Pertandingan El Clasico versi DBL East Java-North akhirnya kembali hadir! Gelar bergengsi ini disematkan untuk dua tim dengan sejarah rivalitas yang panjang. Tak lain dan tak bukan, tim putra SMA St Louis 1 Surabaya yang berhadapan dengan SMA Frateran Surabaya.

Dengan segudang prestasi yang ditorehkan, kedua tim ini memang layak disebut legenda. Gelar juara beruntun yang diraih oleh masing-masing tim menjadi buktinya. 

Sejak awal DBL East Java Series terselenggara, Sinlui (sebutan SMA St Louis 1 Surabaya) telah mengamankan tujuh trofi. Kejayaan mereka dimulai pada tahun 2011, 2015, 2018, 2019, 2021, 2022, dan 2023.

Di sisi lain, catatan prestasi Frateran juga tidak kalah mengesankan. Tim asuhan Kencana Wukir ini sukses mengoleksi tiga kemenangan pada 2011, 2013, dan 2014. 

Belum selesai sampai situ. Laga Rabu, 25 September 2024 menjadi ajang pertemuan yang keenam bagi Sinlui dan Frateran! Pertemuan pertama mereka dimulai pada 2010 dengan kemenangan milik Frateran. Begitu pun pada duel kedua Sinlui dan Frateran di 2012. 

Namun, pertemuan ketiga pada 2015 menjadi titik balik bagi Sinlui. Sejak saat itu, kemenangan selalu berpihak pada skuad asuhan Ivan Widianto, termasuk di tahun 2019, 2022, dan yang terbaru malam ini. Frateran ternyata kembali harus mengakui kehebatan sang lawan dengan skor telak 65-22. 

Itu artinya dominasi kesatria Sinlui belum tergoyahkan! Sebagai pelatih, pria yang akrab disapa Ivan ini menuturkan bahwa pasukannya tentu telah melewati serangkaian persiapan. 

“Kita dari kemarin udah prepare untuk menghadapi Frateran. Karena, di tiga game awal, kita bermain jelek. Kita perlu adaptasi, akhirnya mulai jadi lebih baik,” bukanya. 

Coach Ivan lebih lanjut menjelaskan bahwa proses adaptasi tidak lepas dari kehadiran pemain-pemain baru yang mendominasi roster Sinlui. Ya, sebanyak pemain kelas 10 diturunkan untuk memperkuat skuad ini dalam ajang Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. 

“Tim Sinlui ini hampir 80 persen materinya beda dengan yang tahun lalu. Kebanyakan juga anak kelas 10, makanya kita perlu adaptasi dan gaya permainannya juga agak beda,” tutur pria kelahiran Blitar.

Baca juga: Lengah Dikit Sabet Perak PON, Lalu Cetak 18 Poin untuk Sinlui di DBL Surabaya

Memilih pemain untuk melengkapi skuad Sinlui jelas bukan tugas sembarangan. Pelatih berperawakan 178 sentimeter ini pun membagikan sedikit rahasia di balik proses pencarian bakat terbaik guna memperkuat formasi tim. 

“Kita lebih mengutamakan attitude sih, karena mereka kan punya ego yang tinggi. Secara skill, mereka memang unggul. Tapi, kita kan bukan individu, melainkan satu tim yang harus bermain 12 orang,” bebernya. 

Selain perilaku, coach Ivan juga memiliki sejumlah kriteria lainnya yang wajib ada dalam diri setiap penggawa Sinlui. Lagi-lagi, skill bukanlah aspek utama yang dipertimbangkan olehnya sebagai pelatih. 

“Saya lebih suka pemain yang hustle dan kerja keras. Skill sebenarnya bukan masalah, tapi lebih ke kemauan. Kita punya skill bagus, tapi nggak ada kemauan, ya sama aja. Mental juga penting,” tutur coach Ivan.

Performa kesatria Sinlui memang tidak usah diragukan lagi. Bukan hal sulit bagi mereka untuk membungkus puluhan poin di setiap pertandingan. Alih-alih terlena oleh kemenangan, pria berzodiak Sagitarius ini tetap menekankan pentingnya evaluasi.

“Kita punya standar. Bukan cuma lihat dari skor, tapi saya lebih banyak evaluasi kekurangan dari setiap game untuk diperbaiki. Apalagi, ngadepin anak-anak umur segini kan agak lebih susah karena mereka masa peralihan, jadi lebih ditekan juga mentalnya,” tutupnya. 

Akankah trofi kemenangan musim ini kembali dimiliki putra Sinlui? Kita tunggu saja hanya di Honda DBL 2024 East Java-North!

Baca juga: Bentley Leopold, Guard Sinlui yang Sering Juara Lomba Matematika Internasional

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Hasil DBL Solo: Empat Tim Melesat ke Babak Playoffs!
Mengenang Berpulangnya Daiva Aqmarina, Guard Smansa Malang
Criston Jonathan, Tentang Cedera Musim Lalu dan Amanah Kapten Skuad Gloria 1
11 Bus Iringi Perjalanan Boomas Attack Comeback di DBL Arena
Sinclaire Jefferson Halim, Jago Basket dan Masak Nasi Goreng