ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kevin Alexander Kangin (jersey nomor 7) bersama Tim Gloria 1 di laga Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Tenang, kendalikan, dan kuasai. Kira-kira itulah yang ingin disampaikan Kevin Alexander Kangin.

Lewat basket, ia belajar banyak hal tentang mental dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kevin sendiri belajar banyak dari laga yang baru saja dilakoni. Saat tim putra Gloria 1 -sebutan tim SMA Gloria 1 Surabaya- bertemu Eagles -sebutan tim SMA Ciputra Surabaya.

Laga itu sendiri berakhir di angka 63-20. Gloria 1 tetap menunjukkan dominasinya sebagai pemegang titel runner up DBL musim lalu.

Kevin sendiri merupakan alumnus SMP Gloria 1 Surabaya. Sosoknya sudah membela tim SMP Gloria 1 hingga mencapai back to back finalis eksebisi Junior DBL musim 2022 dan 2023.

Setelah Kevin selesai evaluasi akhir dan berkemas, Kevin bersedia ngobrol dengan DBL.id. Sembari ditemani riuh laga DBL hari itu, obrolan kami mulai bergulir.

Sebagai rookie di skuad Gloria 1, Kevin memulai musim perdananya dengan baik.

Di pertandingan perdananya lawan SMA Ciputra, Kevin menyumbang 8 poin, bersama dengan 3 rebounds, 1 assist, dan 1 steal.

Meski timnya tampil mendominasi, Kevin merasa masih ada beberapa miss yang harus diperbaiki timnya.

Menurutnya, faktor terbesar yang berpengaruh pada performa timnya barusan adalah pertahanan.

“Masih perlu dirapetin lagi defense-nya. Tadi masih banyak kebobolan, sampai Ciputra bisa tembus 20 poin,” buka Kevin.

Kevin mengaku mendapat kesempatan baru untuk belajar di role barunya. Dulu, saat masih bersama tim SMP, ia menempati posisi sebagai big man. Sekarang, Kevin membela SMA Gloria 1 sebagai forward. Meski begitu, ia merasa senang di posisinya yang baru.

“Awalnya pasti bingung, soalnya baru. Setelah latihan di sekolah dan adaptasi, akhirnya bisa,” ucapnya.

Baca Juga: Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1

Kevin sudah mantap melangkah bersama basket. Cowok kelahiran Surabaya itu juga memandang basket lebih dari sekedar hobi. Basket adalah tempat belajarnya mengendalikan emosi dan menjaga mental.

“Jujur, dulu pas SMP aku kurang bisa nahan emosi. Sekarang sudah lebih baik. Aku belajar banyak tentang mental selama main basket,” ujar putra dari pasangan Nengan Budi Martoyo Kangin dan Ivana Lindyati itu.

Meski menyukai basket, kadang Kevin juga menjumpai momen down selama ia berbasket. Momen down terbesarnya saat bermain basket adalah ketika harus berpisah dengan dua teman akrabnya saat SMP.

“Aku ngerasain stres di basket itu pas pisah sekolah sama temen setimku. Dulu, pas SMP, aku satu tim bareng Joshua sama Cedric. Sekarang mereka pindah ke Sinlui,” ucapnya.

Karena lingkungan yang suportif, Kevin bisa mengatasi semua kendala dan kejenuhannya bermain basket. Ia bersyukur, timnya sekarang menjadi tempat pulang ternyaman.

“Dari momen down itu, aku mikir ya gapapa, nanti dapat teman baru juga. Aku lebih tenangin diri lagi aja,” lanjut Kevin.

Agar tak berlarut dalam kerisauannya, Kevin menerapkan pola pikir solutif. Dari sana, ia belajar untuk tidak fokus pada masalah yang sedang dihadapi, tapi lebih pada bagaimana penyelesaiannya.

“Kalau aku ada uneg-uneg, biasanya aku atur nafas biar tenang dulu. Dari tenang itu, baru mikir solusinya gimana,” tutup siswa kelas 10 itu.

Kemenangan Gloria 1 berhadiah tiket Playoffs Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Sejauh mana Kevin bisa membawa nama Gloria 1 di musim debutnya? Simak terus perjalanan mereka.

Baca Juga: Cerita Shannon Bertemu Phil Handy dan Ketenangan Berkat Musik Mellow

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY