ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Perebutan tiket partai semifinal dari Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-East telah tuntas. Pada Minggu, 22 September 2024, sebanyak delapan tim sekolah saling sikut untuk mengamankan posisi mereka di bracket. Beberapa tim debutan sukses melesat. Ada juga kekuatan lama yang bangkit. 

Skuad putra SMAN 2 Lumajang berhasil mengantongi tiket semifinal. Hal tersebut mereka dapatkan usai mengalahkan tim debutan SMAN 1 Situbondo. Sedangkan SMAN 1 Jember masih mengerikan. Tim polesan Arif Angga tersebut sukses menumbangkan SMKN 2 Probolinggo. 

Sementara itu di sektor Junior Exhibition Games 2024 Jember, SMP Maria Fatima berhasil meraih gelar juara. Mereka berhasil mengalahkan SMPN 1 Jember dengan skor 73-53. 

Penasaran seperti apa hasil selengkapnya dari hari kedua Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-East? Berikut DBL.id rangkum hasil selengkapnya untukmu. 

SMAN 2 Lumajang versus SMAN 1 Situbondo (BOYS)

Musim 2024 memang waktunya SMAN 2 Lumajang bersinar. Tim polesan Naufal dan Muhammad Rizky tersebut berhasil mendapatkan satu tiket ke babak semifinal usai mengalahkan SMAN 1 Situbondo dengan skor 30-26. Meskipun margin poin ketat kuarter ke kuarter, SMAN 2 Lumajang berhasil menjaga tempo permainannya hingga akhir. 

SMAN 1 Situbondo sempat mendominasi di kuarter pertama. Aksi saling balas poin tak terhindarkan. Kuarter pertama ditutup dengan 6-9 unggul SMAN 1 Situbondo. Namun, di kuarter kedua SMAN 1 Situbondo mulai kehilangan fokus. Angka turnovers dari sekolah tersebut mencapai 24 secara keseluruhan. Kuarter kedua ditutup 15-13 unggul SMAN 2 Lumajang. 

Seakan tak mau menyerah begitu saja, SMAN 1 Situbondo berusaha untuk kembali unggul di kuarter ketiga. Namun SMAN 2 Lumajang juga mencetak tujuh poin tambahan. Kuarter ketiga masih unggul SMAN 2 Lumajang tipis dengan 22-21.

Di kuarter keempat, kedudukan sempat seimbang di dua menit terakhir. Namun tripoin dari Galuh Mainando di delapan detik menjelang akhir pertandingan membuat SMAN 2 Lumajang sedikit menjauh dari tempelan ketat SMAN 1 Situbondo. Sehingga, SMAN 2 Lumajang berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan. 

Selain Galuh, ada juga Daysabyan Khoirul yang berhasil mencetak 11 poin, disusul dengan Martin Devano dengan 10 poin. Ke depannya, layak dinantikan bagaimana perjalanan mereka di DBL East Java-East. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMP Maria Fatima versus SMPN 1 Jember (BOYS)

Partai final Junior Exhibition Games 2024 Jember mempertemukan SMP Maria Fatima dengan SMPN 1 Jember. Dalam babak puncak tersebut, kedua sekolah bertarung mati-matian untuk memperebutkan gelar juara. Hasilnya, SMP Maria Fatima berhasil menyabet gelar juara usai mengalahkan SMPN 1 Jember dengan skor 73-53. 

Pertandingan kedua sekolah berlangsung alot di tiga kuarter awal. SMP Maria Fatima unggul di kuarter pertama dengan skor 20-17. Hanya selisih satu setengah bola dengan SMPN 1 Jember. Aksi saling balas poin pun terjadi di 10 menit awal tersebut. 

Situasi membuntuti juga terjadi di kuarter kedua. Meskipun SMP Maria Fatima unggul dengan angka 33-31 di kuarter kedua, SMPN 1 Jember mencetak lebih banyak poin. Ambisi kedua sekolah tak berhenti sampai di situ. Di kuarter ketiga, skor keduanya menunjukkan 47-42 masih unggul SMP Maria Fatima. 

Namun, SMPN 1 Jember mulai terseok-seok di kuarter kedua. Banyaknya personal foul, defensive rebound yang kurang, dan minimnya akurasi tembakan, membuat SMPN 1 Jember kesulitan menambah poin. Membuat SMP Maria Fatima mengantongi lebih banyak kesempatan mencetak angka. Hanya di 10 menit terakhir, margin 20 poin pun tercipta, di mana SMP Maria Fatima memenangkan pertandingan dengan 73-53. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Jember versus SMKN 2 Probolinggo (BOYS)

SMAN 1 Jember masih mengerikan. Sketsa -julukan tim basket untuk SMAN 1 Jember- berhasil melaju ke babak semifinal DBL East Java-East. Kepastian itu didapat usai Sketsa menumbangkan SMKN 2 Probolinggo dengan skor 47-22. Seperti biasanya, strategi dan barisan pemain inti yang tangguh membuat Sketsa mengunci kemenangan hari ini. 

Sketsa berhasil unggul di kuarter pertama, skor menunjukkan 10-4. Ketangguhan itu berlanjut di kuarter kedua di mana Sketsa berhasil menambah 14 poin untuk 10 menit kedua. Skor kuarter kedua berakhir dengan 24-8. Situasi tak banyak berubah di kuarter ketiga di mana Sketsa masih unggul dengan perolehan 37-16. 

Sebenarnya, SMKN 2 Probolinggo mulai panas di kuarter ketiga. Hanya saja margin keduanya sudah cukup jauh. Sketsa mengakhiri kuarter ketiga meyakinkan dengan skor 37-16. Akurasi tembakan yang baik membuat Sketsa terus menambah poin. 

Adalah Undika Zaka yang berhasil menyumbangkan sembilan poin, disusul dengan Rafif Aditya dengan tujuh poin, Onata Ryan dengan enam poin, Muhammad Quraish dengan lima poin, dan ada R.bg. Romeo dengan lima poin. 

Nantinya, Sketsa akan bertemu dengan SMAN 2 Lumajang untuk memperebutkan kursi di partai final. Layak dinantikan bagaimana perjalanan Sketsa selanjutnya. Apakah tim Polesan Arif Angga tersebut kembali melangkah ke final? 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 2 Jember versus SMAN 4 Jember  (BOYS)

SMAN 2 Jember berhasil melaju ke babak semifinal DBL East Java-East. Hal tersebut didapat usai Smada -julukan SMAN 2 Jember- mengalahkan SMAN 4 Jember dengan skor 33-27. Sebagai pemegang gelar runner up musim lalu, Smada tentunya memiliki asa untuk kembali melangkah ke partai final. 

Meskipun begitu, Smada sukses dibuat kewalahan oleh SMAN 4 Jember. Gimana nggak? SMAN 4 Jember terus menempel ketat di belakang perolehan Smada. Mulai dari kuarter pertama hingga ketiga, margin perolehan skor keduanya paling besar hanya dua poin. Kuarter pertama 6-5 unggul Smada, kuarter kedua 13-12 kembali unggul Smada, kuarter ketiga 23-21 dipimpin Smada. 

SMAN 4 Jember juga patut diapresiasi. Apalagi, tim besutan Dwiki Primadi baru memulai kiprahnya di liga DBL pada 2023. Berdasarkan stastistik, field goals (FG) dari SMAN 4 Jember menunjukkan 35 persen sementara Smada 26 persen. Namun banyaknya personal foul SMAN 4 Jember membuahkan kesempatan free throw bagi Smada yang berhasil dikonversi menjadi poin. 

Smada musim ini diperkuat oleh Andi Husen Mattalatta yang selalu mencetak dua digit poin. Dalam laga kali ini, ia mengantongi 13 poin, Mochas'ad Ali dengan 10 poin, dan Firmansyah Budiarto dengan dua poin. Layak dinantikan bagaimana perjalanan Smada di musim ini. Akankah kembali ke final? Atau harus terhenti di babak semfinal?

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 2 Lumajang versus SMAN 1 Situbondo

Tak mau kalah dengan skuad putranya, tim putri SMAN 2 Lumajang juga berhasil mengantongi satu kemenangan di laga perdana DBL East Java-East 2024 hari ini. Mereka mengalahkan SMAN 1 Situbondo dengan skor 34-24. Meskipun begitu, pertandingan keduanya berlangsung menegangkan. Apalagi SMAN 1 Situbondo sempat memimpin di dua kuarter.

Kedua tim belum panas di kuarter pertama. Pertandingan 10 menit awal itu ditutup dengan skor 4-2 unggul SMAN 2 Lumajang. Di kuarter kedua, kondisi mulai berubah. Di mana SMAN 1 Situbondo memimpin dengan skor akhir kuarter 12-13. Situasi masih sama di kuarter ketiga. SMAN 1 Situbondo unggul dengan marig enam poin, skor akhir kuarter 17-23.

Namun, SMAN 2 Lumajang mengamuk di kuarter keempat. Dengan memanfaatkan turnover serta free throw, mereka melesat dengan mencetak 17 poin. Momen ini adalah comeback terbesar dalam sejarah DBL East Java-East. Sementara itu, SMAN 1 Situbondo hanya mengantongi satu poin di kuarter keempat. Membuat SMAN 2 Lumajang unggul di akhir pertandingan dengan skor 34-24. 

Selanjutnya, srikandi SMAN 2 Lumajang akan berjumpa dengan SMAN 1 Jember, sang juara sektor putri musim lalu. Layak dinantikan bagaimana perjalanan SMAN 2 Lumajang selanjutnya. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Glagah Banyuwangi versus SMAN 4 Probolinggo

Absen satu musim membuat persiapan SMAN 1 Glagah Banyuwangi semakin totalitas. Terbukti, SMAN 1 Glagah Banyuwangi berhasil memenangkan pertandingan keduanya di DBL East Java-East 2024. Tim polesan Imanudin Husnuzan tersebut membekuk SMAN 4 Probolinggo dengan skor 47-23. 

Adalah Fabre Akhtar Chandra yang berhasil menjadi top score dalam laga SMAN 1 Glagah Banyuwangi hari ini. Fabre mencetak delapan poin, pun Cyril Regan Muhammad Dimitri dengan delapan poin, Zufa Tajuddin Nafis dengan tujuh poin, Michael Oen dengan empat poin, dan Mohammad Baharudin Habibie Adenan dengan empat poin. 

Sementara itu, ini juga bukan akhir yang buruk bagi SMAN 4 Probolinggo. Berstatus sebagai debutan dan sampai ke perempat final bukanlah hal yang mudah. Dalam pertandingan melawan SMAN 1 Glagah Banyuwangi, SMAN 4 Probolinggo mencoba mengejar perolehan di kuarter ketiga dan keempat. Sayangnya, banyaknya missed membuat SMAN 4 Probolinggo kehilangan kesempatan mencetak poin.  

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY