Dedikasinya tidak main-main. 18 tahun sudah dirinya mengawal barisan SMP Nation Star Academy (NSA) Surabaya. Dia adalah sang nakhoda tim, Endro Rosani. 

Pada laga Rabu, 25 September 2024, entah sudah kali ke berapa baginya mengawasi dari pinggir lapangan. Sorot matanya benar-benar terpaku dalam setiap pergerakan putra NSA. Berbagai arahan pun tak lupa dilemparkan kepada anak didiknya yang sedang merebutkan tiket Semifinal. 

Berkat tangan dingin sang pelatih, putra NSA terbukti sukses mengantongi kemenangan, 53-40, atas SMP Cita Hati East Surabaya. Sebagai pemilik tahta Champion musim lalu, peluang putra NSA untuk kembali menduduki singgasana juara musim ini semakin terbuka lebar. 

Hasil gemilang itu tentu tidak diraih serta-merta hanya dalam satu malam. Pria kelahiran Surabaya ini menuturkan bahwa ada koordinasi yang telah dilakukan. Tidak hanya dengan pemain, tetapi juga pihak sekolah.  

“Sebelum bertanding, kita udah koordinasikan antara pemain dengan coach, terus coach dengan sekolah. Setelah itu, ada briefing materi terkait mental, strategi, dan banyak hal supaya bisa ambil momentum ke langkah selanjutnya,” buka coach Endro. 

Ia lebih lanjut membocorkan bahwa terdapat program khusus yang dilakoni untuk membentuk pemain berkualitas. Tak tanggung-tanggung, metode latihan ini telah diterapkannya kepada penggawa NSA selama lebih dari 10 tahun lamanya!

“Pertama, kita ada program khusus untuk siswa yang belum ada kesempatan belajar basket. Jadi, ini memang dikhususkan buat penajaman skill basketnya. Nah, ini nantinya yang dilanjutkan buat tahap selanjutnya,” tutur sosok kelahiran 1976. 

“Tahap kedua mulai dididik untuk kompetisi. Mulai dari disiplin latihan, sparring, terus training camp di luar kota,” lanjutnya. 

Bukan hanya itu. Bagi sang pelatih, basket lebih dari sekedar berkompetisi di lapanga. Akan tetapi, olahraga ini juga mengajarkan keterampilan sosial yang perlu terus diasah.

Nggak hanya bisa main basket, tapi kita itu bersosialisasi juga terkait teamwork, mental, dan psikologi pemain gimana cara mereka bermain di lapangan,” ujarnya. 

Baca juga: Double-double Bryan Gilbert Hantarkan Kemenangan untuk Putra SMP NSA!

Terbukti, putra NSA benar-benar menunjukkan dominasinya selama pertandingan Junior Exhibition Games 2023 Surabaya berlangsung. Selain pola latihan, pelatih satu ini juga menilai bahwa kekompakan yang dimiliki rosternya tahun ini juga membawa dampak positif. 

“Solid dan kompak. Saya sukanya dari mereka bisa bermain dalam tim. Seperti yang saya bilang, situasi di lapangan juga bukan buat sendirian,” tutur coach Endro.

Meski begitu, sosok berperawakan 188 sentimeter ini tak mengelak bahwa penampilan pasukannya tidak selalu berada di puncak. Jika melihat ke belakang, dirinya tentu merasakan pasang surut performa yang dialami pasukannya.

“Wah, saya kan nggak bakal tahu tahun depan pemain NSA bakal seperti apa. Tapi, saya sendiri selalu memperbaiki dan evaluasi terkait program yang udah ada. Kita cari di mana titik benang merahnya,” ujar coach Endro.

Kemenangan demi kemenangan berhasil dibukukan putra NSA. Mereka pun dipastikan melaju ke Semifinal. Apakah titel juara kembali menjadi target mereka musim ini?

Kalo diberi kesempatan, saya ambil lagi momentum ini untuk Final. Mudah-mudahan bisa meraih Champion lagi,” ungkapnya dengan semangat.

Sebelum mengakhiri percakapan, pria kelahiran Surabaya ini tak lupa untuk menyampaikan pesan kepada anak-anak asuhnya. Sebagai pelatih, ia ingin agar para pemain NSA terus berjuang hingga titik darah penghabisan. 

Tetep fokus, keep fighting. Jaga kondisi juga. Kemarin pas pertandingan awal aja, hampir seluruh pemain pilek dan nggak bisa maksimal di lapangan, tapi saya maklumi. Tapi, paling tidak mereka juga harus dikasih knowledge terkait jaga kondisi,” tutupnya.

Baca juga: Schareylenne, The Next Gabriel Sophia yang Merantau dari Ambon ke Surabaya

Junior Exhibition Games 2024 Surabaya merupakan bagian dari rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North yang diikuti oleh 28 tim basket putra dan 12 tim basket putri. Tak hanya itu, sebanyak 16 tim dance juga bergabung pada ajeng Junior DBL Dance Competition 2024 Surabaya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Criston Jonathan, Tentang Cedera Musim Lalu dan Amanah Kapten Skuad Gloria 1
Hasil DBL Solo: Empat Tim Melesat ke Babak Playoffs!
Timnas Basket 3x3 Indonesia Raih Medali Perak
Mengenang Berpulangnya Daiva Aqmarina, Guard Smansa Malang
Misi Menjaga Warisan ala Sinlui atau Era Kebangkitan Penggawa NSA