ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Banyak tim debutan yang tampil di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-East. Pada Sabtu, 21 September 2024, saja, terdapat empat  tim sekolah yang baru memulai perjalanannya di liga DBL. Beberapa di antaranya sukses menyalakan atmosfer persaingan sengit di GOR Garuda Jember. 

SMAN 2 Lumajang berhasil mengalahkan tim debutan SMAN 3 Lumajang. Sedangkan SMAN  1 Situbondo berhasil menang atas tim tuan rumah, SMAN 3 Jember. Sementara, di sektor Junior Exhibition Games 2024 Jember, SMP Maria Fatima melakoni laga dramatis dengan SMPN 2 Jember. Setelah sukses meraih tiket final, SMP Maria Fatima akan bersua dengan SMPN 1 Jember. 

Penasaran seperti apa hasil selengkapnya dari hari kedua Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-East? Berikut DBL.id rangkum hasil selengkapnya untukmu. 

SMAN 2 Lumajang versus SMAN 3 Lumajang (BOYS)

Hari kedua DBL East Java-East menggelar derbi Lumajang, yakni pertemuan antara SMAN 3 Lumayang dengan SMAN 2 Lumajang. Ini menjadi tahun kedua bagi SMAN 2 Lumajang berlaga di liga DBL. Sementara, untuk SMAN 3 Lumajang, ini merupakan pengalaman pertama mereka. Keduanya memperebutkan satu tiket di babak perempat final. 

Memiliki jam terbang lebih banyak di liga DBL dibandingkan SMAN 3 Lumajang, membuat tim inti SMAN 2 Lumajang tampil solid. Belajar dari pengalaman musim lalu, SMAN 2 Lumajang telah memiliki strategi offense dan defense yang ciamik. Hasilnya, SMAN 2 Lumajang berhasil mengunci kemenangan dengan skor 43-19. 

Adalah Galuh Mainando yang menjadi top score dalam pertandingan kali ini. Ia sukses mencetak 15 poin, disusul dengan Martin Devano dengan sembilan poin, Daysabyan Khoirul dengan tujuh poin, Wisnu Putra dengan lima poin, dan Tegar Amjad dengan empat poin. 

Meskipun begitu, SMAN 3 Lumajang bukan menyerah tanpa perlawanan. Beberapa formasi fast break telah ditampilkan oleh tim polesan Mochammad Riky tersebut. Tak hanya itu, kedua sekolah hanya memiliki jarak setengah bola di kuarter pertama. Sayangnya, banyak turnover dan beberapa kesempatan yang gagal dikonversi menjadi poin membuat SMAN 3 Lumajang tertinggal jauh di kuarter selanjutnya.

Dengan begini, SMAN 3 Lumajang harus pulang. Sementara layak menantikan bagaimanan perjalanan SMAN 2 Lumajang melanjutkan kiprahnya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-East. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMPN 2 Jember versus SMP Maria Fatma (BOYS)

Bukan hanya pertandingan 5on5 saja yang sukses menghebokan GOR Garuda Jember. Pertandingan antara SMPN 2 Jember versus SMP Maria Fatima di Junior Exhibition Games 2024 Jember berhasil membuat penonton geregetan. Gimana nggak? SMP Maria Fatima yang awalnya menciptakan margin hingga 11 angka harus menerima overtime dalam memperebutkan tiket final. 

SMP Maria Fatima tampil percaya diri saat tepis mula. Mereka bahkan menutup kuarter pertama dengan skor 11-0. Namun, SMPN 2 Jember berhasil mengejar di kuarter kedua. Skor ditutup dengan 17-10 unggul SMP Maria Fatima. Meskipun begitu, kepercayaan diri penggawa SMP Maria Fatima sempat goyah karena margin menipis menjadi tujuh poin. 

Di kuarter ketiga, SMPN 2 Jember kembali tampil mengerikan. Mereka melesat dengan langsung mencetak 11 poin. Skor kuarter ketiga ditutup dengan 26-21 masih unggul SMP Maria Fatima. Laga dramatis kemudian dimulai di kuarter keempat. Sepuluh detik terakhir sebelum buzzer akhir pertandingan berbunyi, skor kedua tim imbang di angka 33-33.

Sebenarnya, penggawa SMP Maria Fatima punya kesempatan menambah poin untuk mencegah overtime. Sayangnya dua kali tembakan bebas di lima detik terakhir itu gagal dikonversi menjadi poin. Sehingga, drama overtime selama lima menit pun terjadi. 

Dengan tempo permainan yang lebih cepat dari sebelumnya, aksi saling steal dan block yang ketat, SMP Maria Fatima berhasil unggul. Sekolah tersebut akhirnya memenangkan pertandingan atas SMPN 2 Jember dengan skor akhir 37-33. Dengan begini, SMP Maria Fatima melangkah ke final. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMPN 1 Jember versus SMPN 3 Jember (BOYS)

SMPN 1 Jember berhasil melangkah ke final Junior Exhibition Games 2024 Jember. Kepastian itu didapat usai SMPN 1 Jember berhasil mengalahkan SMPN 3 Jember dengan skor 41-13. Dengan begini, SMPN 1 Jember akan berjumpa dengan SMPN 2 Jember di partai final. 

SMPN 1 Jember memang memulai pertandingan dengan cukup baik sejak tip off berbunyi. Mereka sukses membuat jarak hingga 12-1 atas SMPN 3 Jember. Di kuarter kedua, tim polesan Arif Angga Yudho tersebut terus melesat di kuarter kedua dengan skor 23-3. Keadaan tak banyak berubah, SMPN 1 Jember kembali unggul di kuarter ketiga dengan 31-5. 

Sebenarnya, banyak usaha untuk menguasai bola dari SMPN 3 Jember. Hanya saja beberapa kesempatan membawa bola gagal dikonversi menjadi tembakan karena turnover, ball out, bad pass, dan masih banyak lagi. Sehingga, SMPN 1 Jember menutup pertandingan dengan skor akhir 41-13. Layak dinantikan bagaimana perjalanan SMPN 3 Jember ke depannya. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Situbondo versus SMAN 3 Jember (BOYS)

Tim pendatang kembali menunjukkan keperkasaannya. Dalam pertandingan keempat di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-East hari ini, SMAN 1 Situbondo menang meyakinkan atas SMAN 3 Jember dengan skor 49-19. Kemenangan perdana ini mengantarkan SMAN 1 Situbondo ke babak perempat final. 

SMAN 1 Situbondo memang tampil mendominasi sejak kuarter perama. Keunggulan tersebut dilanjutkan di 10 menit berikutnya dengan skor 17-11. Di sini, margin sebenarnya tak seberapa jauh. Hanya saja kurangnya akurasi tembakan membuat skuad SMAN 3 Jember kesulitan menambah poin.

Di kuarter ketiga, situasi tak banyak berubah. SMAN 1 Situbondo kembali unggul dengan skor 29-15. Dominasi tersebut dilanjutkan di kuarter terakhir di mana SMAN 1 Situbondo kembali menambah 20 poin dan menutup pertandingan dengan skor 49-19. 

Adalah Zicho Neyriza Winata yang menjadi top score laga dari SMAN 1 Situbondo dengan 14 poin. Disusul dengan Aly Adny yang sukses memperoleh sembilan poin. Ada juga Ahumy Kanza Murano Fawwas dengan tujuh poin. Dwi Dzaki Amrullah yang mengantongi enam poin. Terakhir ada Keandre Rakha Huntara yang mencetak enam poin. 

Layak dinantikan bagaimana perjalanan SMAN 1 Situbondo selanjutnya di DBL East Java-East. Apalagi, SMAN 1 Situbondo berstatus debutan di DBL East Java-East musim ini. Selanjutnya mereka akan berjumpa dengan SMAN 2 Lumajang, untuk memperebutkan tiket ke babak semfiinal. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Santo Paulus Jember versus SMAN 1 Glagah Banyuwangi (BOYS)

SMAN 1 Glagah Banyuwangi kembali berlaga usai musim 2023 absen dari DBL East Java-East. Dalam pertandingan perdananya ini, SMAN 1 Glagah Banyuwangi berjumpa dengan SMA Santo Paulus Jember. Meskipun sempat tak berpartisipasi di musim 2023, SMAN 1 Glagah Banyuwangi bukanlah lawan yang remeh. 

Terbukti, SMAN 1 Glagah Banyuwangi berhasil membekuk SMA Santo Paulus Jember dengan skor 31-17. Kemenangan tersebut tentunya diperoleh karena solidnya barisan tim inti, strategi defense yang baik, dan offensive rebound, yang selalu berhasil dikonversi menjadi poin. Dengan begini, SMAN 1 Glagah Banyuwangi akan melaju ke babak perempat final. 

Yahya Hanggraita Utomo adalah pembuka kran poin bagi timnya. Secara keseluruhan ia sukses mencetak empat poin. Sementara top score dari SMAN 1 Glagah Banyuwangi kali ini adalah Michael Oen dengan 10 poin, disusul dengan Mohammad Baharudin Habibie Adenan dengan delapan poin. 

Layak dinantikan bagaimana nasib SMAN 1 Glagah Banyuwangi selanjutnya di DBL East Java-East. Tim Polesan Imanudin Husnuzan tersebut tentunya siap untuk naik ke fase berikutnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 4 Probolinggo versus SMAN 1 Gending

Pertandingan antara SMAN 4 Probolinggo dengan SMAN 1 Gending Probolinggo menjadi penutup yang seru di hari kedua DBL East Java-East. Berangkat dari status debutan, kedua sekolah bersaing untuk bisa melanjutkan fase berikutnya. Namun, SMAN 4 Probolinggo berhasil unggul dengan skor 34-31. 

SMAN 4 Probolinggo berhasil unggul di kuarter pertama dan kedua. Mereka menutup 10 menit awal dengan skor 12-6, sedangkan di kuarter kedua ditutup dengan 22-13. Tetapi SMAN 4 Probolinggo kesulitan menambah poin di kuarter ketiga. Membuat SMAN 1 Gending Probolinggo punya banyak kesempatan menambah perolehan. Kuarter ketiga ditutup dengan 24-21. 

Sayangnya, meskipun SMAN 1 Gending Probolinggo berupaya mencetak 10 poin di kuarter keempat, semangat SMAN 4 Probolinggo justru semakin menyala. Tim polesan Merinda Degita tersebut juga sukses menambah perolehan 10 poin. Hasilnya, SMAN 4 Probolinggo tetap unggul. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY