA). Kepastian tersebut diperoleh pasca menghentikan laju SMP Negeri 19 Surabaya dengan kemenangan telak 55-6. Kemenangan ini sekaligus menutup peluang SMP Negeri 19 Surabaya solid ke partai final.

Sejak awal, NSA selalu dalam posisi unggul. Bahkan lini pertahanan rapat, seolah tidak mengizinkan SMP Negeri 19 Surabaya (Songolas) untuk mengejar ketertinggalan. Paruh pertama ditutup dengan margin 27 poin, yakni 31-4.

Sejatinya, Songolas sendiri bukan tanpa perlawanan. Tampak beberapa kali anak asuhan Elanggono Eka Putra berusaha mencetak poin. Berkaca dari laman statistik, mereka berhasil menciptakan 27 kali peluang. Hanya tiga di antaranya yang berhasil dikonversi menjadi angka.

Baca Juga: Putri SMP NSA Melesat ke Final, Feronica Gracia: Tangan Lagi Wangi

Tercatat tiga pemain NSA berhasil catatkan dua digit poin, yakni Feronica Gracia Golardo dengan 13 poin, serta Eugenia Jazreel Martinus dan Aimee Winanda Gunawan yang masing-masing menorehkan 10 angka.

Kemenangan ini membawa NSA melesat ke partai final Junior Exhibition Games 2024 Surabaya dan bakal berjumpa dengan SMP Petra 1 Surabaya yang telah mengamankan kemenangannya lebih dulu. Kedua tim akan bertemu pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMP Singapore National Academy Sidoarjo vs SMP Negeri 19 Surabaya (PUTRA)

Selamat untuk SMP Negeri 19 Surabaya. Setelah melewati perjalanan panjang di Junior Exhibition Games 2024 Surabaya, akhirnya mereka berhasil mengunci tiket final untuk kali pertama. Bukan hal yang mudah, lantaran mereka harus beradu strategi melawan SMP Singapore National Academy Sidoarjo (Sabres).

Dua tim kuda hitam sedang memperebutkan kursi final. Mereka begitu antusias. Bahkan ambisi yang begitu besar menuntun mereka beranjak ke babak tambahan waktu. Kuarter keempat berakhir dengan skor imbang 40-40.

Nyatanya, 40 menit waktu pertandingan belum bisa menentukan siapakah yang terbaik dari pertandingan ini. Tambahan waktu lima menit pun dimanfaatkan dengan baik oleh kedua tim. Saling berbalas poin pun terjadi sampai laga berakhir.

Kombinasi solid dari penggawa Songolas membawa mereka pada gerbang kemenangan. Seketika suasana di lapangan menjadi sendu dan penuh haru. Pasalnya, mereka berhasil menutup pertandingan dengan skor tipis 47-46. 

Baca Juga: Drama Overtime dan Double-double Galih, Hantarkan Putra Songolas Menuju Final!

Tercatat dua pemain menjadi kunci kemenangan dalam laga ini. Adalah Galih Putra Kharisma, forward milik Songolas yang menorehkan doubel-doubel dengan 18 poin dan 12 rebound. Disusul Regan Naufal Effendy dengan 11 poin.

Pada gelaran puncak Junior Exhibition Games 2024 Surabaya, Songolas akan menghadapi “raja terakhir”, SMP Nation Star Academy yang musim lalu berhasil membawa pulang gelar kampiun. Mereka juga akan bertanding pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Waru vs SMA Nation Star Academy Surabaya (PUTRI)

Barisan srikandi SMAN 1 Waru (Smantaru) menjadi tim pertama yang pulang hari ini. Dua kekalahan telah mereka kantongi sepanjang gelaran playoffs DBL East Java-North 2024. Setelah tumbang atas SMA Gloria 1 Surabaya, kini mereka kembali tumbang atas SMA Nation Star Academy Surabaya (NSA).

Sebagaimana sistem double elimination yang diberlakukan, di mana setiap tim hanya memiliki dua nyawa. Jika dua nyawa itu telah habis, maka mereka harus pulang dan bertemu kembali di Round 2 musim depan.

Pada kesempatan ini, Smantaru harus mengakui ketangguhan dari skuad NSA. Tidak pernah unggul sejak tepis mula, langkah anak asuhan Andri Danarto akhirnya harus berhenti pasca menelan kekalahan dengan skor mutlak 68-20.

Skuad NSA memang begitu solid. Semua pemain catatkan angka pada halaman statistik. Paling banyak, Gabrielle Keiko Angeline dan Catrine Annabel Tanuwijaya yang masing-masing menyumbangkan 11 poin. Disusul Faustina Jocelyn Emiliana dengan 10 poin.

Kemenangan berhadiah tiket semifinal. Meski sempat turun ke lose bracket, srikandi NSA berhasil terbang ke babak semifinal. Ke depannya, mereka akan bertemu lagi dengan SMA Gloria 1 Surabaya pada Senin, 30 September 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 5 Surabaya vs SMAN 2 Surabaya (PUTRA)

Derbi komplek masih milik nomor dua. Gagal mengamankan kemenangan sekaligus gagal mengamankan tiket semifinal. SMAN 5 Surabaya (Smala) kembali tunduk atas SMAN 2 Surabaya (Smada) usai menelan kekalahan dengan skor 54-30.

Satrio Bayu Wirananda adalah bintang pada pertandingan ini. Usai diangkat menjadi kapten untuk Smada, dirinya seolah punya tanggung jawab besar untuk membawa timnya menuju gerbang kemenangan. Bukan sekadar omongan belaka. Dirinya benar-benar membuktikan dengan aksi.

Pada pertemuannya melawan Smala, Satrio Bayu berhasil menjadi penyumbang poin terbanyak sepanjang DBL East Java-North 2024. Dirinya menorehkan total 30 poin, setengah di antaranya berasal dari tembakan tiga angka.

Yap, pada kesempatan ini, Satrio Bayu berhasil melesatkan sembilan kali tembakan tiga angka dan lima di antaranya terkonversi menjadi poin. Aksi gemilang Satrio membawa mentalitas Smada pun melesat naik.

Baca Juga: Rahasia Cetak 30 Poin untuk Putra Smada, Satrio Bayu: Tidur Aja Sih

Kemenangan yang luar biasa, membawa Smada masih tetap bertahan di panggung DBL East Java-North 2024 dan melenggang ke semifinal. Ke depannya, mereka akan bertanding kembali melawan SMA Gloria 1 Surabaya pada Senin, 30 September 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Nation Star Academy Surabaya vs SMA Frateran Surabaya (PUTRA)

SMA Frateran Surabaya merupakan delegasi Round 1 DBL East Java-North 2024 berikutnya yang harus pulang. Pada kesempatan ini, mereka dipulangkan oleh “teman seperjuangan” dari Round 1, yakni SMA Nation Star Academy Surabaya (NSA).

NSA menolak pulang. Mereka menjalani laga ini dengan maksimal. Seolah tidak ingin kehilangan nyawa terakhirnya, anak asuhan Aries Herman ini berhasil menutup pertandingan dengan skor meyakinkan 42-15. Sekaligus amankan tiket semifinal.

Macxquel Rehan Thiemailattu kembali pada performa terbaiknya. Pemain kunci NSA itu menyumbangkan 19 poin, 9 rebound, 5 steal, dan 3 assist. Nyaris double-double.

Hasil ini mengundang NSA pada laga rematch. Di mana mereka akan bertemu kembali dengan SMA St. Louis 1 Surabaya pada putaran semifinal yang akan berlangsung pada Senin, 30 September 2024. Lantas, mampukah NSA bermain apik dan balaskan dendamnya atas sang juara bertahan?

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Ciputra Surabaya vs SMAN 16 Surabaya (PUTRI)

Serupa. Pertandingan SMA Ciputra Surabaya versus SMAN 16 Surabaya (Sixteen) kembali berjalan sengit. Terlebih ada tiket semifinal yang sedang mereka kejar, membuat pertandingan penentu satu ini lebih panas ketimbang sebelumnya.

Benar-benar sama persis seperti pertemuan terakhir. Di mana srikandi Sixteen unggul lebih dulu. Bahkan membuat margin yang cukup jauh. Dan lagi-lagi Ciputra perlahan mengejar ketertinggalan lewat momen yang diciptakan oleh Chelsea Kang, pemain andalan mereka.

Gadis bernomor punggung 30 itu kerap kali jadi penyelamat untuk timnya. Termasuk pada laga ini. Seolah tak kenal lelah. Sepanjang laga berlangsung, Chelsea hanya beristirahat selama tiga menit. Selebihnya, ia bertempur di lapangan membela almamater tercinta.

Saling berbalas poin, saling berbalas keunggulan. Hingga peluit buzzer kuarter keempat dibunyikan, masih belum ditemukan siapakah pemenang dalam laga ulangan ini. Pasalnya skor berakhir imbang 24-24.

Chelsea membuahkan poin lebih dulu untuk Ciputra. Disusul Queen Shera kembali menyamakan skor untuk Sixteen. Kedua top skor dari masing-masing sekolah ini begitu panas dan menyala. Ketika Chelsea kembali menambahkan poin, rupanya tak ada balasan dari Sixteen. 

Alhasil skor pun berakhir tipis 28-26. Kemenangan kembali menjadi milik Ciputra. Dengan ini, mereka layak untuk terbang ke semifinal dan kembali bertemu dengan SMA St. Louis 1 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Update Bagan Playoffs DBL East Java-North 2024

Tim Putra

Bagan Playoffs DBL Surabaya

Tim Putri

Bagan Playoffs DBL Surabaya

Jadwal dan hasil pertandingan babak Playoffs Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North akan di-update secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY