ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret pertandingan Round 2 DBL East Java-North 2024 di DBL Arena Surabaya

Pertempuran Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North hampir mencapai ujungnya. Artinya, satu per satu bangku playoffs sudah mulai berpenghuni. Baik dari sektor putra, maupun putri.

Cukup banyak hal berbeda yang tersaji pada Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Paling signifikan, terletak pada rangkaian pertandingan yang terbagi menjadi tiga babak, yakni Round 1, Round 2, dan playoffs.

Perubahan “journey” bertujuan memberi lebih banyak kesempatan bertanding bagi para peserta. Mengingat DBL East Java-North 2024 mengundang lebih banyak tim dan waktu pelaksanaan lebih panjang ketimbang biasanya.

Round 1 DBL East Java-North 2024 berjalan pada 8 Agustus hingga 8 September 2024 dengan melibatkan 72 tim putra dan 42 tim putri. Dilanjutkan dengan Round 2 pada 11-24 September 2024 yang melibatkan 32 tim putra dan 24 tim putri. 

Terakhir, fase playoffs memang lebih eksklusif, yakni berlangsung pada 25 September sampai 4 Oktober 2024 dengan melibatkan delapan tim putri dan delapan tim putra. Selain kuotanya yang terbatas, putaran playoffs juga menggunakan sistem pertandingan baru, yaitu double elimination.

Baca Juga: Penjelasan Journey Competition Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Sebagaimana berhasil diberlakukan saat DBL Jakarta Championship Series 2023, sistem pertandingan itu akhirnya diadaptasi pada rangkaian playoffs DBL East Java-North 2024.

Pengertian Double Elimination

Ada banyak keuntungan yang hadir saat babak playoffs DBL East Java-North 2024 memberlakukan sistem double elimination. Setiap tim punya kesempatan kedua usai menelan kekalahan. Pasalnya masing-masing dari mereka menyimpan dua nyawa. 

Hal itu membuat setiap tim punya lebih banyak kesempatan untuk bisa beranjak ke singgasana juara. Juga menciptakan suasana pertandingan menjadi lebih kompetitif. Lantaran tim yang kalah masih punya peluang melakoni revans di kesempatan keduanya.

Double elimination terbagi menjadi dua kelompok besar, yakni bagan kiri (left bracket) dan bagan kanan (right bracket). Kemudian terbagi kembali menjadi bagan atas (win brakcet) dan bagan bawah (lose bracket).

Semua tim akan memulai perjalanannya melalui win bracket. Selanjutnya, mereka yang kalah akan turun ke lose bracket. Jika mereka kembali menelan kalah dari lose bracket, maka akan tersingkir.

Singkatnya, para penghuni lose bracket adalah tim yang tersisa satu nyawa. Sedangkan, para penghuni win bracket masih memiliki dua nyawa.

Sistem double elimination juga bisa menghadirkan pertandingan if necessary (jika diperlukan). Pertandingan if necessary akan tersaji apabila ada dua tim yang masing-masing menyimpan satu kekalahan (1-1) sebelum menuju Final Party. 

Namun, pertandingan if necessary tidak akan hadir jika satu tim dari masing-masing bracket tak mengalami kekalahan. Pertandingan if necessary rencananya akan hadir pada Selasa, 1 Oktober 2024 di DBL Arena Surabaya.

Bagan Playoffs

Tak ada jeda waktu yang terjadi antara fase Round 2 dengan playoffs DBL East Java-North 2024. Otomatis, tidak ada lagi sesi drawing atau technical meeting untuk menentukan bagan tanding dari sederet tim yang berhasil melanjutkan perjalanannya ke babak playoffs.

Semuanya telah disampaikan bersamaan dengan agenda technical meeting Round 2 DBL East Java-North pada Senin, 9 September 2024 silam. Di mana bagan playoffs sudah ditentukan oleh panitia dan disetujui oleh para peserta.

TIM PUTRA

Bagan Playoffs DBL Surabaya (PUTRA)

TIM PUTRI

Bagan Playoffs DBL Surabaya (PUTRI)

Baca Juga: Penjelasan Kuota Tim Basket DBL Surabaya 2024

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Cek hasil klasemen sementara Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY