Cedera memang menjadi kondisi yang tidak terpisahkan dari kehidupan student athlete. Situasi tersebut jelas bisa terjadi kapan saja, bahkan tak jarang pula memaksa mereka untuk rehat sejenak dari lapangan.

Sonia Heidi Cahyono, guard tim putri SMA St Louis 1 Surabaya (Sinlui), pun tak lepas dari pengalaman pahit tersebut. Sekilas, pergerakannya di arena tempur memang tidak ada yang terlihat kurang.

Bersama pasukan Sinlui, dirinya mampu mengantongi kemenangan ketiga pada laga Kamis, 26 September 2024. Kali ini, giliran skuad SMAN 1 Puri Mojokerto yang harus mengakui keunggulan sang lawan dengan hasil akhir 57-13.

Selama tiga game yang dilewati, cewek yang akrab disapa Heidi ini sukses menorehkan 24 poin, 10 rebound, 17 assist, dan 10 steal. Siapa sangka, di balik catatan memukau itu, dirinya baru saja pulih dari cedera anterior cruciate ligament atau dikenal sebagai ACL. 

Kami yang penasaran dengan kisahnya pun lantas menghampiri Heidi yang baru merampungkan sesi evaluasi akhir bersama rekan-rekannya. Pribadinya ramah. Ia dengan terbuka menceritakan pengalaman cederanya.

“Sekitar Juli tahun lalu dan dua minggu sebelum DBL, Sinlui ada TC (training camp) ke Jogja. Pas game pertama, kita ketemu NSA (Nation Star Academy). Terus, aku jatuh. Ternyata, pas MRI, ACL kaki kanan putus,” bukanya. 

Cedera ACL yang menimpanya tentu tidak main-main. Tak ayal jika dara kelahiran 2007 sampai memutuskan terbang ke Filipina untuk menjalani operasi. 

“Sebelum ACL, aku sempet ikut tim seleksi pra PON sampe 20 besar kalau nggak salah. Jadi, pas denger kabar cedera, aku langsung di-reach out dan direkomendasiin ke Filipina,” beber Heidi.

Dara berperawakan 167 sentimeter ini lebih lanjut menuturkan bahwa keberangkatannya ke Filipina dimulai pada bulan September. Heidi menghabiskan hampir satu bulan lamanya di negara tersebut. 

“Aku ke Filipina itu bulan September dan setelah Final DBL. Karena batas visa cuma 30 hari, aku sampai tanggal 2, lalu operasi di tanggal 6 dan mulai fisioterapi tanggal 8. Saya fisio hanya 14 hari sebelum harus pulang tanggal 22,” ujarnya.

Baca juga: Lengah Dikit Sabet Perak PON, Lalu Cetak 18 Poin untuk Sinlui di DBL Surabaya


Potret Sonia Heidi Cahyono saat menjalani pemulihan

Belum selesai sampai situ, proses pemulihan pascaoperasinya pun membutuhkan waktu hingga satu tahun! Selama itu pula, Heidi tidak pernah melewatkan rangkaian fisioterapi. 

“Pas balik ke Indonesia, tetep lanjut pake prosedur pemulihan dari Filipina. Terus, setahun sekali tetep harus kontrol,” ceritanya. 

Heidi mengakui tidak ada penyesalan di balik peristiwa itu. Dirinya yakin bahwa kejadian tersebut merupakan rencana Tuhan. Hal terpenting baginya adalah melakoni pemulihan dengan baik agar dapat secepatnya kembali merasakan panasnya pertandingan.

“Bulan ke empat atau lima, saya mulai tipis-tipis balik basket buat cari feel shooting karena udah boleh lompat dan jogging. Terus, mulai intensif latihan di bulan keenam sampai sekarang karena Sinlui latihan setiap hari,” tutur cewek kelahiran Surabaya. 

Setelah gagal melantai musim lalu, Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North menjadi kali pertama sekaligus terakhir baginya untuk mengawal Sinlui. Heidi tak menampik bahwa dirinya tentu diliputi rasa grogi. 

Akan tetapi, ia memilih tidak ambil pusing. Baginya, fokus utama saat ini adalah mengantarkan Sinlui untuk menduduki singgasana juara musim ini. 

“Pastinya, kita semua pingin juara. Jadi, target utama bisa membawa kembali juara buat putri Sinlui. Pokoknya, beri yang terbaik, lah,” tutup pemain bernomor punggung enam. 

Baca juga: Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

 

Populer

Hasil DBL Solo: Empat Tim Melesat ke Babak Playoffs!
Mengenang Berpulangnya Daiva Aqmarina, Guard Smansa Malang
Criston Jonathan, Tentang Cedera Musim Lalu dan Amanah Kapten Skuad Gloria 1
11 Bus Iringi Perjalanan Boomas Attack Comeback di DBL Arena
Sinclaire Jefferson Halim, Jago Basket dan Masak Nasi Goreng