ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sosok Danish Amzar, pemain tim putra SMAN 10 Surabaya (Bigten), dalam gelaran World Invention Competition and Exhibition (WICE)

Danish Amzar Naryama sempat bimbang. Antara berjuang bersama skuad Bigten -julukan SMAN 10 Surabaya- atau berangkat ke Malaysia mengikuti ajang sains bergengsi.

Ya, Danish selain membela pasukan SMAN 10 Surabaya juga tengah disibukkan dengan kegiatannya sebagai scientist muda. 

Nggak main-main, ketertarikan Danish pada dunia sains bahkan membawanya ke panggung internasional!

Dari 20-25 September 2024, Danish besama 19 rekannya terbang ke Malaysia untuk berkompetisi di World Invention Competition and Exhibition (WICE). 

Cowok kelahiran 2007 ini dengan antusias berbagi cerita tentang perjalanannya hingga menginjakkan kaki di Negeri Jiran. Meski sesi obrolan harus dilakukan secara daring, semangat Danish tetap tak terbendung.

“Jadi, saya ikut lomba karya tulis ilmiah (KTI) yang diikuti berbagai negara. Tujuan saya ikut lomba ini untuk melatih kemampuan dalam mengembangkan karya yang bermanfaat dan meraih prestasi akademik,” tuturnya.

Menariknya, Danish bersama timnya meracik sebuah produk tablet effervescent berbahan dasar spirulina. Berbekal inovasi tersebut, sosok berperawakan 170 sentimeter ini ingin menyorot kandungan spirulina yang tak terbatas hanya untuk kosmetik. 

“Kita mau memfokuskan kandungan proteinnya sebagai minuman berprotein tinggi dan kaya antioksidan,” beber Danish. 

“Oh iya, judul produk kami itu SERENA. Nama ini sekaligus jadi nama kelompok kita juga,” lanjutnya.

Ternyata SERENA itu merupakan singkatan dari Spirulina Plantesis as an Effervescent with Jasmine Flavour for High Protein Drink and Regenerate Damaged Cells. 

Di tengah obrolan ini, siapa sangka Danish sedang menanti momen penting, yaitu pengumuman awarding. Meski begitu, ia tetap menyempatkan waktu untuk berbincang dengan kami. 

“Masih awarding kak. Doakan menang, hehehe,” tulisnya. 

Selang beberapa saat, kami pun kembali mendapat notifikasi pesan dari Danish. Benar saja, ia datang dengan kabar gembira!

“Alhamdulillah kak, dapet Gold Medal dan Special Award dari MIICA (Malaysia Innovation, Invention and Creativity Association)!” ungkapnya dengan senang. 

Baca juga: Berusaha Bermain Maksimal, Abraham Ariabima Nugroho: Termotivasi Kakak!

danish amzar bersama tim
Potret Danish Amzar bersama rekannya dalam gelaran World Invention Competition and Exhibition (WICE)

Danish mengaku bahwa rasa penasarannya terhadap dunia sains sudah muncul sejak ia masih di bangku SMP. Sejak saat itu, ia pun bertekad untuk mulai mendalaminya kala memasuki jenjang SMA. 

Sebenernya, dari SMP udah berangan-angan aja. Aku pingin ikut lomba karya tulis pas SMA buat ngejar prestasi akademik. Kebetulan, sekolah juga mendukung banget,” ceritanya. 

Begitu pun dengan minatnya terhadap basket. Berkempatan untuk melantai di DBL Arena Surabaya rupanya telah menjadi impian lamanya. 

“Basket sendiri juga angan-angan dari SMP, sih. Kalo basket dapet inspirasi dari DBL soalnya tiap match kayak seru. Kebayang kalo SMA harus ikut basket terus main di DBL, hahaha!” ujar Danish. 

Sebagai siswa kelas 11, Danish tentu ingin melanjutkan kegiatannya di kedua bidang yang bertolak belakang ini.

Apalagi, ada sedikit penyesalan yang dirasakan, mengingat dirinya harus absen di beberapa laga Bigten (sebutan tim SMAN 10 Surabaya) karena kepergiannya ke Malaysia. 

“Ini mis-nya saya, sih. Saya daftar lomba ini jauh sebelum DBL mulai, tapi nggak lihat jadwal DBL. Baru sadar ketika ikut DBL di bulan Agustus kalo jadwalnya nabrak. Jadi, terpaksa harus absen,” tutur pemain bernomor punggung 17. 

Langkah Bigten di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North memang telah terhenti setelah kekalahan di partai Do or Die kontra SMAN 16 Surabaya. Namun, masih tersisa satu kesempatan bagi Danish untuk kembali mengawal Bigten di musim depan. Ia jelas tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. 

“Pingin ikut DBL lagi di tahun terakhir. Saya harap Bigten tahun depan bermain lebih baik lagi. Saya juga pingin lebih bisa bagi waktu aja, supaya nggak ngelewatin lomba KTI juga,” tutupnya. 

Congratulations, Danish. Kami tunggu aksi kamu bersama skuad Bigten di musim mendatang!

Baca juga: Putra Bigten Spesialis Laga Dramatis! Kalahkan Petra 4 di 13 Detik Terakhir!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Profil pemain ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY