Smarihasta ke Final DBL Malang, Akhiri Penantian Tiga Musim!

| Penulis : 

GOR Bimasakti Malang diselimuti dengan tangisan, Selasa 24 September 2024. Tepat setelah pertandingan tim putra SMAN 8 Malang melawan SMA Santo Albertus Malang (Dempo) usai, tangis pecah di dalam GOR.

Pasalnya, Smarihasta (sebutan SMAN 8 Malang) sukses melangkah ke babak final Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South setelah mengalahkan Dempo dengan skor akhir 60-58.

Ini merupakan final Smarihasta pertama kalinya setelah 2019 silam. Terhitung sejak tiga musim lalu (2021-2023), Smarihasta selalu gagal melaju ke babak final. Baru kali ini mereka kembali menyapa final lagi.

Di tahun 2019 lalu, SMAN 8 Malang lolos ke babak Big Four (saat itu belum ada partai final di DBL Malang). Mereka lolos ke babak empat besar dan berangkat ke Surabaya untuk kembali berkompetisi di DBL Jawa Timur.

Baca juga: Dominan! Kosayu Kembali Pastikan Final DBL Malang!

Tentu tidak mudah bagi Smarihasta melaju ke final. Di laga ini, Smarihasta sebenarnya tertinggal 21 poin atas Dempo saat kuarter pertama. Permainan cepat Dempo sukses mematikan lini bertahan Smarihasta hingga kuarter kedua berakhir. 

Hanya saja, Smarihasta mendapat sentuhan dan formasi terbaik mereka di kuarter ketiga. Permainan kolektif Smarihasta berhasil memperkecil jarak mereka. Smarihasta hanya terpaut 7 poin atas Dempo di kuarter ketiga.

Situasi makin panas ketika memasuki kuarter empat. Smarihasta akhirnya berhasil membalikan keadaan lewat poin-poin dari Mikail Nathan. "Kerja sama tim yang baik, fight bareng, dan percaya sama teman itu jadi kunci kita menang. Motivasinya cuma kita pengin final dan berangkat ke Surabaya," ujar Mikail saat ditemui usai pertandingan.

Salah satu pemain yang juga berkontribusi besar untuk kemenangan Smarihasta hari ini adalah Ravy Cavandra. Aliran bola selalu datang dari tangannya sebelum berhasil dieksekusi oleh Panji atau Nathan. Tak hanya itu, ia juga berperan sebagai guard andalan di Smarihasta.

Baca juga: Kalahkan Smaga, Putri Smasa Blitar Kembali Amankan Final DBL Malang

Saat pertandingan selesai, Ravy mengaku ia senang dan bangga bisa membawa Smarihasta ke final lagi sejak 2019. Ambisinya bermain dengan baik jadi salah satu alasan mengapa ia berhasil membawa Smarihasta ke final.

"Saat kuarter ketiga, kita bangkit, semangat lagi. Inget kita datang ke sini buat menang. Semoga Smarihasta bisa jadi champion DBL Malang tahun ini," tukas Ravy.

Dari kemenangan ini, Smarihasta dipastikan bakal melawan SMA Kolese Santo Yusup Malang di babak final. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Populer

Hasil DBL Malang: Ini Deretan Tim Putra yang Lolos ke Babak Fantastic Four!
Akhir Cerita Reog Ponorogo, Tentacles Bawakan Koreo 4D dengan Berat 20 Kilogram
Magma Cetak Sejarah! Lolos ke Fantastic Four DBL Malang Pertama Kalinya..
Smarihasta ke Final DBL Malang, Akhiri Penantian Tiga Musim!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 24 September 2024