Dulunya pemain sekarang pelatih. Dia adalah Risang Anugrah Gusti, pelatih sekaligus alumnus SMAN 1 Klaten untuk Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Central Java-South.

Yup, Risang juga alumnus SMAN 1 Klaten.  Musim 2019 merupakan tahun terakhirnya membela Eagles di DBL Solo.

Selepas tamat SMA, Risang memang tak bisa lepas dari SMAN 1 Klaten. Pada musim 2021 ia kembali ke SMAN 1 Klaten sebagai asisten pelatih. Semusim berselang hingga saat ini ia didapuk sebagai nahkoda utama kapal SMAN 1 Klaten untuk DBL Solo.

Pelatih yang berusia 22 tahun tersebut punya alasan tersendiri di balik kenapa ia tak bisa lepas dari sekolah tercintanya semasa SMA.

"Its all about passion sih. Aku juga pengen adek-adekku ini juga bisa berprestasi lewat basket. Sama kayak aku dulu," bukanya.

Oh iya, Risang juga menjelaskan alasannya memilih terjun sebagai pelatih di usia yang terbilang masih muda.

Baca juga:  Sinergi Prinadito Yoga dan Mikhael Bagus untuk Basket Kalam Kudus

"Cita-citaku itu sederhana. Kalau gak bisa jadi atlet ya harus bisa masuk di manajerialnya tim basket. Bisa jadi pelatih, manajer atau tim medis atau apa.," ujarnya.

Ketertarikannya di dunia kepelatihan bukan soal keinginannya untuk dikenang sebagai salah satu pelatih hebat karna sukses membawa tim juara.

Bukan, bukan perihal tersebut. Keinginan Risang jauh lebih sederhana.

"Aku itu justru lebih suka kalau anak-anak yang dulu tak latih itu bisa berguna setelah lulus SMA. Dia di kampus bisa makin bersinar. Aku lebih suka kayak gitu ketimbang orang tau kalau aku pelatih yang pernah juara ini itu," terangnya.

Selama kariernya menjadi nahkoda kapal SMAN 1 Klaten, Risang sempat mengalami beberapa rintangan.

"Kalau pelatih muda kan pasti tantangannya itu harus bisa membuktikan. Saya waktu awal-awal jadi pelatih itu sekolah sempat underestimate gitu. Kenapa kok milih pelatih muda. Kenapa engga yang sudah berpengalaman," cetusnya.

Nah, saat ini Risang sedang memasak di SMAN 1 Klaten. Keteguhan dan kesabarannya jelas sudah tak terbatas. Tinggal bagaimana ia membuktikan mimpi kecilnya untuk bisa menjadi berkat dan terang ke anak asuhnya.

Oh iya, Risang juga masuk dalam salah satu perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk PON 2024 Aceh- Sumuatera Utara sebagai tim medis cabang olahraga Badminton.

Pada gim pertama putra SMAN 1 Klaten sukses menang dengan skor akhir 26-13. Selanjutnya mereka bakal bertemu SMA Warga Surakarta pada Sabtu, 28 September 2024.

Profil sekolah ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

 

Populer

Hasil DBL Malang: Ini Deretan Tim Putra yang Lolos ke Babak Fantastic Four!
Akhir Cerita Reog Ponorogo, Tentacles Bawakan Koreo 4D dengan Berat 20 Kilogram
Magma Cetak Sejarah! Lolos ke Fantastic Four DBL Malang Pertama Kalinya..
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 24 September 2024
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA