The game goes into overtime! Bukan sekali, melainkan dua babak tambahan waktu! Nggak salah lagi, situasi ini untuk pertama kalinya terjadi selama gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. 

Dua overtime itu berlangsung dalam duel sengit antara tim putra SMA Petra 1 Surabaya dan SMAN 6 Surabaya. Fakta bahwa laga Minggu, 22 September 2024 menjadi kali terakhir kedua tim untuk melantai tidak mengurangi sedikit pun semangat mereka. 

Dari awal hingga kuarter ketiga, kesatria Sixers (sebutan tim SMAN 6 Surabaya) mampu mempertahankan keunggulan. Namun, margin yang tidak pernah terpaut lebih dari tujuh poin membuat putra Petra 1 sukses mengejar ketertinggalan di paruh terakhir. 

Terbukti, skuad tersebut berhasil menyamakan kedudukan, 30-30, melalui aksi Jonathan Ken. Dirinya mampu mengeksekusi dua kesempatan tembakan gratis dengan sempurna. 

Putra Petra 1 pun semakin gerilya di babak tambahan pertama. Lagi-lagi, keunggulan sementara pasukan asuhan Liem Filix didapat dari free throw dari Jonathan Ken. Meski begitu, berbagai percobaan tembakan belum berhasil membuat Petra 1 memperjauh jarak. 

Kesempatan ini pun dimanfaatkan Reinja Caesar, forward Sixers, untuk menyeimbangkan poin. Jump shot yang dilayangkannya mampu menyeimbangkan kedudukan di 29 detik terakhir. Overtime pertama berakhir dengan skor 30-30. 

Akankah penonton segera mendapat jawaban atas pemenang dari game ini? Sejak babak tambahan kedua dimulai, pergerakan tim tampak setara. Baik Petra 1 maupun Sixers sama-sama tampil agresif. 

Namun, free throw yang dilayangkan Bradley Poeguh menjadi momentum dibukanya kran poin Petra 1. Kali ini, putra Sixers belum berhasil mengimbangi performa sang lawan. Hasilnya, laga dramatis ini ditutup dengan kemenangan tipis Petra 1 dengan skor 39-37. 

Sorak kebahagiaan terdengar jelas dari tengah lapangan. Kemenangan itu pastinya menjadi hadiah terbaik bagi Petra 1 yang telah berjuang mati-matian. Kegembiraan itu bahkan masih berlanjut saat mereka menuju ruang ganti. 

Alih-alih beberes, mereka langsung mengabadikan momen tersebut dengan foto bersama. Tak peduli peluh keringat yang masih mengalir deras di wajah masing-masing penggawa. 

Rasa senang yang dirasakan di antara pemain Petra 1 tentu tak lepas dari sosok Sebastian Reyhan Tanuwijaya. Sebagai kapten, cowok yang akrab disapa Reyhan ini tentu memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga kekompakan tim di tengah situasi genting itu.

“Jujur, aku nggak expect kalau bakal berjalan sesengit ini.  Tadi, kita awalnya main nggak serius. Eh, tapi makin ke sini, kita makin dapet momen soalnya game terakhir masak kalah,” tuturnya. 

Baca juga: Reuni Guru dan Murid di DBL Arena, Coach Deo: Bangga Pernah Dilatih Legenda!

Pemain kelahiran 2007 ini mengaku bahwa ia dan rekan-rekannya tidak menaruh ekspektasi tinggi terhadap game sore ini. Hal tersebut mengingat bahwa langkah mereka juga telah terhenti akibat dua kekalahan yang diterima sebelumnya.

Namun, sosok coach rupanya memiliki peran penting untuk game pemungkas ini. Menurut Reyhan, ketangguhan putra Petra 1 dalam menghadapi pertandingan dengan intensitas tinggi diraih dari masukan serta evaluasi yang diberikan sang pelatih. 

Coach bilang pokoknya main aja dan lakukan yang terbaik. Nggak ada tuntutan yang gimana-gimana juga,” beber Reyhan. 

Langkah Petra 1 memang terhenti. Namun, ini bukan menjadi alasan untuk berhenti berbenah. Reyhan menuturkan bahwa tentu ada pelajaran baru yang didapat selama perjalanan Petra 1 di musim ini.

Chemistry satu sama lain itu penting soalnya kita masih kurang di situ. Ada beberapa pemain baru yang kurang pengalaman, jadi harus ditingkatin lagi,” ujar cowok berperawakan 172 sentimeter. 

Sayangnya, Honda DBL 2024 East Java-North juga menjadi kali terakhir Reyhan untuk mengawal tim kebanggaan, mengingat statusnya sebagai kelas 12. Ia pun tak lupa menyelipkan harapan bagi para penerusnya kelak.

Tetep semangat, terus berkembang, dan semoga bisa lebih dari angkatan kita,” tutupnya.

Terima kasih untuk putra Petra 1 yang telah menyuguhkan permainan apik selama ajang Honda DBL 2024 East Java-North. See you on next season!

Baca juga: Lolos ke Round 2, Coach Felix: Semoga Ini Tahunnya Petra 1 Surabaya

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Hasil DBL Malang: Ini Deretan Tim Putra yang Lolos ke Babak Big Eight!
Hasil DBL Malang: Berikut Tim Putri yang Lolos ke Babak Fantastic Four!
Hasil DBL Malang: Kosayu Berjumpa Smasa Blitar di Big Eight!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 21 September 2024
Skenario 22 September, Nineteen Masih Punya Kans ke Playoffs!