ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sosok Aysha Kirana (nomor punggung delapan) asal SMAN 16 Surabaya dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Tim putri SMAN 16 Surabaya (Sixteen) melesat ke Playoffs! Setelah berhasil menggeser SMA Gloria 2 Surabaya, sang Big Eight musim lalu, srikandi Sixteen kembali tampil gemilang. 

Kali ini, giliran SMAN 15 Surabaya yang harus bertekuk lutut di hadapan putri Sixteen. Tim asuhan Abidin ini sukses menggenggam kemenangan telak dengan skor 39-9 lewat partai Do or Die, Senin, 23 September 2024. 

Pencapaian itu tentu tak lepas dari formasi anyar yang semakin memperkuat pertahanan skuad ini. Sebanyak lima pemain rookie pun diturunkan. 

Salah satunya Aysha Kirana dengan performa konsistennya. Selama empat match yang dilewati putri Sixteen, pemain yang akrab disapa Aysha ini telah mencatatkan 19 poin, 13 rebound, 3 assist, dan 6 steal.

Meski musim ini menjadi debutnya bersama Sixteen, bukan kali pertama bagi Aysha untuk merasakan lantai DBL Arena Surabaya. Tahun lalu, ia mengawal barisan SMPN 6 Surabaya hingga mencapai Big Eight Junior Exhibition Game 2023 Surabaya Series. 

Kendati demikian, cewek kelahiran 2009 ini mengaku bahwa perjalanannya di basket belum lama. Langkahnya bermula saat duduk di bangku SMP, tepatnya dua tahun lalu.

“Aku baru mulai basket itu kelas tujuh naik ke kelas delapan, jadi baru banget,” bukanya. 

Menurutnya, sosok mama menjadi alasan terbesarnya untuk terjun ke bidang olahraga ini. Latar belakang sang Ibunda yang lekat dengan basket ternyata menginspirasinya.

“Mama itu sempet basket. Dulu pas SD, udah pernah disuruh mama buat ikut basket, tapi belum tertarik. Akhirnya, baru nyoba-nyoba basket pas setelah Covid,” tutur Aysha.

Baca juga: Tetap Main Meski Sakit, Shera: Ayo Rek Kita Bisa!

Sebelum menekuni basket, siapa sangka dara berzodiak Leo ini justru menjalani karier sebagai drummer cilik! Bahkan, jika ditelusuri nama Aysha Kirana di internet, terpampang jelas sederet prestasinya di dunia musik ini.

Saat ditanya hal itu, Aysha justru tertawa. Tak menyangka bahwa kami telah mengetahui rahasia tersebut. Namun, ia lantas dengan semangat menceritakan kisahnya kala menjadi drummer.

“Bener, aku pernah jadi drummer, bahkan dari umur empat tahun. Aku tertarik gara-gara lihat kakak kelas, tapi sama papa suruh tunggu setahun dulu. Karena masih tertarik, akhirnya aku ikut les drum,” bebernya.

Tak tanggung-tanggung, berbagai prestasi di tingkat lokal maupun nasional berhasil disabetnya. Mulai dari Juara 2 National Perfectone Drum Competition 2018 hingga partisipasinya dalam Indonesia Drum & Perkusi Festival 2021.

Namun, semua berubah kala Covid-19 menghantam. Ia yang semula bisa menjalani latihan drum hingga seminggu penuh harus menahan diri. 

Situasi inilah yang juga mengantarkannya untuk mulai melirik basket. Bahkan, dara berperawakan 170 sentimeter ini sempat melakoni kedua aktivitas bertolak belakang ini secara bersamaan.

“Selesai Covid, aku mulai coba basket, mungkin karena udah bosen juga sama nge-drum. Jadi, pingin nyoba yang baru. Sempet juga ngejalanin dua-duanya pas SMP, tapi ternyata nggak bisa bagi waktu. Akhirnya, aku pilih basket,” terangnya. 

Kecintaannya pada basket pun semakin tumbuh. Ini sekaligus menjadi alasan terbesarnya untuk melanjutkan pendidikan di SMAN 16 Surabaya.

“Aku pilih Sixteen karena basketnya bagus. Pas kelas sembilan, aku coba trial latihan dulu, eh ternyata cocok sama lingkungannya,” tutur Aysha. 

Untuk ke depan, sosok center satu ini mengaku bahwa ingin mengasah keterampilannya sebagai pemain basket. Penampilan perdananya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North tentu menjadi pengalaman berharga. Aysha bahkan tak ragu untuk membidik target tinggi di musim ini.

“Champion!” tutupnya dengan semangat.

Baca juga: 2 Lagu One Direction Jadi Penyemangat Jatayu Adiyaksa Cetak Double Digit!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY